Sukses

Ragam Varietas Unggulan Unjuk Gigi di Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan Nasional ke-8

Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan Nasional ke-8 menjadi momentum pengenalan varietas-varietas unggul baru kepada para petani.

Liputan6.com, Yogyakarta Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan menyelenggarakan Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan Nasional ke-8. Kegiatan yang memiliki tujuan untuk pengenalan varietas-varietas unggul baru kepada para petani ini berlangsung di Jogja Agro Park, Kulonprogo, DI. Yogyakarta, pada 29-31 Mei 2023.

Selain itu, event ini juga dimaksudkan sebagai wahana tukar Informasi serta transfer teknologi perbenihan untuk peningkatan produksi dan produktivitas. 

Dalam sambutannya melalui virtual, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwa acara gebyar perbenihan tanaman pangan ini merupakan satu langkah di dalam memantapkan gerakan mengoptimalisasi pertanian indonesia  dari semua tingkatan yang ada. 

Ia berharap kegiatan ini dapat menyatukan gerak langkah semua pihak di dalam mencoba menemukan teknologi benih terutama dalam menghadapi tantangan climate change, El Nino serta ancaman krisis pangan global. 

"Kita bisa bayangkan bahwa kita membutuhkan makanan yang sangat banyak, Oleh karena itu kita membutuhkan kualitas benih yang bisa lebih unggul, terus maju, berkembang dan makin modern, tidak hanya terpaku dengan benih yang ada sekarang tapi kita harus melakukan terobosan-terobosan benih yang lebih baik," ungkap Mentan SYL.

Indonesia sebagai negara besar dengan penduduk 280 juta orang, kata Mentan SYL, tidak boleh terganggu sangat signifikan dari kondisi yang ada.

“Jawabannya satu, kita terus bergerak dan terus maju berkembang. Dan ini hanya ada kalau kebersamaan, antisipasi dan mitigasi terhadap apa yang menjadi kebutuhan kita untuk menjawab tantangan itu bisa dilakukan khususnya di dalam menyiapkan varietas-varietas yang tentu saja tahan kekeringan, tahan cuaca bahkan tahan hama yang pasti saja kita hadapi kedepan," Mentan SYL menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbenihan di DI Yogyakarta

Sementara itu, Asisten Sekretariat Daerah DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan Tri Saktiyana, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kementerian Pertanian yang telah berkenan mengadakan kegiatan Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan ini. 

"Kami dan semua jajaran Pemerintah Kabupaten Kulon Progo serta Pemerintah Daerah DI. Yogyakarta menyampaikan terima kasih dan menyambut dengan sangat bangga dan antusias yang seluruh rekan-rekan dari seluruh provinsi bisa rawuh Hadir semua di tempat ini," ujar Tri Saktiyana.

Selanjutnya, ia menyampaikan beberapa hal yang menjadi atensi Gubernur DI. Yogyakarta menurutnya ada 5 hal yang menyebabkan perbenihan ini masih perlu kita perhatikan bersama.

Pertama, lambatnya diseminasi informasi dan kurangnya sosialisasi. Kedua, ketidak sesuaian dengan selera petani. Ketiga, faktor tempat. Keempat, keterbatasan ketersediaan benih dan yang terakhir adalah kemampuan daya beli petani terhadap benih.

3 dari 4 halaman

Tampilkan 139 Varietas Tanaman Pangan

Di tempat yang sama, Direktur Perbenihan Tanaman Pangan, Yudi Sastro, menjelaskan kegiatan Gebyar Perbenihan kali ini mengusung tema "Memasyarakatkan Kemandirian Benih Tanaman Pangan Untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan Yang Maju, Mandiri dan Modern.

"Acara Gebyar Perbenihan kali ini juga akan menampilkan berbagai Gelar Teknologi Perbenihan, berbagai forum diskusi, job fair serta berbagai lomba menarik baik untuk Pengawas Benih Tanaman (PBT), produsen benih maupun masyarakat umum," ujar Yudi.

Dalam gelar teknologi perbenihan, Yudi mengatakan event ini akan menampilkan 139 varietas tanaman pangan baik varietas unggul maupun varietas lokal, kultur jaringan, teknologi Padi Apung, Surjan dan Mina Padi.

"Selain itu akan diramaikan berbagai acara menarik lainnya, Forum diskusi, sharing session tentang peluang usaha di industri benih serta tak ketinggalan Job Fair menjadi salah satu event yang menarik bagi generasi milenial,” kata Yudi.

4 dari 4 halaman

Inovasi Pertanian dari Hulu hingga Hilir

Secara terpisah, Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Suwandi mengatakan forum ini terbuka untuk semua segmen pertanian yang ada, termasuk penyedia-penyedia bibit unggul bahkan di sini terbuka investasi untuk benih-benih yang terbaik tentu yang perlu diuji. 

Menurutnya, pengujian-pengujian benih ini harus cepat tapi tetap cermat, tetap akurat sehingga kita tidak hanya memberi sertifikasi tetapi sertifikasi yang betul-betul terjamin sesuai dengan format-format yang ada.

"Saya berharap itu dapat menjadi pemicu semangat kita bersama untuk terus melakukan inovasi dan terobosan baru di bidang pertanian dan sesuai arahan Bapak Menteri Pertanian, Profesor Syahrul Yasin Limpo, seluruh jajaran Kementerian Pertanian baik di pusat maupun daerah harus terus berinovasi dari hulu hingga hilir sehingga pertanian indonesia bisa maju, mandiri dan modern," ujar Suwandi.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini