Sukses

Ternyata Ada Pelatihan Mengemudi Truk dan Bus di Kartu Prakerja, Simak Ketentuannya!

Pelatihan dalam program Kartu Prakerja semakin beragam, yang terbaru kini tersedia pelatihan mengemudi truk dan bus.

Liputan6.com, Jakarta Pelatihan dalam program Kartu Prakerja semakin beragam, yang terbaru kini tersedia pelatihan mengemudi truk dan bus.

"Wow ada pelatihan mengemudi truk dan bus di Prakerja!," tulis @prakerja.go.id, Senin (14/8/2023).

Diadakannya pelatihan tersebut, lantaran industri logistik dan pariwisata yang terus meningkt di Indonesia turut meningkatkan kebutuhan atas pengemudi truk dan bus yang kompeten.

Pengemudi yang kompeten artinya bukan sekedar bisa mengemudi, tapi juga memenuhi standar kompetensi profesi, dan memahami teknologi kendaraan yang dikemudikan.

Selain itu, pekerjaan sebagai pengemudi kendaraan berat (truk dan bus) merupakan salah satu pekerjaan yang masuk dalam Daftar Pekerjaan Kritis Indonesia (Indonesia's Critical Occupation List 2018).

Maka pekerjaan ini memang penting namun juga berisiko. Karena itu, Manajemen pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja berkolaborasi dengan Hino Academy Indonesia, telah hadir pelatihan mengemudi truk dan bus yang diadakan secara luring (offline), di ekosistem Prakerja.

"Lewat pelatihan ini, kamu tentunya #JadiBisa lebih kompeten dalam mendalami profesi sebagai pengemudi kendaraan berat. Dengan begitu, keahlian kamu bisa lebih terasah dan pekerjaan sebagai pengemudi dapat dijalani dengan lebih baik juga aman," tulis @prakerja.go.id.

Adapun pelatihan yang disediakan Hino Academy Indonesia di Prakerja adalah pelatihan mengemudi kendaraan besar (luring), dan pelatihan mengemudi kendaraan besar bus (luring).

Waktu Pelatihan 3 Hari

Waktu pelatihan berlangsung 3 hari, dan lokasi pelatihan di Hino Total Support Customer Center (HTSCC) Purwakarta.

Untuk mengikuti pelatihan mengemudi truk dan bus, kamu bisa cek info selengkapnya melalui link bit.ly/HINOdiPrakerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Daftar Kartu Prakerja, Buka Link prakerja.go.id

Program Kartu Prakerja Gelombang 59 sudah dibuka pada 11 Agustus 2023. Kartu Prakerja merupakan salah satu program yang dicanangkan pemerintah untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan di Indonesia.

Bagi kamu yang belum pernah mencoba program Kartu Prakerja sejak gelombang 1 hingga 58, tidak ada salahnya kali ini ikut bergabung dalam Program Kartu Prakerja gelombang 59. Dengan begitu kemampuan atau skill kerja maupun kewirausahaan bisa terdongkrak karena ada berbagai program pelatihan yang ditawarkan.

"Siapa yang kemarin nungguin pembukaan gelombang 59? Sekarang udah dibuka nih Sob! Yuk langsung klik 'Gabung Gelombang' sekarang di dashboard Prakerja kamu!," tulis instagram resmi Kartu Prakerja @prakerja.go.id, dikutip Sabtu (12/8/2023).

"Belum bisa gabung karena belum daftar? Daftar sekarang melalui www.prakerja.go.id secara mandiri supaya #JadiBisa gabung gelombang," lanjut akun tersebut.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 59

Apabila kamu belum memiliki akun Kartu Prakerja, calon peserta dapat mendaftar dan membuat akun dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Langkah pertama, buka situs https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.
  • Kemudian, masukkan alamat email dan password dan klik Daftar.
  • Setelah itu, buka email notifikasi yang dikirim dan lanjutkan ke tahap verifikasi.
  • Setelah daftar akun dan login berhasil dilakukan, peserta akan diarahkan ke laman verifikasi KTP.
  • Isi kolom NIK, nomor Kartu Keluarga, dan tanggal lahir kemudian klik Lanjut.
  • Lengkapi data diri, pastikan data Anda masukkan sudah sesuai.
  • Selain itu, pastikan nama lengkap dan nama ibu kandung yang dimasukkan sudah sesuai.
  • Kemudian, peserta akan masuk ke tahap verifikasi dengan memasukkan foto e-KTP yang dapat diakses melalui browser HP.
  • Pastikan peserta memperhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi e-KTP berjalan lancar.
  • Jika foto KTP sudah sesuai, klik Kirim Foto e-KTP.
  • Tunggu hingga sistem selesai memverifikasi foto e-KTP yang diunggah.
  • Selanjutnya verifikasi foto wajah.
  • Seperti verifikasi e-KTP, perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi berjalan lancar.
  • Ambil swafoto (selfie) dengan kamera HP kamu.
  • Sesuaikan swafoto (selfie) yang Anda ambil dengan memperhatikan ketentuan.
  • Kemudian akan muncul tampilan foto yang sudah disesuaikan lalu klik Gunakan Foto.Jika swafoto (selfie) sudah sesuai, klik Kirim Foto untuk langkah berikutnya.
3 dari 4 halaman

Beli dan Selesaikan Pelatihan Kartu Prakerja Dapat Voucher Gopay, Begini Caranya

Sebelumnya, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja bekerjasama dengan Gopay, sehingga peserta program Kartu Prakerja yang telah lolos kemudian mengikuti dan menyelesaikan pelatihan bisa mendapatkan hadiah voucher senilai Rp 60 ribu dan Rp 310 ribu.

"Buat kamu yang suka dan siap belajar, ada 'hadiah' nih! Prakerja dan Gopay menyediakan voucher senilai 60 ribu dan 310 ribu untuk kamu yang mengikuti dan menyelesaikan pelatihan," tulis @prakerja.go.id, dikutip Sabtu (22/7/2023).

Adapun syarat dan ketentuannya yakni untuk peserta yang mengikuti pelatihan luring atau offline hari pertama bisa mendapatkan voucher Rp 310 ribu. Voucher tersebut bisa digunakan untuk GoCar, GoRide, dan GoFood.

Namun, untuk voucher ini hanya berlaku bagi pengguna baru Gojek, dan voucher berlaku selama 30 hari saja. Peserta dihimbau jangan lupa untuk meredeem vouchernya.

Selanjutnya, peserta yang mengikuti pelatihan luring sampai akhir juga berkesempatan mendapatkan voucher senilai Rp 310 ribu. Voucher ini terbatas untuk 2.000 orang pertama yang sudah menyelesaikan pelatihan, voucher dapat digunakan oleh pengguna setia Gojek atau pengguna baru Gojek, dan voucher juga berlaku selama 30 hari.

Sementara bagi peserta Kartu Prakerja yang mengikuti pelatihan daring akan mendapatkan voucher senilai Rp 60 ribu (khusus untuk pengguna setia Gojek).

 

4 dari 4 halaman

Sambungkan Akun Gopay

Peserta wajib menyambungkan akun Gopay ke akun Kartu Prakerja dan melakukan redeem (ikut pelatihan hari pertama). Voucher ini hanya bisa digunakan untuk GoCar dan GoRide saja.

Lalu, untuk peserta Kartu Prakerja yang mengikuti pelatihan daring dan merupakan pengguna baru Gojek bisa mendapatkan voucher senilai Rp 310 ribu yang bisa digunakan untuk GoCar, GoRide, dan GoFood.

Sebagai informasi, batas waktu pembelian pelatihan pertama Kartu Prakerja adalah 15 hari setelah peserta dinyatakan lolos.

Saldo pelatihan Kartu Prakerja juga memiliki periode kadaluarsa jika peserta tidak membeli pelatihan lainnya dalam 15 hari setelah penyelesaian (hingga pemberian penilaian dan ulasan) pelatihan pertama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.