Sukses

Harga Tiket Masuk TMII Tetap Rp 25.000 per Orang, Usai Dipugar Makin Keren

Pemerintah telah merampungkan proses revitalisasi atau pemugaran di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah telah merampungkan proses revitalisasi atau pemugaran di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Meski pemugaran memerlukan banyak biaya, tapi tiket masuk TMII disebut tidak berubah.

Direktur Utama PT Bhumi Visatanda, Claudia Ingkiriwang mengatakan hingga saat ini tidak ada perubahan harga tiket meski ada revitalisasi. Dia menyebut, tiket masuk tetap Rp 25.000 per orang.

"Tiket nggak ada perubahan. Jadi tiket masih Rp 25 ribu. Jadi tadi menikmati semua fasilitas tadi ya, mau jalan, mau olahraga, mau menikmati budaya, mau cuma nongkrong-nongkrong sambil nonton fountain dari pagi sampai sore itu harganya tetap sama 25 ribu," ujarnya di TMII, Jakarta Timur, ditulis Jumat (25/8/2023).

Dia menyebut, untuk sejumlah wahana baru dan yang direvitalisasi akan dibuka secara bertahap. Taman Burung menjadi wahana baru yang lebih dulu dibuka dan bisa dikunjungi wisatawan.

"Kita akan staging ya buka bertahap jadi harus ada yang baru kan. Jadi saat ini yang baru memang si Taman Burung. Untuk rangkaian konservasi satwa itu ada tiga, Taman Burung, berikutnya bulan depan adalah Komodo, bulan depannya lagi adalah Dunia Air Tawar. Itu yang tadi konservasi satwa," katanya.

Buka Museum Baru

Tak cuma itu, TMII juga akan membuka museum baru yang bisa jadi pilihan lainnya bagi pengunjung. Diantaranya adalah Museum Indonesia dan Museum Art and Contemporary Art Gallery.

"Itu sama-sama museum tapi ininya berbeda, alirannya berbeda, yang satu modern art, yang satu memang lebih fokus di edukasi konservasi, artefak gitu ya. Itu juga terus-terusan akan ada sesuatu yang baru," kata dia.

Dia juga masih menyimpan kejutan lainnya. Sebut saja ada rencana untuk memamerkan kolek keris yang dimiliki TMII. Lalu, ada titik untuk melangsungkan konser musik di kawasan Taman Mini Indonesia Indah.

"Kita udah manggung setiap hari Jumat, dan kalau kecak setiap hari Sabtu Sabtu akhir bulan itu kecak di sini," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Grand Launching September 2023

Proses revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) disebut telah selesai dikerjakan. Kabarnya, sejumlah wahana dan obyek wisata baru akan diresmikan pada September 2023, bulan depan.

Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung atau InJourney tengah melakukan sentuhan akhir dari beberapa titii di wahana di wilayah TMII. Hanya saja, belum bisa dipastikan kapan waktu pasti peresmian TMII pascarevitalisasi ini.

"Untuk tanggal pastinya kita belum confirm. Tapi iya betul kemungkinan di awal September ya. Tunggu tanggal mainnya kita belum dapet konfirmasi. Kita sedang menunggu," ujar Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono, di TMII, Jakarta Timur, ditulis Jumat (25/8/2023).

Maya mengungkap pemugaran yang dilakukan di seluruh titik di TMII ini jadi kali pertama sejak 1975. Menurut catatan, biaya yang diserap dlaam revitalisasi ini sekitar Rp 1,2 triliun atas kolaborasi dengan Kementerian PUPR.

 

3 dari 4 halaman

Tingkatkan Kualitas Layanan

Konsep pengelolaan TMII berubah total dan sangat kekinian yang mencakup green, smart, culture, dan inclusive. Sehingga wajah baru TMII sudah siap diperkenalkan ke masyarakat sebagai ikon wisata kultural dan sarana edukasi keragaman budaya Indonesia yang kaya.

"Keberadaan TMII dengan konsep ini dapat diterima oleh seluruh masyarakat agar TMII dan menjadi destinasi kebanggaan Indonesia. TMII melakukan improvement dan beautifikasi pada beberapa aspek untuk meningkatkan kualitas layanan dan juga daya tarik berupa atraksi yang bisa dinikmati pengunjung di TMII secara inklusif,” terang Maya.

Perlu diketahui, proses revitalisasi menyasar anjungan-anjungan yang ada, wahana sepeeri Kereta Gantung, hingga ada beberapa obyek wisata baru seperti Museum Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Target Pengunjung

Dengan adanya sejumlah revitalisasi, PT Bhumi Visatanda sebagai pengelola membidik ada peningkatan jumlah pengunjung ke TMII. Direktur Utama PT Bhumi Visatanda, Claudia Ingkiriwang membidik kunjungan bisa mencapai 18 ribu orang per hari atau 6 juta pengunjung di 2023.

"Jadi kalau saat ini sih beragam ya. Tentunya kita tahu low season, high season. Tapi rata-rata sih kalau pengunjung itu sekitar 5 ribuan sampai 8 ribuan di weekdays gitu ya. Kemudian kalau di weekend itu tergantung juga akhir bulan dan sebagainya, itu rata-rata di 13 ribu sampai 18 ribu," ujarnya.

"Ada event, itu bisa sampai 40 ribu kalau lebaran dan hari libur," sambung dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini