Sukses

Mengenal Filosofi Masjid At-Thohir, Warna Putih dan Punya Banyak Kubah

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap filosofi dari desain bangunan Masjid At-Thohir di Cimanggis, Depok. Menurutnya, ada poin unik dan penting dari desain yang diterapkan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap filosofi dari desain bangunan Masjid At-Thohir di Cimanggis, Depok. Menurutnya, ada poin unik dan penting dari desain yang diterapkan.

Melalui unggahan di Instagram pribadinya, Erick Thohir mengaku sering mendapat pertanyaan soal filosofi desain. Termasuk maksud dari jumlah kubah yang ada di masjid yang diresmikan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu ini.

Erick memulai dengan menjelaskan soal warna putih yang dipilih sebagai warna inti Masjid At-Thohir. Menurutnya, itu sejalan dengan nama Thohir yang berarti bersih atau suci.

"Ini kalau dilihat, kenapa warna putih? Thohir, itu kan artinya juga bersih dan suci," ujarnya, dikutip Minggu (23/4/2023).

Selain itu, dia juga menjelaskan maksud dari jumlah kubah yang ada di atas masjid. Terlihat, ada satu kubah besar dan diiringi dengan tiga kubah berukuran lebih kecil.

"Lalu di atas masjid ada kubah-kubah, itu melambangkan tiga anak, lalu kubah yang besar melambangkan Bapak," ungkapnya.

"Masjidnya sendiri melambangkan ibu, ibu yang merangkul dan menjaga kita semua," sambung Erick.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wakaf Masyarakat

Lebih lanjut, Ketua Umum PSSI ini mengungkap kalau masjid yang dibangunnya ini bertujuan untuk dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Di sisi lain, sebagai bentuk upaya mengenang sosok almarhum ayahanda.

"Jadi, ini memang kita wakafkan untuk masyarkat sekitarnya tapi juga untuk mengenang Almarhum Bapak saya, H Mochamad Thohir," tuturnya.

Diketahui, Erick Thohir dan keluarga melaksanakan solat Idul Fitri di Masjid At-Thohir. Pada kesempatan itu, dia meminta tetap menjaga kerukunan ditengah berbagai perbedaan yang ada.

"Mari kita jaga kerukunan, perbedaan adalah sebuah keindahan. Dan inilah Indonesia yang kita cintai, ini yang kita harapkan, kita mempunyai negara yang makin besar dan InsyaaAllah maju," kata Erick Thohir.

 

3 dari 4 halaman

Pesan Erick Thohir

Umat Muslim di seluruh dunia tengah menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Berbagai sambutan, doa, dan harapan datang dari tokoh tokoh masyarakat, salah satunya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Melalui unggahan di laman Instagram pribadinya @erickthohir, Erick Thohir menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan menyerukan semangat baru yang penuh keberkahan.

"Tibalah kita di hari kemenangan. Awal untuk memperbaiki diri, memulai hidup dengan pola pikir dan perbuatan yang lebih baik dari sebelumnya," ucap Erick Thohir dalam video unggahan di Instagram, dikutip Sabtu (22/4/2023).

"Selamat Idul Fitri 1444 Hijriah. Mohon Maaf Lahir dan Batin," sambungnya.

"Tak ada momen yang lebih indah dari sanak saudara yang saling memaafkan di hari Lebaran," tulis Menteri BUMN dalam pesan terpisah.Salam untuk seluruh keluarga di rumah," tulisnya.

 

4 dari 4 halaman

Sapa Jemaah

Dalam unggahan terpisah, Erick Thohir juga membagikan momen ketika dia menjalankan ibadah shalat ied di masjid At Thohir di Cimanggis.

Potret momen tersebut juga menunjukkan momen Erick Thohir saat menyapa jemaah lainnya di masjid At Thohir.

"Taqabalallahu Minna Wa Minkum, sampai jumpa lagi bulan Ramadan. Selamat datang Hari Kemenangan," katanya.

"Dengan segenap kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.