Sukses

Harga Minyak Dunia Turun, Dampak Ekonomi China Lesu

Harga minyak turun lebih dari 1% pada hari Selasa di tengah data ekonomi China yang lesu

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak turun lebih dari 1% pada hari Selasa di tengah data ekonomi China yang lesu ditambah dengan kekhawatiran bahwa pemotongan suku bunga tak terduga Beijing.

Dikutip dari CNBC, Rabu (16/8/2023), harga minyak mentah Brent berjangka turun USD 1,31, atau 1,5%, menjadi USD 84,90 per barel pada pukul 10:56 EDT (1456 GMT). Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate AS turun USD 1,44, atau 1,8% menjadi USD 81,07.

Pemotongan pasokan oleh Arab Saudi dan Rusia, bagian dari grup OPEC + yang terdiri dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, telah membantu membangkitkan reli harga minyak selama tujuh minggu terakhir.

Namun, data output industri dan penjualan ritel China pada hari Selasa menunjukkan ekonomi melambat lebih lanjut bulan lalu, mengintensifkan tekanan pada pertumbuhan yang sudah goyah dan mendorong otoritas untuk memangkas suku bunga kebijakan utama untuk meningkatkan aktivitas ekonomi.

Ketika pasar minyak tampaknya nyaman, sering kali China menjadi penyemprot api nomor satu, menutupi mereka yang memimpikan harga di atas USD 90, kata John Evans dari pialang minyak PVM. China adalah importir minyak terbesar dunia.

Suku Bunga Acuan China

Bank sentral China menurunkan suku bunga sedikit setelah data yang menyoroti tekanan intensif pada ekonomi, terutama dari sektor properti, meskipun analis mengatakan pemotongan itu terlalu kecil untuk membuat perbedaan yang berarti.

Ada kekhawatiran China akan berjuang untuk memenuhi target pertumbuhannya sekitar 5% untuk tahun ini tanpa stimulus fiskal lebih.

Pada hari Selasa, Barclays memangkas perkiraan pertumbuhan produk domestik bruto China tahun 2023 menjadi 4,5%, mengutip penurunan yang lebih cepat dari perkiraan di pasar perumahan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Juga menambah sentimen risk-off, seorang analis di Fitch Ratings memperingatkan bahwa bank-bank AS, termasuk JPMorgan Chase, dapat diturunkan peringkatnya jika agensi tersebut lebih jauh memangkas penilaiannya terhadap lingkungan operasi untuk industri tersebut, menurut laporan dari CNBC pada hari Selasa.

"Ketika sektor perbankan goyah, minyak menjadi lebih goyah karena sangat sensitif terhadap suku bunga, pinjaman, dan kesehatan ekonomi secara umum," kata Phil Flynn, analis Price Futures Group.

Pada catatan yang lebih cerah, throughput kilang di China naik pada bulan Juli sebesar 17,4% dari tahun sebelumnya karena kilang mempertahankan produksi yang tinggi untuk memenuhi permintaan perjalanan musim panas domestik dan untuk memanfaatkan margin keuntungan regional yang tinggi dengan mengekspor bahan bakar.

 

3 dari 3 halaman

Data Stok Minyak AS

Investor sekarang menunggu data persediaan minyak mentah AS. Empat analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan rata-rata persediaan minyak mentah turun sekitar 2,1 juta barel dalam sepekan hingga 11 Agustus.

Laporan industri akan dirilis pada hari Selasa, dan data pemerintah AS akan dirilis pada hari Rabu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini