Sukses

Harga Emas Merosot ke Level Terendah 2 Bulan, Saatnya Beli?

Harga emas merosot ke level terendah dalam dua bulan pada hari Kamis karena optimisme seputar pembicaraan plafon utang AS.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas merosot ke level terendah dalam dua bulan pada hari Kamis karena optimisme seputar pembicaraan plafon utang AS. Hal ini menurunkan permintaan safe-haven untuk emas batangan dan data ekonomi yang kuat memicu taruhan kenaikan suku bunga lainnya oleh Federal Reserve.

Dikutip dari CNBC, Jumat (26/5/2023), harga emas di pasar spot turun 0,6 persen menjadi USD 1.944,45 per ons, mencapai level terendah sejak 22 Maret. turun hampir 1 persen menjadi USD 1.946,10.

Gedung Putih dan negosiator Republik membuat beberapa kemajuan dalam pembicaraan utang AS larut malam mengenai peningkatan plafon utang, kata Kevin McCarthy dari Partai Republik di Kongres.

"Ini pukulan satu-dua untuk emas ... jika kesepakatan dilakukan selama akhir pekan, maka itu akan menghilangkan risiko terbesar," kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA.

Harga emas memperpanjang penurunan setelah perkiraan yang direvisi menunjukkan produk domestik bruto AS meningkat pada tingkat tahunan 1,3 persen pada kuartal terakhir, naik dari perkiraan laju 1,1 persen bulan lalu.

"Putaran data ekonomi yang cukup mengesankan menunjukkan ekonomi ini masih menunjukkan ketahanan yang begitu besar...argumen untuk kemungkinan memberikan kenaikan suku bunga lagi meningkat di sini," tambah Moya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peluang Suku Bunga AS

Pedagang melihat pengukur inflasi yang disukai Fed, indeks pengeluaran konsumsi pribadi inti (PCE), yang akan dirilis Jumat.

Pasar sekarang menghargai peluang 41 persen dari kenaikan 25 basis poin pada bulan Juni, melihat pemotongan paling cepat dari bulan September, menurut alat CME FedWatch.

Emas, aset yang tidak memberikan imbal hasil, cenderung kehilangan daya tarik dalam lingkungan suku bunga tinggi.

 

3 dari 3 halaman

Kenaikan Dolar AS

Dolar AS naik ke level tertinggi sejak pertengahan Maret, membuat emas kurang menarik bagi pembeli luar negeri, sementara imbal hasil Treasury mendekati level tertinggi yang terlihat pada 13 Maret.

Emas "benar-benar melihat hal-hal melalui lensa dolar," kata analis independen Ross Norman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini