Sukses

Ekonomi Inggris Pulih Lebih Cepat dari Pandemi, Tapi Masih Tersangkut Masalah Besar

Perekonomian Inggris pulih dari pandemi Covid-19 jauh lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya, menurut revisi besar-besaran statistik resmi yang telah menghapus status Inggris sebagai negara yang tertinggal dalam semalam.

Liputan6.com, Jakarta - Perekonomian Inggris pulih dari pandemi Covid-19 jauh lebih cepat dari yang diperkirakan. Statistik resmi negara tersebut menunjukkan bahwa ekonomi telah menghapus status Inggris sebagai negara yang tertinggal dalam semalam usai ada revisi.

Data baru yang diterbitkan oleh Office for National Statistics (ONS) pada hari Jumat pekan kemarin menunjukkan bahwa pada akhir 2021, produk domestik bruto (PDB) Inggris sebenarnya 0,6% lebih besar daripada kuartal terakhir 2019 (sebelum pandemi melanda).

Padahal sebelumnya, ONS telah mengatakan pada bulan lalu bahwa PDB Inggris masih belum mencapai ukuran sebelum pandemi pada kuartal kedua tahun ini.

Revisi dramatis ini berarti ekonomi Inggris telah tumbuh jauh lebih kuat sejak akhir 2019 dan tidak lagi menjadi yang terburuk di G7, lebih baik daripada Jerman, meskipun masih tertinggal dari Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Italia, dan Prancis.

"PDB rata-rata di negara-negara G7 lainnya adalah 2,8% di atas tingkat sebelum pandemi dibandingkan dengan 1,5% di Inggris," tulis Ruth Gregory, wakil kepala ekonom Inggris di Capital Economics, dalam sebuah catatan penelitian pada hari Jumat.

"Implikasinya adalah bahwa ekonomi Inggris tidak lagi berada di belakang kelompok G7 dan tidak terlalu jauh di belakang rata-rata."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertumbuhan Inggris Masih Lamban

Namun, para ekonom memperingatkan bahwa data yang lebih kuat tidak mengubah prospek pertumbuhan Inggris secara keseluruhan, dan juga tidak akan memberikan bantuan pada rumah tangga yang bergulat dengan inflasi tinggi dan kenaikan biaya pinjaman.

"Pertumbuhan Inggris masih sangat lamban, meskipun tidak berada di titik terendah," kata Prof. Huw Dixon, yang memimpin penelitian di bidang pengukuran ekonomi di National Institute of Economic and Social Research.

Data yang direvisi "tidak mengubah ekonomi riil sedikit pun," kata Dixon kepada CNN. "Jika Anda adalah perusahaan atau rumah tangga biasa, hal ini tidak berpengaruh pada Anda. Ini hanya memberi tahu Anda bahwa pengukurannya salah, dan PDB sedikit lebih tinggi dari yang kita duga."

John Springford, wakil direktur di Centre for European Reform, sebuah lembaga pemikir, menambahkan: "Revisi ini adalah kabar baik. Tetapi sejak 2021 ekonomi telah stagnan dan itu terjadi setelah periode pertumbuhan di bawah tren setelah referendum Brexit (2016). Jadi, meskipun ukuran ekonomi lebih besar dari yang kita duga, Inggris masih memiliki masalah pertumbuhan."

3 dari 4 halaman

Data Lebih Kaya

Pada tahun 2020, ekonomi Inggris mengalami kemerosotan terbesar dalam lebih dari tiga abad, dan baru pulih secara tajam pada tahun berikutnya dari titik terendah.

ONS mengatakan pada hari Jumat bahwa PDB sekarang diperkirakan turun 10,4% pada tahun 2020, bukan 11%, seperti yang diperkirakan sebelumnya. Itu masih merupakan kontraksi tahunan paling tajam sejak Great Frost tahun 1709. Pertumbuhan PDB tahunan untuk 2021 juga direvisi naik 1,1 poin persentase menjadi 8,7%.

Direktur statistik ekonomi ONS Darren Morgan mengatakan revisi statistik tersebut disebabkan oleh beberapa data yang lebih kaya, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dikumpulkan.

"Jika Anda melihat tahun 2020, survei kami yang lebih komprehensif menunjukkan bahwa bisnis menambah stok yang tidak terjual, bukannya menghabiskannya," katanya kepada CNN.

Untuk tahun 2021, survei bisnis yang lebih mutakhir menunjukkan bahwa margin keuntungan dalam perdagangan eceran dan grosir bertahan jauh lebih baik daripada yang diperkirakan sebelumnya, dan sektor kesehatan publik dan swasta juga berkinerja lebih baik.

Biaya yang dikeluarkan oleh bisnis untuk memproduksi barang mereka juga disesuaikan, menghasilkan dampak positif pada sektor jasa - yang menyumbang sebagian besar PDB - tetapi berdampak negatif pada manufaktur.

4 dari 4 halaman

Inggris Revisi Estimasi PDB

Menteri Keuangan Inggris Jeremy Hunt mengatakan pemulihan negara yang lebih cepat dari pandemi "menunjukkan bahwa sekali lagi mereka yang bertekad untuk merendahkan ekonomi Inggris telah terbukti salah."

Tetapi Gregory, dari Capital Economics, mengatakan bahwa meskipun data tersebut "menunjukkan bahwa ekonomi telah jauh lebih kuat daripada yang kita duga sebelumnya," hal itu tidak secara signifikan memperbaiki gambaran yang lebih besar.

"Dengan Inggris yang masih akan mengalami kekurangan pasokan tenaga kerja, hal ini tidak menjamin ketahanan jangka panjang di masa depan."

Revisi PDB terbaru hanya dapat memperkuat alasan untuk mempertahankan suku bunga lebih tinggi lebih lama, tambahnya. Data ini "menggarisbawahi perlunya Bank of England untuk tetap menjaga permintaan untuk menjinakkan inflasi."

Para ekonom di Nomura mengatakan bahwa revisi ini bahkan dapat meningkatkan risiko resesi ke depannya "karena semakin sedikit yang bisa dikejar."

Inggris adalah salah satu negara pertama di dunia yang merevisi estimasi PDB untuk periode pandemi menggunakan kerangka kerja yang lebih rinci, yang berarti negara-negara lain juga dapat mengubah estimasi mereka di kemudian hari.

"Hal ini penting untuk dipertimbangkan ketika membandingkan Inggris dengan negara lain, dan posisi perbandingan internasional kami kemungkinan akan berubah setelah negara-negara lain sepenuhnya menghadapi set data mereka dari waktu ke waktu," kata ONS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini