Sukses

388 Ribu Kendaraan Keluar Jabotabek via Tol pada 2 Hari Libur Idul Adha

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 388.942 kendaraan keluar Jabotabek pada H-2 s.d H-1 Hari Raya Idul Adha 1444H/2023 yang jatuh pada periode Selasa-Rabu, 27-28 Juni 2023.

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 388.942 kendaraan keluar Jabotabek pada H-2 s.d H-1 Hari Raya Idul Adha 1444H/2023 yang jatuh pada periode Selasa-Rabu, 27-28 Juni 2023.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung). Total volume lalin yang keluar wilayah Jabotabek ini naik 50 persen jika dibandingkan lalin normal.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, mengatakan, untuk distribusi lalu lintas keluar Jabotabek yang menuju ke tiga arah yaitu mayoritas sebanyak 206.511 kendaraan (53,10 persen) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 103.834 kendaraan (26,70 persen) menuju arah Barat (Merak), dan 78.597 kendaraan (20,21 persen) menuju arah Selatan (Puncak).

Adapun rincian distribusi lalin sebagai berikut:

Arah Timur (Trans Jawa dan Bandung)

- Lalin keluar Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 113.089 kendaraan, naik sebesar 114,90 persen dari lalin normal.

- Lalin keluar Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 93.422 kendaraan, naik sebesar 75,91 persen dari lalin normal. Total lalin keluar Jabotabek yang menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 206.511 kendaraan, naik sebesar 95,32 persen dari lalin normal.

Arah Barat (Merak)

Lalin keluar Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebanyak 103.834 kendaraan, naik 12 persen dari lalin normal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arah Selatan (Puncak)

Sementara itu, lalin keluar Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi adalah sebanyak 78.597 kendaraan, naik 29,14 perseb dari lalin normal.

Kendati demikian, Lisye Octaviana menyebutkan, Jasa Marga terus memastikan layanan operasional jalan tol Jasa Marga Group pada masa libur panjang Hari Raya Idul Adha 1444H berjalan optimal.

"Yang menjadi perhatian utama yaitu di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi destinasi wisata favorit pengguna jalan saat libur panjang, di antaranya Jalan Tol Jagorawi untuk ke arah Puncak dan sekitarnya, serta Jakarta-Cikampek dan Cipularang untuk yang menuju arah Trans Jawa dan Bandung," kata Lisye, Kamis (29/6/2023).

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas. 

3 dari 3 halaman

Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Tol Jakarta-Cikampek Antisipasi Lonjakan Kendaraan Saat Libur Idul Adha 2023

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan skema rekayasa lalu lintas untuk memperlancar arus bila terjadi kepadatan saat libur panjang cuti bersama Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakum) Korlantas Polri, Brigjen Aan Suhana mengungkapkan, rekayasa lalu lintas akan diberlakukan di beberapa ruas tol, di antaranya Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Mohammed Bin Zayed (MBZ). Pemberlakukan rekayasa lalu lintas bersifat situasional. 

Menurut Aan, apabila terjadi kepadatan, akan diterapkan rekayasa lalu lintas berupa lawan arus (contra flow), satu jalur, dan dua jalur.

Kemudian, lanjut dia, melakukan buka tutup arus di Tol MBZ apabila kepadatannya melebihi angka yang telah ditentukan petugas Korlantas Polri.

Upaya lain untuk memperlancar arus lalu lintas di jalur arteri maupun tol selama libur Idul Adha, yakni Korlantas Polri melakukan pembatasan kendaraan angkutan barang sumbu tiga ke atas.

"Pada tanggal 27 Juni kemarin mulai pukul 16.00 sampai 00.00 WIB, kemudian hari ini mulai dari jam 06.00 itu akan kami batasi untuk sumbu tiga ke atas," kata Aan dilansir dari Antara, Rabu (28/6/2023).

Pembatasan kendaraan barang sumbu tiga di ruas-ruas jalan tertentu juga diberlakukan pada saat arus balik libur cuti bersama pada hari Minggu tanggal 2 Juli 2023.

"Pembatasan ini tentu untuk kelancaran harus lalin pada saat cuti bersama libur Idul Adha," ucap Aan.

Aan juga mengimbau, kepada masyarakat untuk mempersiapkan diri dan juga kendaraannya bila melakukan perjalanan jauh, baik ke tempat objek wisata ataupun pulang ke kampung halamannya.

Persiapan yang bisa dilakukan misalnya, memperhatikan kondisi tubuh atau kesehatan agar fit saat berkendaraan. Bila tubuh merasa lelah, konsentrasi mulai berkurang, pengemudi bisa beristirahat di rest area atau tempat-tempat yang memadai.

"Siapkan juga kendaraan biar tidak mengalami masalah baik dalam fungsi pengereman, mesin dan sebagainya, sehingga rekan-rekan bisa menikmati perjalanan ini lancar, nyaman dan berkesan," imbau Aan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.