Sukses

Semburan Api di Rest Area Cipali Bukan dari Pipa Gas Pertamina

Semburan api tiba-tiba muncul dari dalam tanah Rest Area KM 86 Tol Cipali Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang, Rabu (26/4/2023) pagi.

Liputan6.com, Jakarta Semburan api tiba-tiba muncul dari dalam tanah Rest Area KM 86 Tol Cipali Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang, Rabu (26/4/2023) pagi. Sumber api di rest area Tol Cipali itu diketahui berasal dari galian sumur yang diduga mengandung gas

Menanggapi adanya pemberitaan tersebut, PT Pertamina (Persero) mengklaim sumber api tersebut bukan berasal dari proyek atau pipa gas milik perusahaan.

Pertamina, melalui subholding Gas Pertamina Gas Negara dan Pertagas, serta Pertamina EP sudah melakukan pengecekan bahwa tidak ada sama sekali fasilitas milik Pertamina Group di lokasi tersebut.

“Setelah dicek di lapangan, dapat kami pastikan api tersebut bukan berasal dari pipa gas atau fasilitas milik Pertamina,” ucap VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso, di Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Bahkan, Pertamina justru turut membantu upaya pemadaman semburan api di lokasi tersebut bersama petugas terkait. “Kami membantu untuk memadamkan api bersama petugas terkait seperti pemadam kebakaran, dan petugas terkait lainnya,” ucap Fadjar.

Pertamina mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap pemberitaan yang belum tentu benar informasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semburan Api di Rest Area 86 Tol Cipali Diduga Akibat Kebocoran Gas Alam

Api tiba-tiba menyembur dari dalam tanah Rest Area KM 86 Tol Cipali Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang, Rabu (26/4/2023) pagi tadi. Sumber api di rest area Tol Cipali itu diketahui berasal dari galian sumur yang diduga mengandung gas.

"Bukan ledakan, tetapi ada gas keluar dari sumur bor dan menyemburkan api," kata Kainduk PJR Tol Cipali Ipda Raden Nugraha saat dihubungi, Rabu (26/4/2023).

Dia mengatakan, semburan api awalnya terlihat sekitar pukul 09.00 WIB. Awalnya, dari galian itu sempat keluar air. Namun, seiring waktu api muncul.

"Pagi sekitar jam 09.00 WIB. Bukan pipa gas, tapi gas alam pertamanya menyemburkan air," ujar Raden Nugraha.

Dalam kejadian ini, dia memastikan tidak ada korban jiwa. Sementara proses penanggulangan semburan api masih dalam proses penutupan oleh Pertamina sampai sore hari.

"Lagi perbaikan saluran air akan mengganti mesin pompa. Enggak ada (korbab) kan itu kaheap bahasa sunda na mah. Belum padam, kan gas yang keluarnya api dari gas. Iya masih lagi ditangani tim sama Pertamina juga ada di sini," kata Raden Nugraha.

3 dari 3 halaman

Ditutup Sementara

Atas adanya insiden semburan api ini, kata Reden, pihaknya telah memutuskan menutup sementara Rest Area KM 86 Tol Cipali arah Jakarta. Demi mencegah keramaian masyarakat dalam arus balik hari ini.

"Ditutup karena takutnya ngerembet ke mana-mana. (Lalin) aman lancar," tutur Raden Nugraha.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.