Sukses

Intip Gaya Hidup 7 Miliarder dengan Arloji Mewahnya Berharga Fantastis, dari Pendiri Facebook hingga LVMH

Berikut ini tujuh miliarder terkaya di dunia yang menghabiskan uangnya untuk membeli jam tangan termahal.

Liputan6.com, Jakarta Dengan kekayaan yang mencapai miliaran dolar, orang terkaya di dunia menghabiskan uangnya untuk membeli barang-barang pribadi yang tentunya berharga fantastis. Mereka banyak mengoleksi barang salah satunya arloji atau jam tangan mewah yang harganya bukan kaleng-kaleng.

Seperti yang diketahui, Forbes baru-baru ini merilis daftar 10 miliarder dunia. Berdasarkan data teranyar, Bernard Arnault , Elon Musk, dan Jeff Bezos masuk ke dalam tiga besar orang terkaya di dunia berharta masing-masing USD 225,9 miliar, USD 202,4 miliar, dan USD 126,4 miliar.

Namun, miliarder yang senang memakai barang mewah khususnya jam tangan bukan hanya ketiga orang itu. Melansir South China Morning Post, Senin (10/4/2023), berikut ini tujuh miliarder terkaya di dunia yang menghabiskan uangnya untuk membeli jam tangan termahal.

7. Bill Gates – Tag Heuer Professional 2000

Harga: USD 1.400

Selama bertahun-tahun menjadi orang terkaya di dunia, Bill Gates tetap dikenal sebagai orang yang rendah hati. Untuk jam tangan, dia kebanyakan memakai Casio USD 50.

Namun, mengenai jam tangan mewah, ia pernah terlihat memakai Tag Heuer Professional 2000 di sebuah konferensi di Filipina. Watch Ranker melaporkan bahwa Gates mendorong hadirin konferensi untuk menebak harga jam tangan tersebut. Ketika salah satu peserta mendekati dengan tebakannya sebesar USD 600 - sebenarnya bernilai USD 1.400 - pendiri Microsoft itu kemudian menghadiahkan jam tangan mewah itu kepadanya.

Jam tangan ini memiliki case dan gelang stainless steel, dial biru dengan tangan baja dan penanda jam bercahaya. Selain itu, juga memiliki bezel berputar searah dengan angka Arab pada jam 12.

Dilaporkan terinspirasi oleh balap Formula Satu, arloji mewah ini juga tahan air hingga 200 meter, menjadikannya jam idel yang digunakan untuk berenang, snorkeling, dan scuba diving. Kesuksesan seri 2000 kemudian membuat Tag Heuer memproduksi seri 3000, 4000 dan 6000.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6. Jeff Bezos – Ulysse Nardin Dual Time

Harga: USD 12.900

Arloji pilihan pendiri Amazon bukanlah yang sangat jelas atau populer, tetapi dia dilaporkan telah memakai Ulysse Nardin Dual Time selama bertahun-tahun.

Arloji 42mm memiliki casing dan gelang baja tahan karat yang dipoles serta dial perak yang tajam dengan sub-dial biru serta jarum jam dan penanda jam yang bercahaya. Ini menggunakan gerakan otomatis UN-24 kaliber Swiss internal dengan cadangan daya 42 jam dan menampilkan fungsi GMT serta tahan air hingga 100 meter. Model yang dihentikan harganya USD 12.900, perkiraan Business Insider.

5. Carlos Slim – Rolex Daytona 116520

Harga: mencapai USD 35.000

Rolex Daytona tampaknya menjadi jam tangan pilihan bagi mogul bisnis Meksiko Carlos Slim Helú. Diluncurkan pada 2000 untuk menggantikan model Zenith Daytona yang legendaris, 116520 miliknya menampilkan kronograf pemuntir otomatis internal pertama dari merek tersebut, yang dianggap sebagai salah satu mesin jam kronograf produksi massal terbaik sepanjang masa, menurut The Watch Lounge.

Cangkang 40mm hadir dalam baja tahan karat dengan tali jam Oyster dan pelat jam hitam dengan tiga sub-dial untuk detik, menit, dan jam masing-masing pada pukul 3, 6, dan 9. Cadangan dayanya diratakan hingga 72 jam dari 54 jam di Zenith Daytona dan tahan air hingga 100 meter. Harganya mencapai USD 35.000 di pasar barang bekas.

4. Warren Buffett – Rolex Day Date

Harga: USD 42.000

Penggemar Rolex miliarder lainnya ialah ketua dan CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett. Orang tajir yang dijuluki "The Oracle of Omaha" ini memiliki berbagai model, tetapi biasanya lebih terlihat mengenakan Rolex Day Date klasik, menurut majalah Rolex.

Dikenal sebagai jam tangan "Presiden", arloji ini telah dipakai oleh mantan pemimpin Amerika dari Lyndon B. Johnson dan Gerald Ford hingga Donald Trump, menurut sumber yang sama. Jam tangan Warren Buffett terbuat dari kotak emas kuning 18k dengan bezel bergalur dan gelang Presiden yang ikonik. Pelat peraknya memiliki wajah khas jam tangan Rolex dengan logo mahkota emas kuning, jarum jam, dan penanda angka Romawi. Mesin ini ditenagai oleh gerakan mekanis kaliber 3255 pemuntir otomatis dari merek tersebut dan memiliki harga jual USD 40.200.

3 dari 3 halaman

3. Larry Ellison – Richard Mille RM005

 

Harga: USD 100.000-200.000

Taipan teknologi lainnya, Larry Ellison terlihat dengan jam tangan yang berbeda dari Rolex hingga Panerai. Namun, Richard Mille RM005 tampaknya menjadi jam tangan favorit dan paling berharganya.

Diluncurkan pada 2004, jam tangan ini menjadi model otomatis pertama merek tersebut dengan perubahan tanggal semi-instan. Ini menampilkan casing 37,8mm dalam emas putih 18k dengan dial kerangka khas merek dan tali jam kulit hitam.

Model ini juga meresmikan rotor variabel-geometri eksklusif, yang memungkinkan mekanisme putaran mesin kaliber 005 dioptimalkan dan disesuaikan dengan gaya hidup pemiliknya. Harganya bervariasi antara USD 100.000 dan USD 200.000, menurut Sotheby's.

2. Elon Musk – Richard Mille 029

Harga: mencapai 250.000

Richard Mille juga merupakan jam tangan pilihan pendiri Tesla dan SpaceX Elon Musk, menurut Superwatchman. Jam ini menjadi koleksi selain Carrera Calibre 1887 SpaceX Chronograph miliknya, sebuah kolaborasi SpaceX dengan Tag Heuer pada 2012.

Richard Mille 029 miliknya ditempatkan dalam casing dan bezel titanium abu-abu, dengan pelat jam hitam, jarum jam berwarna perak, dan tali karet hitam. Ini menggunakan gerakan berliku otomatis kerangka dengan jam, menit, detik, tampilan tanggal besar pada jam 4 dan rotor variabel-geometri.

Chrono24 memperkirakan bahwa nilai model ini dapat berkisar hingga hampir USD 500.000 untuk edisi bertabur berlian, dengan model "sehari-hari" yang disebutkan di atas masih bernilai USD 250.000 dalam kondisi mint.

1. Bernard Arnault – Tiffany Patek Philippe 5740

Harga: USD 6,5

Pria terkaya di dunia Bernard Arnault juga menempati posisi teratas untuk arlojinya. CEO konglomerat mewah Prancis LVMH memiliki selera fashion mewah karena menyukai koleksi Tiffany Patek Philippe Nautilus 5740 yang sangat langka, menurut Highsnobiety.

Arloji ini merupakan kombinasi dari Tiffany Patek Philippe 5711 dan Nautilus Perpetual Calendar 5740. Keduanya memadukan pelat jam pirus Tiffany yang khas dan penanda jam hitam-putih serta jarum jam dari 5711, dengan huruf sub-dial kalender perpetual hitam dan moonphase jendela 5740.

Pada Desember 2021, contoh pertama dari Tiffany Patek Philippe ini dilelang dengan harga USD 6,5 juta, lebih dari 120 kali lipat dari harga ecerannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.