Sukses

CPNS Kemenhub 2023, Simak Cara Daftar dan Syaratnya

CPNS Kemenhub 2023 diperkirakan menjadi bagian dari formasi yang sudah ditetapkan pemerintah dan akan dibuka pada September 2023

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjadi salah satu instansi pemerintah pusat yang banyak diburu para pendaftar CPNS. CPNS Kemenhub 2023 diperkirakan menjadi bagian dari formasi yang sudah ditetapkan pemerintah dan akan dibuka pada September 2023.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyebutkan akan merekrut sekitar 572.496 PNS.

Jumlah tersebut terbagi dari beberapa formasi CPNS diantaranya 78.862 formasi untuk 72 instansi pemerintah pusat dan 493.634 formasi untuk pemerintah daerah.

Dalam seleksi CPNS sendiri, Kemenhub memiliki laman khusus yang bsia menjadi sumber rujukan para pemburu lowongan CPNS. Laman tersebut adalah cpns.dephub.go.id

Hanya saja, sampai saat ini, laman tersebut belum memberikan pengumuman mengenai informasi penerimaan CPNS 2023. Meski demikian, cara untuk mengakses informasi soal CPNS 2023 bisa dilakukan dengan cara berikut:

Cara Cek Formasi CPNS 2023:

  1. Buka situs cpns.dephub.go.id
  2. Klik 'Formasi'
  3. Selanjutnya, akan muncul tabel yang berisi formasi CPNS maupun PPPK
  4. Cari formasi berdasarkan kualifikasi pendidikan atau jabatan

Syarat CPNS Kemenhub 2023

Bicara mengenai syarat CPNS Kemenhub 2023, ada sejumlah persyaratan umum yang wajib dipenuhi sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2021:

  1. Minimal berusia 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun saat melamar
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  4. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian NKRI
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar;
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah
  9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan Jabatan yang ditetapkan oleh PPK

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menhub Lantik 1.875 CPNS Kemenhub di Lapangan Monas

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melantik sebanyak 1.875 perwira untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemenhub. Menhub Budi memandang seluruhnyanyang dilantik merupakan orang pilihan.

Hal ini lantaran proses seleksi yang terbatas dan dilakukan secara ketat. Sehingga menghasilkan sejumlah orang yang dinilai mampu dan kompeten untuk menjalankan tugas di sektor transportasi.

"Kita harapkan mereka melakukan yang terbaik karena mereka memang orang-orang pilihan. Dan adik-asik akan ditempatkan di seluruh pelosok tanah air, berarti akan mengisi posisi-posisi yang dibutuhkan kompetensi dan keterampilan," ujarnya di kawasan Monumen Nasional (Monas), Selasa (25/10/2022).

Menhub Budi melantik berbagai CPNS untuk sektor transportasi darat, transportasi laut, dan transportasi udara. Nantinya, 1.875 perwira ini akan ditempatkan di berbagai simpul transportasi di Indonesia. Menurutnya, lolos seleksi CPNS Kemenhub bukan satu modal yang cukup untuk meraih keberhasilan.

"Tapi ingin saya ingatkan bahwa pandai dan terampil tidak cukup untuk berhasil dan tidak cukup untuk memberikan sesuatu kepada bangsa, anda harus melayani dengan ramah," ungkapnya.

 

3 dari 3 halaman

Harapan Menhub

Harapannya, para perwira yang lolos seleksi ini mampu mempermudah akses masyarakat di sektor transportasi. Sehingga memaksimalkan masyarakat untuk melakukan mobilisasi.

"Saya apresiasi BKN dan Menpan-RB yang melakukannya secara selektif tanpa ada yang mampu memberikan intervensi," kata dia.

"Saya berharap perwira transportasi yang dilantik hari ini, dapat menjadi agen transportasi yang mampu menghubungkan Indonesia merajut konektivitas serta aksesibilitas transportasi agar masyarakat semakin mudah bermobilisasi," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini