Sukses

Angkasa Pura I Layani 1 Juta Penumpang Selama Libur Idul Adha

PT Angkasa Pura I mencatat ada lebih dari 1 juta pergerakan penumpang di 15 bandara yang dikelola perusahaan selama libur Idul Adha

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura I mencatat ada lebih dari 1 juta pergerakan penumpang di 15 bandara yang dikelola perusahaan. Angkanya mencapai 1.016.586 penumpang selama periode libur Idul Adha, 28 Juni - 2 Juli 2023.

Sementara itu, dari sisi pergerakan pesawat, tercatat sebanyak 7.602 pesawat di 15 bandara. Pada periode libur panjang Idul Adha tahun ini, Angkasa Pura I mendata puncak arus pergerakan penumpang terjadi pada Minggu, 2 Juli 2023, dengan realisasi trafik mencapai 231.852.

"Libur panjang Hari Raya Idul Adha kemarin memberikan dampak positif terhadap trafik di 15 bandara Angkasa Pura I. Sesuai prediksi, realisasi pergerakan penumpang selama periode ini mencapai 1 juta penumpang, atau mencapai rata-rata harian sebanyak 203 ribu penumpang per hari," ujar Pejabat Pengganti Sementara (Pgs.) Direktur Utama Angkasa Pura I, Lukman F. Laisa, dalam keterangannya, Senin (3/7/2023).

Bandara Bali dan Surabaya

Selama periode long weekend tersebut, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menjadi bandara Angkasa Pura I yang melayani trafik tertinggi dengan total 356.020 pergerakan penumpang.

Diikuti dengan Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menyusul di urutan kedua dan ketiga, masing-masing dengan 192.086 dan 135.111 pergerakan penumpang dilayani.

"Tingginya trafik pada periode libur panjang ini juga menjadi indikasi semakin meningkatnya minat warga masyarakat untuk berlibur dan bepergian dengan menggunakan moda transportasi udara," katanya.

"Tentunya hal ini menjadi hal yang sangat positif terhadap upaya recovery kinerja operasional Angkasa Pura I di tahun ini," pungkas Lukman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Sesuai Prediksi

Sebelumnya, AP I memprediksi memang akan ada lebih dari 1 juta penumpang yang bergerak di 15 bandara kelolaannya. Hanya saja, secara rinci, angka realisasi ini lebih rendah sedikit ketimbang prediksi sebelumnya.

PT Angkasa Pura I memperkirakan akan melayani 1 juta lebih penumpang, atau sekitar 1.048.781 penumpang pada periode libur panjang Idul Adha 2023, yang terhitung pada 28 Juni hingga 2 Juli 2023.

Adapun perkiraan penumpang pada 15 bandara yang dikelola AP I, terdiri atas 832.532 pergerakan penumpang rute domestik dan 216.249 pergerakan penumpang rute internasional.

Pejabat Pengganti Sementara (Pgs) Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Lukman F Laisa, juga memprediksi puncak arus pergerakan penumpang akan terjadi pada Rabu, 28 Juni 2023 dengan prediksi trafik mencapai 217.660 pergerakan penumpang.

"Pada libur Idul Adha kali ini, kami memperkirakan lebih dari 1 juta penumpang akan dilayani di 15 bandara Angkasa Pura I atau mencapai 210 ribu penumpang per hari," ujar Lukman dalam keterangan tertulis, Rabu (28/6/2023).

 

3 dari 4 halaman

Antisipasi

Lukman menjelaskan, antisipasi yang dilakukan untuk menghadapi lonjakan penumpang antara lain dengan memastikan kesiapan infrastruktur utama dan pendukung di bandara, memastikan kesiapan personel, serta menyesuaikan jam operasi bandara apabila diperlukan.

"Angkasa Pura I juga menjalin koordinasi secara terus menerus dengan instansi terkait untuk memastikan kelancaran operasional penerbangan dan menjaga kualitas layanan atau level of service bagi seluruh pengguna jasa bandara," imbuhnya.

 

4 dari 4 halaman

Beroperasi 24 Jam

Selama periode ini, tiga bandara Angkasa Pura I yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar akan beroperasi selama 24 jam dalam satu hari.

Bandara-bandara lain juga akan melakukan penyesuaian jam operasi jika diperlukan, atau dengan menyesuaikan permintaan dari maskapai penerbangan.

"Kebijakan penyesuaian jam operasional bandara ini ditujukan untuk mengantisipasi tingginya potensi lonjakan trafik pergerakan pesawat dan penumpang selama periode libur panjang," kata Lukman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini