Sukses

Mantan Perekrut Google Berbagi Hal Nomor 1 Perlu Dilakukan Demi Dapat Kerja

Seperti yang diketahui, resume mencerminkan bahasa deskripsi pekerjaan, surat lamaran menjelaskan alasan Anda menginginkan posisi itu, Anda telah meminta banyak orang membaca keduanya. Akhirnya, Anda mengirimkan semua itu.

Liputan6.com, Jakarta Demi mendapatkan pekerjaan baru, pelamar kerja perlu tahu bahwa ada satu hal yang sebaiknya dilakukan agar memberikan peluang besar untuk diterima. Kebanyakan yang tidak memperhatikan hal ini mereka biasanya mengalami kegagalan.

Seperti yang diketahui, resume mencerminkan bahasa deskripsi pekerjaan, surat lamaran kerja menjelaskan alasan Anda menginginkan posisi itu, Anda telah meminta banyak orang membaca keduanya. Akhirnya, Anda mengirimkan semua itu.

Memang, itu semua adalah langkah penting dalam proses lamaran kerja. Akan tetapi, ada satu langkah lagi setelah melamar yang “semua orang bisa gagal”, kata mantan perekrut Google dan DoorDash dan CEO Continuum saat ini Nolan Church. Itu menindaklanjuti aplikasi dengan pesan di LinkedIn dan email yang dipersonalisasi ke manajer perekrutan perusahaan dan bahkan CEO.

Ketika Church berada di DoorDash, CEO Tony Xu mendapatkan email seperti itu dan “dia akan meneruskannya langsung ke saya setiap saat”, katanya. Dia menambahkan, “Mungkin 90 persen dari waktu, kami menerima telepon dengan orang-orang itu.”

Bahkan jika perusahaan yang dilamar adalah Amazon dan Anda mengirim email ke Andy Jassy, lakukanlah, kata Church. Dia mungkin bukan orang yang membaca email itu, tetapi seseorang di timnya dapat melihatnya dan meneruskannya ke HR atau bahkan VP.

Inilah cara menulis pesan-pesan dan alasan menurutnya itu penting.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jelaskan alasan Anda sangat cocok untuk peran tersebut

Dalam hal cara menulis pesan ini, mulailah dengan LinkedIn, kata Church. Tambahkan CEO dan manajer perekrutan di situs dan kirimi mereka satu kalimat yang mengatakan bahwa Anda baru saja melamar untuk peran ini. Kemudian cari email mereka di akun media sosial atau website perusahaan.

“Untuk seseorang yang merupakan CEO perusahaan, biasanya nama depan di nama domain perusahaan dot com,” kata Church.

Di email, perkenalkan diri Anda dan apa yang Anda lakukan, tegaskan kembali bahwa Anda telah melamar untuk peran ini, jelaskan alasan Anda sangat cocok, lalu jelaskan alasan Anda menyukai perusahaan tersebut, kata Church. Idealnya, beberapa di antaranya sudah tercermin dalam resume dan surat lamaran Anda. “Anda bisa melakukannya dalam enam kalimat,” katanya.

Anda juga dapat melampirkan materi aplikasi Anda ke email.

3 dari 3 halaman

Komunikasi jadi kunci

Mengapa komunikasi ini begitu penting?

Pertama, “karena tidak ada orang lain yang melakukannya,” kata Church. Dan itu akan membuat Anda menonjol. Kedua dan sama pentingnya, “ini adalah hal yang dipedulikan oleh setiap manajer perekrutan,” katanya. “Mengapa kamu cocok untuk peran itu?”

Tugas perekrut adalah menemukan orang yang akan melakukan yang terbaik dalam peran yang mereka butuhkan. Jika Anda telah melangkah lebih jauh untuk menjelaskan alasan Anda adalah orang itu, Anda telah melakukan sebagian dari pekerjaan mereka untuk mereka. Plus, itu menunjukkan bahwa “Anda sedang melakukan penelitian, menunjukkan bahwa Anda benar-benar menginginkan pekerjaan itu dan berkomitmen untuk mendapatkannya,” katanya.

“Dalam proses perekrutan yang sempurna, kedua belah pihak saling menilai,” kata Church. “Dan jika Anda sudah memulai proses itu, Anda sebenarnya membuat hidup saya jauh lebih mudah.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini