Sukses

5 Fakta Menarik Indonesia Open 2023, Turnamen Bulu Tangkis Bertabur Atlet Dunia

Indonesia Open 2023 mulai bergulir Selasa, 13 Juni 2023. Turnamen bulu tangkis level super 1000 tersebut digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, hingga Minggu, 18 Juni.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia Open 2023 mulai bergulir Selasa, 13 Juni 2023. Indonesia Open 2023 merupakan turnamen bulu tangkis level super 1000 yang digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, hingga Minggu, 18 Juni 2023.

Total, ada 268 pebulu tangkis dari 20 negara berebut takhta juara Indonesia Open. Tidak hanya itu, mereka juga berusaha meraup poin ke Olimpiade Paris 2024 karena turnamen ini masuk dalam agenda Race to Olympics yang kick off bulan lalu.

"Setelah banyak pemain-pemain absen di Indonesia Masters Januari lalu, kali ini semua pemain terbaik dunia hadir untuk berlaga di Istora. Tentunya ini menambah persaingan menjadi semakin sengit menuju tangga juara," kata Sekretaris Jenderal PP PBSI Moh Fadil Imran di Jakarta, dikutip dari Kanal Bola Liputan6.com, Selasa (13/6/2023).

Lantas apa saja hal-hal menarik dari ajang Indonesia Open 2023 ini, berikut fakta-faktanya:

1. Diikuti Pemain Top Dunia

Pebulu tangkis top dunia yang akan berlaga antara lain tunggal putra nomor satu dunia asal Denmark Viktor Axelsen. Di tunggal putri, ada Akane Yamaguchi (Jepang) dan An Se Young (Korea).

Sementara Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China) dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) pada sektor ganda putra. Dari ganda putri, ada Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China) yang sempat absen di Indonesia Masters pada Januari lalu. Begitu juga dengan sang kolega di ganda campuran, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong.

SedangkanIndonesia menurunkan atlet-atlet badminton terbaiknya di setiap sektor. Anthony Sinisuka Ginting, yang baru saja menjuarai Singapore Open, dan Jonathan Christie di sektor tunggal putra.

Kemudian ada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di ganda putra. Pasangan ganda putri bulu tangkis Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di ganda campuran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Harga Tiket Indonesia Open 2023

Tiket Indonesia Open 2023 sudah bisa dibeli secara daring sejak Rabu 24 Mei 2023 lalu. Calon penonton bisa mengunjungi laman resmi PBSI untuk mendapatkannya.

Meski bisa diakses secara daring, panitia tetap menyediakan penjualan tiket Indonesia Open 2023 secara langsung pada hari pertandingan selama pelaksanaan turnamen pada 13-18 Juni di Istora Senayan, Jakarta.

"Setiap hari disediakan tiket sebanyak 10 persen dari kapasitas Istora yang mencapai 6.000 kursi. Kuota tersebut akan dijual secara offline di loket tiket untuk semua kategori. Jadi tak perlu khawatir," ujar Ketua Panitia Pelaksana Armand Darmadji.

Tiket turnamen bulu tangkis BWF Super 1000 itu akan dibagi ke dalam tiga bagian yaitu kategori 1, kategori 2, dan VIP.

Kategori 2 dijual dengan harga terendah Rp125.000 dan tertinggi Rp550.000 untuk pre-sale (daring). Sedangkan penjualan normal atau melalui loket tiket seharga Rp150.000 hingga Rp600.000.

Untuk kategori 1, harga tiket pre-sale dijual mulai dari Rp175.000 hingga Rp1 juta, dan penjualan normal dimulai dari Rp250.000 hingga tertinggi Rp1,2 juta.

Sedangkan tiket kategori VIP dijual mulai dari Rp250.000 hingga Rp1,75 juta untuk pre-sale dan Rp300.000 hingga Rp2 juta untuk harga normal.

3 dari 5 halaman

3. Jadwal Pertandingan Indonesia Open 2023

Lapangan 1

Tunggal Putri:

(match 6) Pusarla V. Sindhu (India) vs Gregoria Mariska Tunjung

Ganda Campuran:

(match 8) Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemis (Malaysia) vs Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati)

 

Lapangan 2

Ganda Putri:

(match 1) Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto vs Ferbriana Dwipuji Kusuma/Amaliga Cahaya Pratiwi

(match 3) Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) vs Adnan Maulana/Nita Violina Marwah

Ganda Campuran:

(match 6) Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) vs Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela:

 

Lapangan 3

(match 4) Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose vs Vivian Hoo/Lim Chiew Sien (Malaysia)

Ganda Putra:

(match 8) Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Jeppe Bay/Lasse Molhede (Denmark)

(match 10) Ayato Endo/Yuta Takei (Jepang) vs Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Tunggal Putri:

(match 9) Iris Wang (Malaysia) vs Putri Kusuma Wardani

 

*Pertandingan dimulai pukul 09:00 WIB 

4 dari 5 halaman

4. Total Hadiah Indonesia Open 2023 Rp 19,3 Miliar

Indonesia Open 2023 menjadi salah satu turnamen bergengsi karena masuk dalam level Super 1.000. Perlu diketahui, level HSBC BWF World Tour Super 1000 ini akan memperbutkan hadiah total USD 1,3 Juta atau setara dengan Rp 19,3 miliar (kurs 14.862 / Dolar AS).

“Kami tentu sudah siap untuk menggelar kejuaraan paling bergengsi di Tanah Air ini. Apalagi ini turnamen level HSBC BWF World Tour Super 1000 yang pasti akan dibanjiri pemain top dunia datang ke Jakarta,” tutur Sekretaris Jenderal PP PBSI, Muhammad Fadil Imran, ditulis Selasa (13/6/2023).

Tahun ini turnamen mendapat sponsor utama perusahaan Kapal Api Group. Sehingga nama resmi turnamen adalah Kapal Api Group Indonesia Open 2023.

“Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada perusahan Kapal Api Group yang menjadi title sponsor Indonesia Open 2023,” kata Fadil Imran.

SponsorChristeven Mergonoto, Chief Marketing Officer (CMO) of Kapal Api Group menyatakan, pihaknya sejak 2021 mendukung bulutangkis Indonesia, dengan mulai menjadi sponsor tim pemain pelatnas. Kemitraan ini kini makin besar dengan menjadi sponsor utama perhelatan Indonesia Open.

“Kami adalah brand lokal yang terus mendukung bulutangkis. Apalagi, bulutangkis adalah olahraga dengan prestasi terbaik di Indonesia. Kami punya kewajiban untuk teeus mendukung atlet-atlet kita di turnamen ini,” kata Christeven.

5 dari 5 halaman

5. Marcus/Kevin Mundur dari Indonesia Open 2023:

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo batal bermain di Indonesia Open 2023. Ganda putra berjuluk The Minions itu mundur dari turnamen BWF Super 1000 ini karena Marcus mengalami sedikit masalah di bagian tumit kanan.

Kepala pelatih ganda putra Indonesia Herry Iman Pierngadi mengatakan cedera Marcus sejatinya sudah lama. Setelah menjalani beberapa terapi penyembuhan, pebulu tangkis kelahiran Jakarta, 9 Maret 1991, itu kembali merasakan rasa sakit.

"Marcus Fernaldi Gideon mengalami sakit di bagian tumit kanan. Sebelumnya memang sudah melakukan operasi di bagian tumit kiri. Dalam perjalannya kaki di bagian kanan mulai terasa sakit sehingga harus dilakukan terapi hingga dibalut," kata Herry IP di Jakarta, Senin (12/6/2023).

Kondisi psikologis peraih medali emas Asian Games 2018 tersebut sejauh ini dalam keadaan baik. Meski dalam beberapa turnamen terakhir belum naik podium, juara Indonesia Open 2021 itu sejatinya dalam kondisi siap bertanding.

"Kami akan berbicara lagi setelah turnamen Indonesia Open 2023. Komunikasi keduanya berjalan dengan sangat baik. Saya melihat di antara keduanya tidak ada masalah. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan," ucap pelatih yang berjuluk Naga Api tersebut tentang Marcus/Kevin.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini