Sukses

Terbang dari Dubai, Pesawat Penumpang Terbesar Dunia Mendarat Pertama Kali di Bali 1 Juni 2023

Airbus A380 memiliki bentang sayap Hinga 79,8 meter dengan panjang badan pesawat 72,7 meter. Pesawat ini memiliki tinggi 24,1 meter dan ditenagai oleh mesin GP7200 RR Trent 900, serta memiliki suku cadang sebanyak 4 juta unit.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura I (Persero) tengah bersiap menyambut kedatangan pesawat penumpang komersial terbesar di dunia, Airbus A380 yang berangkat dari Dubai, Uni Emirat Arab. Menurut jadwal, pesawat milik maskapai Emirates ini akan mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada Kamis, 1 Juni 2023 pukul 16.20 WITA.

"Sudah siap menjadi bagian dari sejarah aviasi Indonesia? Untuk pertama kalinya, Indonesia akan kedatangan pesawat komersil yang menyangkut penumpang terbesar milik Emirates yaitu Airbus Seri A380 di bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada 1 Juni 2023," tulis AP I melalui akun Instagram @ap_airports, dikutip Kamis (1/6/2023).

Secara ukuran, A380 memiliki bentang sayap Hinga 79,8 meter dengan panjang badan pesawat 72,7 meter. Pesawat ini memiliki tinggi 24,1 meter dan ditenagai oleh mesin GP7200 RR Trent 900, serta memiliki suku cadang sebanyak 4 juta unit. 

"Pesawat Airbus A380 memiliki panjang setara dua paus biru yang diajarkan dan tinggi lima jerapah," sebut Angkasa Pura I.

Kapal terbang ini juga memiliki jarak maksimal (maximum range) hingga 15.000 km, dengan kecepatan mencapai 0,85 mach. Pesawat ini terbang di ketinggian 43.100 kaki. 

Tak main-main, pesawat ini memiliki kapasitas penumpang maksimal hingga 600 orang lebih. Emirates A380 sendiri terdiri dari tiga kelas. Pertama 4 class fleet configuration (484), yang terdiri dari 14 first class, 76 business class, 56 premium economy, dan 338 economy class. 

Lalu, 3 class fleet configuration (489/517), dengan 14 first class, 76 business class, 399/427 economy class. Kemudian 2 class fleet configuration (615), dengan 58 business class dan 557 economy class. 

"Pesawat ini juga dilengkapi beberapa fasilitas yang menunjang kenyamanan, seperti spa, kursi kelas eksekutif dengan pintu dan jendela sehingga lebih private, dan onboard lounge," kata AP I. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bandara Ngurah Rai Bersiap Sambut Pesawat Komersil Terbesar di Dunia

Sebelumnya, Bandara Ngurah Rai Bali tengah bersiap menghadapi kedatangan pesawat komersial terbesar di dunia. Pesawat tersebut adalah Airbus A380 milik maskapai Emirates. Pesawat ini yang memiliki kapasitas 600 orang ini dijadwalkan tiba di Bandara Ngurah Rai pada Juni 2023.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) M. Kristi Endah Murni menjelaskan, Kemenhub dan otoritas Bandara Ngurah Rai saat ini tengah menyiapkan rencana operasional yang baik untuk melancarkan take off dan landing Airbus A380 ini.

"Karena kapasitas pesawat ini besar sekali dan dimensi pesawat terdiri dari dua lantai, maka membutuhkan waktu handling dan equipment yang berbeda dengan pesawat lainnya,” ujar Kristi, dikutip pada Selasa (31/1/2023).

Dalam rangka persiapan, Kantor Otoritas Bandar Udara (OBU) Wilayah IV Bali telah melakukan koordinasi dengan pengelola bandara yaitu PT. Angkasa Pura I dan pihak terkait lainnya. Sejumlah persiapan yang dilakukan diantaranya yaitu: penanganan ground handling, garbarata, pengisian bahan bakar, Custom, Immigration and Quarantine (CIQ).

Persiapan lainnya yaitu unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran(PK-PPK), dan penanganan penumpang.

“Kami juga harus memastikan kesiapan alternate aerodrome yaitu bandara alternatif terdekat yang mampu menampung pesawat A380, apabila terjadi gangguan di Bandara Ngurah Rai,” ucap Kristi.

 

3 dari 3 halaman

Fasilitas Lengkap

Selain itu, Ditjen Hubud juga menyiapkan tim penilai yang akan turun langsung memastikan persiapan pengoperasian dan melakukan penilaian terhadap sandard operating procedure (SOP) yang dibuat oleh pengelola Bandara Ngurah Rai yaitu PT. Angkasa Pura I.

Kristi berharap, semua persiapan di Bandara I Gusti Ngurah Rai dapat diselesaikan sebelum pengoperasian pesawat Airbus A380 di bulan Juni 2023 nanti.

“Kami harus pastikan semua fasilitas sudah lengkap agar operasi penerbangan dan pelayanan berjalan selamat, aman, dan nyaman,” tegas Kristi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini