Sukses

Hasil Pertemuan Tingkat Menteri Negara Anggota IPEF, Berikut Rinciannya

Mitra IPEF pun merilis ringkasan pertemuan tingkat menteri untuk Pilar I, III, dan IV.

Liputan6.com, Jakarta Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) telah diluncurkan pada Mei 2022. Mitra IPEF pun merilis ringkasan pertemuan tingkat menteri untuk Pilar I, III, dan IV.  Lalu apa saja yang menjadi kesepakatan, disimak rinciannya, melansir laman commerce.gov, Sabtu (28/5/2023):

Pilar I (Perdagangan)

Amerika Serikat, Australia, Brunei Darussalam, Fiji, Indonesia, Jepang, Republik Korea, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Thailand, dan Viet Nam membahas status negosiasi dan langkah selanjutnya untuk melanjutkan pekerjaan mereka untuk mencapai hasil nyata yang kuat hasil dan manfaat bagi perekonomian kita. 

Dikutip dari web resmi pemerintah Amerika Serikat, commerce.gov, Mitra Pilar Perdagangan menegaskan komitmen mereka untuk berupaya menyusun komitmen perdagangan berstandar tinggi, inklusif, bebas, adil, dan terbuka yang dibangun di atas sistem perdagangan multilateral berbasis aturan. 

Mereka akan berusaha untuk mengembangkan pendekatan baru dan kreatif terhadap kebijakan perdagangan dan teknologi yang memajukan serangkaian tujuan yang luas dan yang mendorong kegiatan ekonomi dan menghasilkan investasi; mendorong pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang tangguh, berkelanjutan, dan inklusif; dan menguntungkan pekerja, konsumen, Masyarakat Adat, komunitas lokal, perempuan, dan perusahaan, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

Melalui negosiasi intensif para mitra IPEF selama beberapa bulan terakhir ini, mereka telah memajukan negosiasi menuju komitmen ambisi yang tinggi di seluruh Pilar Perdagangan. Menyadari perbedaan tingkat pembangunan ekonomi dan kendala kapasitas, mitra Pilar Perdagangan berkomitmen untuk mempertimbangkan fleksibilitas, jika sesuai, dan bekerja sama dengan mitra dalam menyediakan bantuan teknis dan peningkatan kapasitas. 

Mereka mencatat bahwa kemajuan substansial telah dibuat sehubungan dengan teks bab Bantuan Teknis dan Kerjasama Ekonomi. mereka telah memajukan negosiasi menuju komitmen ambisi tinggi di seluruh Pilar Perdagangan. 

Menyadari perbedaan tingkat pembangunan ekonomi dan kendala kapasitas, mitra Pilar Perdagangan berkomitmen untuk mempertimbangkan fleksibilitas, jika sesuai, dan bekerja sama dengan mitra dalam menyediakan bantuan teknis dan peningkatan kapasitas. 

Mereka mencatat bahwa kemajuan substansial telah dibuat sehubungan dengan teks bab Bantuan Teknis dan Kerjasama Ekonomi. mereka telah memajukan negosiasi menuju komitmen ambisi tinggi di seluruh Pilar Perdagangan. 

Menyadari perbedaan tingkat pembangunan ekonomi dan kendala kapasitas, mitra Pilar Perdagangan berkomitmen untuk mempertimbangkan fleksibilitas, jika sesuai, dan bekerja sama dengan mitra dalam menyediakan bantuan teknis dan peningkatan kapasitas. Mereka mencatat bahwa kemajuan substansial telah dibuat sehubungan dengan teks bab Bantuan Teknis dan Kerjasama Ekonomi. 

Para mitra berharap dapat melanjutkan pekerjaan mereka untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang kondusif untuk memperluas akses ke peluang bagi pekerja, perusahaan, dan masyarakat di pasar mereka, meningkatkan arus perdagangan dan investasi di antara ekonomi mereka, meningkatkan standar, dan mengurangi hambatan perdagangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pilar III (Ekonomi Bersih)

Amerika Serikat, Australia, Brunei Darussalam, Fiji, India, india, Jepang, Republik Korea, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Thailand, dan Viet Nam membahas status negosiasi dan menyambut baik kemajuan yang dicapai hingga saat ini. Konsisten dengan Pernyataan Menteri September 2022 yang menetapkan ruang lingkup negosiasi, mitra IPEF sedang menjajaki cara untuk mengejar tujuan iklim masing-masing. 

Bersama-sama, mereka akan memajukan kerja sama dalam penelitian, pengembangan, komersialisasi, ketersediaan, aksesibilitas, dan penerapan energi bersih dan teknologi ramah iklim, serta memfasilitasi investasi untuk proyek terkait iklim di wilayah tersebut. Mitra IPEF akan mencapai ini dengan menghubungkan pasar melalui kebijakan dan standar, memastikan bahwa energi berkelanjutan, tangguh, andal, dan terjangkau, dan mempromosikan barang dan jasa rendah dan nol emisi. 

Sejauh ini, para mitra IPEF telah mengajukan berbagai ide dan pendekatan inovatif untuk mempercepat transisi menuju ekonomi bersih. Menyadari pentingnya memberikan hasil ekonomi yang konkret, mitra IPEF secara bersamaan mengidentifikasi dan mengembangkan inisiatif dan proposal untuk memajukan kerja sama di bidang-bidang utama yang sangat penting untuk mewujudkan jalur unik mereka menuju ekonomi nol emisi bersih, sambil mengakui keadaan nasional yang unik dari masing-masing mitra IPEF termasuk kebutuhan pengembangannya. 

Dalam semangat ini, mitra IPEF yang tertarik memperkenalkan inisiatif hidrogen regional untuk mendorong penerapan hidrogen rendah karbon dan terbarukan secara luas serta turunannya di wilayah tersebut.

 Para mitra IPEF tersebut menantikan kolaborasi, termasuk dengan memanfaatkan keahlian dari sektor publik dan swasta, yang memperluas investasi baru, industrialisasi dan kesempatan kerja, serta mendorong inovasi dan produktivitas, dalam memetakan jalur mereka masing-masing menuju ekonomi nol emisi bersih. Mitra IPEF lainnya dapat bergabung dalam inisiatif ini jika siap melakukannya. 

Para mitra IPEF berharap dapat mempromosikan transisi yang adil melalui penciptaan pekerjaan yang layak, pekerjaan berkualitas, dan hak-hak pekerja berdasarkan Deklarasi ILO dan menjajaki bidang kolaborasi lain di masa depan saat negosiasi berlanjut. Untuk memajukan kerjasama,

 

3 dari 3 halaman

Pilar IV (Ekonomi Berkeadilan)

Australia, Brunei Darussalam, Fiji, India, india, Jepang, Republik Korea, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Thailand, Amerika Serikat dan Viet Nam membahas status negosiasi dan menyambut baik kemajuan yang dicapai sampai saat ini untuk bertemu Tujuan Pilar IV untuk menerapkan dan mempercepat kemajuan langkah-langkah antikorupsi dan inisiatif pajak secara efektif, termasuk melalui peningkatan kerja sama dalam peningkatan kapasitas dan bantuan teknis. 

Para mitra IPEF telah membuat kemajuan yang baik menuju pengembangan teks kesepakatan yang akan memperkuat penerapan langkah-langkah antikorupsi dan pajak yang efektif untuk meningkatkan perdagangan, perdagangan, dan investasi di antara ekonomi IPEF.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.