Sukses

KAI Beri Diskon 20% ke Penumpang Disabilitas

PT KAI mengumumkan mulai 17 September 2023 memberi potongan harga tiket kereta api sebanyak 20 persen kepada penumpang disabilitas.

 

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengumumkan mulai 17 September 2023 memberi potongan harga tiket sebanyak 20 persen kepada penumpang disabilitas.

Diskon tiket kereta khusus disabilitas ini berlaku untuk semua kelas kereta api, yaitu eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Tidak ada batas waktu, diskon ini berlaku seterusnya.

"Diskon ini bagi saudara-saudara kita yang memiliki keterbatasan fisik, intelektual, mental dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus mengutip keterangan resmi, (18/9/2023).

Cara Peoleh Diskon

Untuk mendapatkan fasilitas diskon tiket kereta api ini, maka penyandang disabilitas wajib melakukan registrasi di Customer Service Stasiun paling lambat H-2 keberangkatan kereta api.

Registrasi reduksi disabilitas wajib menggunakan surat keterangan asli dari dokter rumah sakit/puskesmas yang menyatakan bahwa yang bersangkutan adalah penyandang disabilitas.

Registrasi dapat diwakilkan kepada orang lain dengan membawa surat keterangan asli dari dokter rumah sakit/puskesmas, KTP asli, dan pas foto milik penumpang disabilitas yang akan didaftarkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Registrasi Sekali

Registrasi reduksi ini dilakukan cukup satu kali saja. Penumpang selanjutnya dapat membeli tiket dengan tarif reduksi melalui aplikasi Access atau Loket Stasiun.

“Yang harus diperhatikan penumpang disabilitas yaitu saat proses boarding dan pemeriksaan di atas kereta api, pemegang tiket dengan tarif reduksi disabilitas wajib menunjukkan bukti KTP asli atau surat keterangan asli penyandang disabilitas,” kata Joni.

Jika penyandang disabilitas tidak dapat menunjukkan KTP asli dan surat keterangan disabilitas pada saat proses boarding dan atau pemeriksaan di atas kereta api, maka tiket dianggap hangus. Tak hanya itu, penumpang pun akan diturunkan.

3 dari 4 halaman

KAI Wisata Tambah 4 Kereta Panoramic Baru

Direktur Utama KAI Wisata Hendy Helmi menyatakan bahwa KAI Wisata akan menambah inovasi layanan dan fasilitas pada peringatan hari jadi ke-14 PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) yang dirayakan di Stasiun Gambir pada Jumat (8/9/2023).

Salah satu penambahan layanan yang akan direalisasikan dalam waktu dekat ini ialah penambahan jumlah kereta panoramic total 4 buah.

"Betul, untuk kereta panoramic akan kita tambah. Dalam waktu dekat akan kita tambah 4, jadi total 6 dengan 2 kereta panoramic sebelumnya KA Argo Parahyangan Panoramic dan KA Argo Wilis Panoramic yang sudah hampir 1 tahun dijalankan," tuturnya.

Penambahan kereta panoramic ini disinyalir karena adanya respons yang positif dari masyarakat. Di dalam kereta, penumpang bisa menikmati perjalanan sambil melihat pemandangan yang indah melalui kaca tembus pandang yang tersedia di kereta tersebut.

"Kenapa kita menambah 4 kereta lagi, karena 2 yang sekarang itu sudah tidak memadai karena memang respons masyarakat itu positif. Setiap perjalanan pasti gerbong terisi hampir 89%. Kecuali di perjalanan malam hari memang cenderung sepi karena pemandangan tidak terlihat," lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Sudah Uji Coba Rute

Peluncuran kereta panoramic ini belum ditentukan tanggalnya, namun telah dilakukan uji coba pada akhir Agustus lalu.

"Untuk kereta api panoramic ini, yang 2 sudah kita lakukan uji coba. Untuk rute, kita akan coba survei untuk jalankan rutenya ke timur melalui jalur selatan, karena jalur selatan ini indah ya, jadi pemandangan akan bagus," lanjut Hendy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini