Sukses

KAI Ajak Masyarakat Jadi Pengusaha Logistik, Begini Cara dan Keuntungannya

KAI Logistik mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan jumlah pengusaha, kali ini di industri logistik

Liputan6.com, Jakarta Di tahun 2023, Pemerintah masih fokus pada peningkatan lapangan kerja dan kualitas SDM Indonesia. Fokus tersebut juga selaras dengan tujuan perusahaan untuk dapat hadir dengan nilai lebih, salah satunya melalui program kemitraan pada layanan KALOG Express yang dapat menjadi kesempatan kerja bagi masyarakat Indonesia menjadi pengusaha logistik.

Langkah ini juga merefleksikan tagline Ispossible yaitu semuanya menjadi mungkin dengan KAI Logistik, termasuk memberikan ruang bagi masyarakat Indonesia untuk berdaya dalam menciptakan kemandirian ekonominya sendiri.

KALOG Express merupakan salah satu produk bisnis untuk pengiriman beragam paket mulai dari dokumen hingga sepeda motor. Perusahaan meyakini bahwa kebutuhan pengiriman merupakan salah satu kebutuhan primer untuk menunjang terpenuhinya kebutuhan sehari-hari masyarakat. Sehingga bisnis pengiriman ini dapat menjadi salah satu bisnis yang akan sustain dan menjadi salah satu opsi bagi masyarakat untuk menjajaki peluang usahanya.

Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah mengungkapkan, melalui skema kemitraan ini, dirinya mengajak masyarakat untuk menjadi bagian dari bisnis perusahaan. Tentunya dengan beragam keuntungan bagi calon mitra.

Keuntungan

Keuntungan ini seperti imbal jasa yang besar, pengarahan bisnis serta didukung dengan keunggulan layanan KALOG Express termasuk kerjasama dengan UMKM dan komunitas, serta dukungan digitalisasi layanan yang menjadi nilai jual di tengah persaingan bisnis serupa.

"Perusahaan berharap bisnis ini dapat menjadi lahan mata pencaharian masyarakat, sehingga mampu menjadi penggerak perekonomian nasional dan tercapainya akselerasi pertumbuhan ekonomi," terangnya, Sabtu (17/6/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tambah Titik Layanan

Pria yang akrab disapa Malik tersebut juga menambahkan bahwa selain menjadi kesempatan berwirausaha bagi masyarakat, skema kemitraan ini juga akan meningkatkan kapasitas KAI Logistik khususnya dalam hal cakupan titik layanan.

Saat ini, KAI Logistik menawarkan kemitraan di 60 titik yang tersebar di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali dan Sumatra yang akan melengkapi 168 titik layanan yang telah tersedia hingga saat ini.

Kinerja KAI Logistik

Hingga Mei 2023, layanan KALOG Express telah menyumbang lebih dari Rp 52 miliar terhadap total pendapatan perusahaan sebesar Rp 417 miliar. KALOG Express akan diproyeksikan terus tumbuh seiring dengan langkah-langkah strategis perusahaan seperti digitalisasi melalui mobile application dan self service machine (mesin pengiriman paket secara mandiri) serta pengembangan lainnya untuk menghadirkan kemudahan layanan.

3 dari 3 halaman

KAI Logistik Layani Angkutan Kargo Pakai Kapal Laut

KAI Logistik, sebagai salah satu anak usaha KAI terus melakukan peningkatan layanan untuk menghadirkan layanan logistik yang lebih mudah dan beragam.

Memahami tingginya kebutuhan logistik, khususnya logistik antar pulau, KAI Logistik kini menawarkan layanan freight forwarding untuk konektivitas antar pulau.

Layanan freight forwarding ini juga merupakan langkah strategis perseroan dalam menangkap pangsa pasar sehubungan dengan peluang yang besar, mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga kebutuhan dan mobilitas antar pulau sangat tinggi.

Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah mengungkapkan, layanan freight forwarding ini menjadi wujud komitmen perusahaan dalam menghadirkan layanan logistik yang mudah dengan beragam opsi moda transportasi.

"Tingginya permintaan pengiriman lintas pulau, mendorong kami untuk mampu menghadirkan layanan logistik berbasis multimoda, salah satunya melalui freight forwarding yang baru saja dioperasikan di tahun 2023 ini," paparnya, Rabu (24/5/2023).

Bisnis Baru Tanpa Kereta Api

Pria yang akrab disapa Malik tersebut, juga mengungkapkan bahwa layanan freight forwarding ini juga sejalan dengan tagline ispossible, yaitu apapun mungkin dengan KAI Logistik termasuk konektivitas antar pulau yang sebelumnya, belum dapat terpenuhi oleh moda kereta api.

Hal ini juga telah terakomodir melalui Izin Usaha Angkutan Multimoda dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang telah dikantongi KAI Logistik sejak 2021.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini