Sukses

Sederet Hasil Negosiasi Perjanjian Rantai Pasokan IPEF di Detroit AS

Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) Ministerial Conference telah diselenggarakan pada tanggal 26-27 Mei 2023 di Detroit, Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) Ministerial Conference telah diselenggarakan pada tanggal 26-27 Mei 2023 di Detroit, Amerika Serikat.

IPEF merupakan pertemuan Tingkat Menteri antara 14 negara mitra yang telah tergabung dalam Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) – yang mewakili lebih dari 40 persen ekonomi dunia dan 28 persen perdagangan barang dan jasa secara global.

Dilansir dari web resmi Departemen Perdagangan Amerika Serikat, commerce.gov, Minggu (28/5/2023), 14 mitra Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) yakni Australia, Brunei Darussalam, Fiji, India, india, Jepang, Republik Korea, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Thailand, Amerika Serikat, dan Vietnam mengumumkan kesimpulan substansial dari negosiasi Perjanjian Rantai Pasokan IPEF internasional.

Perjanjian yang diusulkan bertujuan untuk meningkatkan ketahanan, efisiensi, produktivitas, keberlanjutan, transparansi, diversifikasi, keamanan, keadilan, dan inklusivitas rantai pasokan mereka melalui kegiatan kolaboratif dan tindakan individu yang diambil oleh masing-masing mitra IPEF.

Sebelumnya, pada IPEF di Tokyo, Jepang pada 23 Mei 2022, dan sejak dikeluarkannya Pernyataan Menteri IPEF pada 9 September 2022, para mitra IPEF telah bekerja secara konstruktif, termasuk melalui empat putaran negosiasi tatap muka, beberapa negosiasi antarsesi virtual pertemuan, dan berbagai pertemuan bilateral.

Mitra IPEF akan melakukan langkah-langkah yang diperlukan, termasuk konsultasi domestik lebih lanjut dan tinjauan hukum, untuk menyiapkan teks akhir dari Perjanjian Rantai Pasokan IPEF yang diusulkan. Setelah diselesaikan, Perjanjian yang diusulkan akan tunduk pada proses domestik mitra IPEF untuk penandatanganan, diikuti dengan ratifikasi, penerimaan, atau persetujuan.

Para mitra IPEF berkomitmen untuk bekerja menuju realisasi awal kerjasama yang diharapkan berdasarkan Perjanjian Rantai Pasokan IPEF yang diusulkan, termasuk terlibat dengan bisnis dan memanfaatkan bantuan teknis dan pembangunan kapasitas untuk meningkatkan investasi di sektor-sektor penting, barang-barang utama, infrastruktur fisik dan digital, transportasi, dan proyek tenaga kerja.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerangka Kerja

Di bawah Perjanjian Rantai Pasokan IPEF yang diusulkan, mitra IPEF berusaha untuk menyediakan kerangka kerja untuk membangun pemahaman kolektif mereka tentang risiko rantai pasokan yang signifikan, didukung oleh identifikasi dan pemantauan masing-masing mitra atas sektor-sektor penting dan barang-barang utamanya sendiri.

Kemudian, meningkatkan koordinasi dan respons krisis terhadap gangguan rantai pasokan dan bekerja sama untuk mendukung pengiriman barang yang terkena dampak secara tepat waktu selama krisis.

Lalu memastikan bahwa pekerja dan bisnis, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah, di ekonomi mitra IPEF mendapatkan manfaat dari rantai pasokan yang tangguh, kuat, dan efisien dengan mengidentifikasi gangguan atau potensi gangguan dan merespons dengan cepat, efektif, dan, jika memungkinkan, secara kolektif.

Selanjutnya, mempersiapkan bisnis dengan lebih baik di ekonomi mitra IPEF untuk mengidentifikasi, mengelola, dan mengatasi kemacetan rantai pasokan, termasuk dengan memperkuat logistik dan infrastruktur rantai pasokan.

Mitra IPEF juga harus memfasilitasi kerja sama, memobilisasi investasi, dan mempromosikan transparansi peraturan di sektor dan barang yang penting bagi keamanan nasional, kesehatan dan keselamatan publik, atau pencegahan gangguan ekonomi yang signifikan atau meluas;

Selain itu, mitra IPEF juga harus menghormati, mempromosikan, dan mewujudkan, dengan itikad baik, hak-hak tenaga kerja dalam rantai pasokan mitra IPEF, sebagai pengakuan atas peran penting pekerja dalam mencapai ketahanan rantai pasokan yang lebih besar.

Disisi lain, juga harus memastikan ketersediaan pekerja terampil dalam jumlah yang cukup di sektor-sektor penting dan barang-barang utama, termasuk dengan meningkatkan dan meningkatkan keterampilan pekerja, mempromosikan inklusivitas dan akses yang setara, dan meningkatkan keterbandingan kerangka kredensial keterampilan;

Mitra IPEF juga harus bisa mengidentifikasi peluang untuk bantuan teknis dan peningkatan kapasitas dalam memperkuat rantai pasokan mitra IPEF.

Serta bisa menghormati prinsip-prinsip pasar, meminimalkan distorsi pasar, termasuk pembatasan dan hambatan yang tidak perlu untuk berdagang, dan melindungi informasi rahasia bisnis.

 

3 dari 3 halaman

Pembentukan 3 Badan Rantai Pasokan IPEF

Untuk mendukung upaya ini, Perjanjian Rantai Pasokan IPEF yang diusulkan mempertimbangkan pembentukan tiga badan Rantai Pasokan IPEF baru untuk memfasilitasi kerja sama di antara mitra IPEF dalam masalah rantai pasokan, diantaranya:

Pertama, Dewan Rantai Pasokan IPEF: Perjanjian yang diusulkan akan membentuk mekanisme bagi mitra IPEF untuk bekerja secara kolaboratif untuk mengembangkan rencana aksi sektor-spesifik untuk sektor-sektor penting dan barang-barang utama untuk meningkatkan ketahanan rantai pasokan mitra IPEF, termasuk melalui diversifikasi sumber, infrastruktur dan pengembangan tenaga kerja, peningkatan konektivitas logistik, pencocokan bisnis, penelitian dan pengembangan bersama, dan fasilitasi perdagangan.

Kedua, jaringan Penanggulangan Krisis Rantai Pasokan IPEF: Perjanjian yang diusulkan akan membentuk saluran komunikasi darurat bagi mitra IPEF untuk mencari dukungan selama gangguan rantai pasokan dan untuk memfasilitasi berbagi informasi dan kolaborasi di antara mitra IPEF selama krisis, memungkinkan lebih cepat dan lebih efektif respon yang meminimalkan efek negatif pada ekonomi mereka.

Ketiga, Dewan Penasihat Hak Buruh IPEF: Perjanjian yang diusulkan akan membentuk dewan penasehat baru, yang terdiri dari perwakilan pemerintah, pekerja, dan pengusaha, serta sub komite yang terdiri dari perwakilan pemerintah, untuk mendukung promosi hak-hak buruh mitra IPEF dalam pasokan mereka rantai, promosi perdagangan dan investasi yang berkelanjutan, dan fasilitasi peluang investasi di bisnis yang menghormati hak-hak buruh.

Dengan demikian, Mitra IPEF berkomitmen untuk mengoperasionalkan Perjanjian penting ini sesegera mungkin, termasuk memulai pekerjaan persiapan, untuk mendukung rantai pasokan yang tangguh sambil mengenali karakteristik ekonomi dan geografis yang berbeda dari para mitra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini