Sukses

Selain David Silva, Intip Deretan Pemain Sepak Bola yang Pensiun karena Cedera hingga Sakit

Berikut deretan pemain yang perjalanan kariernya harus berhenti karena cedera dan sakit. Terbaru ada David Silva.

Liputan6.com, Jakarta - Legenda Manchester City David Silva mengumumkan pengunduran diri dari sepak bola profesional pada usia 37 tahun. Pengumuman tersebut disampaikan pemain asal Spanyol ini setelah beberapa hari menderita cedera lutut.

David Silva berencana melanjutkan karier di Real Sociedad tetapi cedera ligament anterior (ACL) yang terjadi pada pramusim mengancam akan membuat dia absen di sebagian besar musim depan. Hal tersebut mendorong pria kelahiran Januari 1986 ini mengubah rencananya.

"Hari ini adalah hari yang menyedihkan bagi saya,” ujar David Silva dalam pesan video yang diunggah ke media sosial, dikutip dari ESPN, Jumat (28/7/2023).

"Hari ini adalah waktu untuk mengucapkan selamat tinggal pada apa yang telah saya dedikasikan sepanjang hidup saya. Saya akan merindukanmu. Terima kasih telah membuat saya merasa di rumah,” ujar dia.

Silva memulai karier di Valencia.Ia membuat 168 penampilan dan mengangkat Piala Spanyol. Akan tetapi, pada masa puncaknya ia pindah ke Manchester City pada 2010 dan menjadi legenda klub.

Gelandang kreatif itu bagian penting dari tim Manchester City yang mengangkat gelar Liga Pemier 2011-2012 pada hari terakhir musim. Ia memenangkan tiga gelar Liga Premier di City, dan dua gelar terakhir di bawah Pep Guardiola.

Di level internasional, ia berperan dalam tim Spanyol yang menjuarai Piala Dunia 2010 dan kejuaraan Eropa pada 2008 dan 2012.

Adapun selain David Silva yang pensiun karena cedera.Enock Mwepu harus pensiun pada usia 24 tahun karena kondisi jantung bawaan.

Gelandang Brighton ini bukan satu-satunya pemain yang karier terhenti karena sakit dan cedera. Sepak bola dapat menjadi karier yang relatif singkat untuk setiap pemain dengan sebagian besar pensiun dari bermain sebelum usia 40. Namun, sebagian juga ada pensiun lebih cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjalanan Karier Pemain Ini Harus Terhenti karena Cedera dan Sakit

Berikut sejumlah pemain yang pensiun karena cedera dan sakit yang dikutip dari footballtransfers.com, ditulis Jumat, 28 Juli 2023:

1.Marco van Basten (28)

Marco van Basten salah satu penyerang paling ditakuti di dunia sepak bola selama masa kejayaannya pada 1980-1990-an, memenangkan Ballon d’Or pada tiga kesempatan terpisah ketika ia menjadi kekuatan dominan saat itu di AC Milan.

Namun, pelanggran berulang kali membuat karier berhenti pada 1995 saat berusia 28 tahun. Ia menjadi faktor utama yang menyebabkan kalau tekel dari belakang kini dilarang dalam sepak bola.

Mengutip Bola.com, ia pensiun akibat cedera angkle. Meski terdeteksi sejak 1986, tetapi penanganan yang telat membuat cedera semakin parah.

2.Sergio Aguero (33)

Sergio Aguero pensiun pada usia 33 tahun tepatnya 2021. Ia pensiun karena alami masalah jantung. Mengutip dari kanal Bola Liputan6.com, ia mengalami cardiac arrhythmia atau gangguan irama jantung. Sehingga, hal ini menjadi penyebab utamanya memutuskan untuk berhenti sebagai pemain sepak bola.

Ia baru mengetahui masalah jantung saat Barcelona ditahan imbang 1-1 Alaves pada November 2021. Aguero merasa nyeri di bagian dada dan harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan pertama.

Sergio Aguero memiliki karier yang cemerlang ketika membela Manchester City selama 10 musim. Pemilik nama asli Sergio Leonel Agüero del Castillo ini mencatatkan 260 gol dari 390 penampilannya bersama The Citizen.

3 dari 4 halaman

Fabrice Muamba hingga Owen Hargreaves

3.Fabrice Muamba (24)

Dikutip dari Kanal Bola Liputan6.com, Fabrice Muamba pensiun setelah alami serangan jantung. Hal ini membuat dokter vonis Muamba untuk berhenti bermain bola secara total dan harus pensiun.

Ia alami serangan jantung ketika berlaga melawan Tottenham Hotspur pada putaran ke-6 FA Cup musim lalu. Pria kelahiran 6 April 1988 ini pun harus menjalani proses operasi dan pemulihan cukup lama.

Muamba bermain bersama Bolton mulai dari 2008. Ia sebelumnya bermain sebagai punggawa Birmingham. Setelah empat tahun membela Bolton, Muamba tercatat telah bermain sebanyak 130 kali sebagai pemain tengah dan mencetak 3 gol sepanjang karirnya di Reebok Stadium, markas Bolton.

4.Owen Hargreaves (31)

Pemain pertama yang bermain untuk Inggris tanpa pernah tinggal di negara itu bergabung dengan Manchester United dari Bayern Munich pada 2007.

Cedera lutut yang terus menerus menganggu karier di Old Trafford. Pemain kelahiran Kanada ini pensiun pada usia 31 tahun setelah bermain sebentar di Manchester City.

4 dari 4 halaman

Gueida Fofana hingga Roberto Di Matteo

5.Gueida Fofana (25)

Gueida Fofana disebut-sebut sebagai Patrick Vieria saat terobos Lyon pada 2011. Ia meraih Coupte de France, Trophee des Champions, dan Coupe de laLigue pada 2012.Gelandang bertahan yang mengesankan ini harus pensiun pada usia 25 tahun.

6.Roberto Di Matteo

Mengutip Kanal Bola Liputan6.com, gelandang Italia ini pensiun pada usia 31 tahun karena cedera patah kaki. Ia akhiri karier sebagai pemain Chelsea pada Februari 2002. Sebelum mengalami cedera tersebut, Di Matteo merupakan pemain tak tergantikan di lini tengah Chelsea. Selama dibela Di Matteo, Chelsea tak pernah kalah di Old Trafford.

7.Sebastian Deisier

Deisier pensiun pada usia 27 tahun pada Januari 2007 karena cedera lutut. Sejak itu, ia tidak pernah kembali ke bentuk permainan terbaiknya. Padahal pada awal 2000-an, ia disebut-sebut sebagai Mutiara sepakbola Jerman karena penampilan luar biasa bersama Hertha Berlin. Oleh karena itu, Bayern Muenchen membeli pada 2002.

8.Ruben De La Red

Ruben De la Red pensiun dini pada usia 25 tahun. Ia memiliki sakit jantung. . De la Red sempat collapse di lapangan saat Madrid melawan Real Union di Copa del Rey 2008. Setelah menjalani perawatan, De la Red menyerah. Pada Januari 2010, De la Red memilih untuk gantung sepatu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini