Sukses

Lokasi Jalan-Jalan Delegasi KTT ASEAN 2023 saat di Labuan Bajo, Lihat Komodo hingga Naik Pinisi

Untuk destinasi wisata yang berada di wilayah daratan atau tidak perlu menyeberang pulau, para delegasi PTT ASEAN 2023 dapat mengunjungi Goa Batu Cermin, Goa Rangko, Waterfront dan Puncak Waringin.

Liputan6.com, Jakarta - KTT ASEAN 2023 siap digelar pada 9 sampai 11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Delegasi negara-negara anggota ASEAN dan juga mitra akan berkumpul membahas berbagai permasalahan politik, ekonomi, dan sosial.

Disela-sela acara konferensi, delegasi KTT ASEAN 2023 juga akan diajak jalan-jalan untuk menikmati keindahan alam Labuan Bajo. Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah telah menyiapkan beberapa lokasi untuk dikunjungi. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT Sony Libing mengatakan, para delegasi KTT ASEAN 2023 akan diajak jalan-jalan ke Pulau Komodo, Pulau Rinca, berlayar dengan kapal pinisi hingga Batu Cermin.

"Nanti mereka bisa menikmati keindahan Labuan Bajo di atas kapal pinisi, Pulau Rinca yang paling dekat atau kalau ada yang mau ke Pulau Padar atau Pink Beach bisa jadi," ujar Sony dikutip dari Antara, Kamis (4/5/2023).

Sony mengatakan terdapat beberapa destinasi wisata yang telah disiapkan untuk kunjungan para delegasi KTT ASEAN seperti Pulau Komodo, Manta Point serta Pulau Kalong.

Untuk destinasi wisata yang berada di wilayah daratan atau tidak perlu menyeberang pulau, para delegasi dapat mengunjungi Goa Batu Cermin, Goa Rangko, Waterfront dan Puncak Waringin.

"Kalau nanti mau menikmati pegunungan, bisa bergeser sekitar 3 jam ke Wae Rebo, mereka bisa menikmati desa yang luar biasa di puncak gunung, atau Pulau Mules itu sangat indah, pasar putih," kata Sony.

Dua Hotel untuk Gelaran KTT ASEAN 2023 

Perhelatan KTT ASEAN akan berlangsung di dua tempat yakni Hotel Meruorah dan Hotel Ayana. Presiden Joko Widodo dijadwalkan melakukan perjalanan bersama para delegasi dengan kapal pinisi sambil menikmati kopi.

Menurut Sony, setiap negara memiliki rencana perjalanan masing-masing. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif hanya memberikan rekomendasi dan memfasilitasi rombongan yang akan berkunjung.

"Nanti Filipina mau ke mana, Kamboja mau ke mana. Mereka enggak bareng-bareng, istri-istrinya juga nanti ada program ke mana," kata Sony.

Sony menyampaikan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT telah melakukan berbagai persiapan mulai dari infrastruktur, ketersediaan air minum, listrik, toilet hingga jaringan internet di lokasi wisata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

KTT ASEAN Labuan Bajo, Media Asing Bakal Nginep di Kapal Pelni KM Sinabung

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan bakal menyiapkan KM Sinabung selama gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean ke-42 di Labuan Bajo, 9-11 Mei 2023 mendatang. Kapal laut berukuran besar milik PT Pelni ini akan menjadi fasilitas akomodasi atau tempat menginap bagi wartawan media asing KTT ASEAN 2023.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha, kapal KM Sinabung rencananya akan sandar di Dermaga Waterfront Labuan Bajo pada tanggal 7-12 Mei 2023. Nantinya akan diprioritaskan untuk menampung tamu asing yang terdiri dari wartawan/media asing yang tidak mendapatkan akomodasi di Labuan Bajo.

“Kapal Sinabung memiliki panjang 150 m dan kapasitas untuk menampung kurang lebih 2.000 pax. Kapal ini akan disandarkan bersebelahan dengan kapal KRI yang difungsikan sebagai RS Terapung/Emergency di Dermaga Waterfront Labuan Bajo,” terang Arif dalam keterangannya, Selasa (2/5/2023).

Untuk memastikan pelayanan, Ditjen Perhubungan Laut terus melakukan persiapan, baik dari sisi keselamatan, keamanan pelayaran, kenyamanan maupun ketersediaan fasilitas pelabuhan.

Dirjen Arif telah menginstruksikan Kepala Kantor KSOP Kelas III Labuan Bajo untuk mempersiapkan sarana dan prasarana Pelabuhan. Antara lain fasilitas Pelabuhan, dermaga sandar, dan Gedung Terminal Penumpang untuk dijadikan sebagai Command Centre.

“Selain itu, kami juga menyediakan area khusus di Terminal Waterfront untuk dijadikan tempat pameran UMKM yang dapat menampung total 45 booth baik secara indoor maupun outdoor,” jelas Arif.

Adapun terkait kelancaran dan keamanan pelayaran, Arif menambahkan pihaknya telah mengatur mekanisme alur keluar masuk Pelabuhan Labuan Bajo.

“Pada area kolam putar dan kolam bandar, kami akan melakukan penertiban terhadap kapal-kapal yang labuh jangkar dan mooring di area sekitar Pelabuhan Labuan Bajo,” ungkapnya.

 

3 dari 3 halaman

Hotel Ayana Komodo Jadi Lokasi Welcoming Dinner Para Delegasi KTT ASEAN ke-42

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menyambut para delegasi negara anggota asing.

Salah satu agenda yang akan dijadwalkan bagi para delegasi asing adalah acara "Welcoming Dinner", dimana mereka akan menikmati makan malam sambil menyaksikan penampilan kebudayaan nusantara.

Acara ini akan diselenggarakan di Ayana Komodo Resort, pada tanggal 10 Maret 2023 pukul 19.00 WITA.

Hingga saat ini, persiapan di lokasi masih terus dilakukan sebelum menyambut kedatangan para delegasi.

Menurut pantauan Liputan6.com di lokasi, acara "Welcoming Dinner" KTT ASEAN akan diadakan di area kolam renang hotel dengan pemandangan menghadap ke arah pulau-pulau di Labuan Bajo.

Terkait hidangan yang akan disajikan, pihak penanggung jawab acara "Welcoming Dinner" mengatakan bahwa jenis makanan yang akan dihidangkan adalah makanan nusantara. Namun, untuk menu makanannya masih belum dapat diinformasikan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.