Sukses

Mengintip Kesiapan BBM dan LPG Sepanjang Libur Idul Adha 2023

Pertamina tetap bersiaga selama libur Idul Adha tahun 2023 dan menjamin keamanan serta kelancaran distribusi BBM dan LPG untuk memenuhi seluruh kebutuhan energi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) memastikan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) di Provinsi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat libur panjang Hari Raya Idul Adha tahun 2023.

Libur Idul Adha tahun ini, dimulai tanggal 28 - 30 Juni 2023, dan berbarengan dengan libur semester genap anak sekolah yang telah dimulai pada minggu ketiga bulan Juni 2023.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan, mengatakan untuk menghadapi libur panjang tersebut, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat terus memantau kondisi lapangan apabila terdapat lonjakan kebutuhan energi masyarakat dan siap menambah distribusi BBM dan LPG apabila diperlukan.

Pertamina memiliki sarana dan prasarana yang handal serta jaringan distribusi yang luas untuk dapat mendistribusikan energi ke seluruh masyarakat di wilayah Jawa Bagian Barat.

Jaringan distribusi tersebut, terdiri dari 1.571 SPBU, 206 SPBE, 3 SPBE Industri, 1.557 Agen LPG PSO, 259 Agen LPG Non PSO dan 47.495 Pangkalan LPG PSO.

“Dari data di bulan Juni 2023, rata-rata konsumsi harian sebesar 26.427 KL per hari untuk Gasoline dan 10.907 KL per hari untuk Gasoil sedangkan ketahanan stok untuk Gasoline mencapai 23 hari dan Gasoil mencapai 24 hari," kata Eko, Kamis (29/6/2023).

Bersiaga  Selama Libur Idul Adha

Lebih lanjut, Eko menegaskan, Pertamina tetap bersiaga selama libur Idul Adha tahun 2023 dan menjamin keamanan serta kelancaran distribusi BBM dan LPG untuk memenuhi seluruh kebutuhan energi masyarakat.

Disamping itu, Pertamina juga mengingatkan agar masyarakat selalu berhati-hati dalam mengendarai kendaraan di jalan dan tidak lupa untuk selalu memastikan keamanan rumah dan harta bendanya ketika hendak bepergian.

Untuk informasi mengenai produk dan layanan Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 sedangkan untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjut mengenai Program Subsidi Tepat, masyarakat dapat mengecek sosial media resmi @ptpertaminapatraniaga, @mypertamina, website subsiditepat.mypertamina.id serta dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tenang, Stok BBM hingga LPG Dijamin Aman Selama Libur Idul Adha 2023

Sebelumnya, Direktur Utama Utama PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Riva Siahaan memastikan pihaknya memastikan stok energi aman dan tetap siaga melayani masyarakat di tengah libur Idul Adha 2023. Libur Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah pada tahun ini telah resmi ditetapkan Pemerintah selama 5 hari.

“Kami terus memastikan aspek availability dan accessibility dapat memenuhi kebutuhan energi masyarakat. Seluruh fasilitas utama kami, Terminal BBM dan LPG, SPBU, Agen dan Pangkalan LPG, serta Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) tidak libur dan tetap beroperasi untuk menyalurkan energi bagi masyarakat,” terang Riva.

Riva mengakui hal yang terpenting pada masa libur panjang seperti ini adalah ketahanan stok energi mulai dari stok BBM hingga LPG untuk memastikan proses penyaluran dapat berjalan lancar.

Sepanjang masa libur, Riva mengatakan Pertamina Patra Niaga mengamankan ketahanan stok di level yang aman, untuk Gasoline atau bensin di angka 35 hari, Gasoil atau diesel 41 hari, LPG 15 hari, dan Avtur 32 hari.

“Angka ini di level yang aman, setiap hari juga terus dimonitor ketahanannya dan selalu dijaga di angka tersebut. Setiap tim operasional di Regional juga sudah kami siagakan, agar di jalur-jalur atau wilayah tertentu harus dibuatkan mitigasi jika ada kemacetan atau peningkatan konsumsi penyaluran BBM dan LPG tetap aman. Begitu juga dengan Avtur, di bandara-bandara kami telah berkoordinasi dengan maskapai mengantisipasi penambahan jadwal penerbangan,” tukasnya.

3 dari 3 halaman

Perketat Koordinasi

Selain operasional, Riva mengatakan saat ini Pertamina Patra Niaga juga berkoordinasi dengan mitra SPBU dan Agen LPG berupa fasilitas kredit mengantisipasi layanan bank tutup atau tidak beroperasi dengan jam normal di hari biasa.

Berbarengan dengan masa libur ini, per 26 Juni lalu Pertamina Patra Niaga juga melakukan penyesuaian harga LPG Non Subsidi mengacu tren LPG yang sedang turun, sehingga bisa dimanfaatkan untuk memasak saat Idul Adha.

“Dengan berbagai antisipasi, harapannya tidak ada kendala penyaluran dan layanan BBM maupun LPG kepada masyarakat. Pertamina Patra Niaga juga turut mengucapkan Selamat Idul Adha bagi yang merayakan, selamat berkumpul bersama keluarga, dan terus menjaga kesehatan sepanjang libur panjang ini,” pungkas Riva.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini