Sukses

Lolos Seleksi Rekrutmen Bersama BUMN? Segini Gaji Jadi Pegawai BUMN

Gasil seleksi tahap 1 Rekrutmen Bersama BUMN 2023 telah resmi diumumkan. Lantas, berapa gaji pegawai BUMN, mulai dari Telkom Indonesia, Pertamina, hingga KAI?

Liputan6.com, Jakarta Gasil seleksi tahap 1 Rekrutmen Bersama BUMN 2023 telah resmi diumumkan. Sejumlah tahapan lainnya pun menunggu untuk dimulai hingga akhirnya tersaring para pekerja di BUMN. Lantas, berapa besaran gajinya untuk peserta yang lolos?

Perlu diketahui, BUMN kerap menjadi incaran bagi mahasiswa yang baru lulus atau fresh graduate. Berbagai cara masuk, termasuk Rekrutmen Bersama BUMN 2023 jadi ajang untuk bisa bekerja di perusahaan pelat merah.

Upah atau gaji bagi fresh graduate yang ditawarkan para BUMN pun cukup beragam. Ini bergantung pada masing-masing BUMN yang membuka lowongan melalui RBB 2023.

Sejumlah perusahaan BUMN pun disebut kerap menjadi incaran para pelamar. Sebut saja ada PT Telkom Indonesia, PT PLN, PT Pertamina, PT Kereta Api Indonesia hingga Perbankan yang terdiri dari BRI, BNI, Mandiri, dan BTN.

Mengutip berbagai sumber, berikut Liputan6.com rangkum estimasi gaji yang didapat pegawai BUMN jika lolos Rekrutmen Bersama BUMN 2023.

PT Telkom Indonesia

Pertama, ada PT Telkom Indonesia sebagai perusahaan telekomunikasi di Tanah Air. Perusahaan pelat merah ini kerap menjadi incaran para pelamar kerja, baik di perusahaan induk maupun anak perusahaan.

Besaran gaji yang ditawarkan bagi fresh graduated juga beragam. Estimasinya berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 5 juta per bulannya. Kemudian, bisa jadi juga mengikuti besaran UMR di masing-masing lokasi penempatan pekerja.

Sebagai contoh, untuk posisi Marketing Communication, gaji awalnya bisa sebesar Rp 2,5 juta per bulan. Kemudian, posisi Operator Telekomunikasi bisa mendapat gaji Rp 4 juta per bulan.

Sementara itu, untuk posisi yang lebih tinggi seperti PHP Programmer bisa mengantongi gaji Rp 8 juta perbulan. Lalu, Strategic Account Manager bisa mendapat gaji Rp 16 juta perbulan.

Perlu dicatat, ini adalah estimasi besaran gaji yang bakal diberikan perusahaan tergantung pada posisi yang dilamar. Kemudian, gaji juga mengacu pada kebijakan perusahaan masing-masing.

PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN

Kedua, ada PT PLN (Persero) yang kerap menjadi incaran para pencari kerja. Kisaran gaji awal yang diterima pegawai PLN pun tidak jauh berbeda dengan BUMN lainnya.

Sebut saja, untuk tahap awal estimasi gaji yang diberikan berkisar Rp 4-7 juta per bulannya. Ini juga akan mengikuti pada kebijakan masing-masing unit dan tentunya induk perusahaan.

Sebagai contoh, untuk posisi Supervisor estimasi gaji yang diberikan sekitar Rp 5 juta sampai Rp 7 juta setiap bulannya.

Kemudian, posisi Ahli IT estimasi gaji yang diberikan berkisar Rp 6 juta sampai Rp 8 juta setiap bulannya. Serta, untuk posisi Manajer estimasi gaji yang diterima berkisar Rp 6 juta sampai Rp 10 juta tiap bulan.

Perlu dicatat, ini adalah estimasi besaran gaji yang bakal diberikan perusahaan tergantung pada posisi yang dilamar. Kemudian, gaji juga mengacu pada kebijakan perusahaan masing-masing.

PT Pertamina

Ketiga, ada PT Pertamina (Persero) yang juga kerap menjadi incaran. Estimasi besaran gaji awal yang diterima bagi pegawai perusahaan energi ini berkisar Rp 3-6 juta per bulannya.

Pertamina sendiri memiliki berbagai lini usaha. Mulai dari Pertamina Hulu Energi (PHE), Pertamina Patra Niaga, hingga Kilang Pertamina Internasional. Besaran gajinya tentu akan mengikuti posisi-posisi tertentu.

Sebagai contoh, posisi Customer Service diestimasikan mendapat gaji berkisar Rp 3,5 juta sampai Rp 3,6 juta per bulannya. Kemudian, Pustakawan diestimasikan mendapat gaji Rp 4 juta sampai Rp 5 juta perbulannya.

Sementara itu, untuk jabatan yang lebih tinggi, seperti posisi Engineer diestimasikan mendapar gaji Rp 8 juta sampai Rp 20 juta. Serta, Pengawas Health, Safety, and Environment (HSE) bisa meraup Rp 24 juta sampai 26 juta per bulan.

Perlu dicatat, ini adalah estimasi besaran gaji yang bakal diberikan perusahaan tergantung pada posisi yang dilamar. Kemudian, gaji juga mengacu pada kebijakan perusahaan masing-masing.

PT Kereta Api Indonesia atau KAI

Keempat, ada PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias KAI. Berbagai posisi pun biasanya ditawarkan setiap ada rekrutmen dari perusahaan transportasi berbasis rel ini.

Kisaran gaji bagi fresh graduated di KAI berkisar anatar Rp 3-5 juta setiap bulannya. Sebagai contoh, pegawai di posusi Customer Service diestimasikan mendapat gaji Rp 3 juta sampai Rp 4,2 juta per bulannya.

Lalu, posisi Pelaksana diestimasikan mendapat gaji Rp 3 juta sampai Rp 5,6 juta per bulan. Posisi Staf Marketing berkesempatan mendapat gaji Rp 3-5 juta per bulannya.

Selanjutnya, posisi Officer bisa meraup gaji Rp 5-7 juta per bulannya. Posisi Ahli IT bisa mendapat gaji Rp 7-9 juta per bulan.

Perlu dicatat, ini adalah estimasi besaran gaji yang bakal diberikan perusahaan tergantung pada posisi yang dilamar. Kemudian, gaji juga mengacu pada kebijakan perusahaan masing-masing.

Bank BUMN

Kelima, ada Himpunan Bank Negara (Himbara) yang terdiri dari Bank BUMN seperti BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. Posisi di perbankan sering juga menjadi incaran para pelamar, mulai dari teller bank hingga posisi supervisor.

Besaran gaji yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Rp 2,8 juta hingga mencapai Rp 10 juta per bulannya.

Sebagai contoh, posisi Teller Bank diestimasikan mendapat gaji Rp 2,8 juta sampai Rp 4 juta per bulannya. Posisi Senior Staff bisa meraup gaji Rp 4 juta sampai Rp 6 juta per bulan.

Lalu, posisi Accounting Staff bisa berkesempatan mendapat gaji Rp 6-7 Juta perbulannya. Posisi Analyst dan Senior Analyst diestimasikan mendapat gaji Rp 9 juta hingga Rp 16 juta per bulannya.

Perlu dicatat, ini adalah estimasi besaran gaji yang bakal diberikan perusahaan tergantung pada posisi yang dilamar. Kemudian, gaji juga mengacu pada kebijakan perusahaan masing-masing.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Tes Tahap I Rekutmen Bersama BUMN

Diberitakan sebelumnya, Hasil tes online tahap 1 Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2023 sudah diumumkan. Proses tes Rekrutmen Bersama BUMN sendiri telah berlangsung pada 12-20 Juni 2023.

Rincian tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023, pada 12-19 Juni untuk lulusan D3,S1/D4,S2 dan pada 20 Juni untuk lulusan SMA.

Informasi, sekitar 2 juta orang mendaftar untuk ikut tes RBB BUMN ini. Namun 800 ribu orang yang lolos syarat administrasi dan diundang untuk mengikuti tes secara online.

Pengumuman hasil tes tahap 1 ini disampaikan akun Instagram resmi @fhci.bumn dan Kementerian BUMN @kementerianbumn.

"Pengumuman akan disampaikan pada Senin 03 Juli 2023 melalui akun masing-masing pelamar pada portal RBB 2023http://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/,"dikutip dari akun@fhci.bumn, Senin (3/7/2023).

Pihak panitia tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023 pun mengingatkan masyarakat khususnya yang telah melakukan tes online tahap 1 Rekrutmen Bersama BUMN 2023 untuk waspada terhadap bentuk penipuan yang mengatasnamakan Rekrutmen Bersama BUMN 2023.

"Waspada segala jenis bentuk penipuan, setiap tahapan Rekrutmen Bersama BUMN 2023 tidak dipungut biaya ya #SobatBUMN dan #SobatFHCI!" tulis akun tersebut

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Tes Selanjutnya

Jika para peserta RBB yang lolos tes tahap 1, maka akan diwajibkan mengikuti tes tahap 2. Adapun untuk tes online Rekrutmen Bersama BUMN tahap 2 akan dilaksanakan sekitar 16-20 Juli 2023.

FHCI BUMN melalui media sosial Instagram mereka turut memberikan informasi kepada para pendaftar untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan tes online.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini