Sukses

Daftar Terbaru 10 Miliarder China di 2023 versi Forbes, Nomor 1 Produsen Air Kemasan

China memiliki miliarder terbanyak kedua secara global. Negara ini berada di belakang Amerika Serikat yang memiliki 735 miliarder tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Harta yang dimiliki oleh para miliarder China turun. Dalam daftar orang terkaya dunia versi Forbes, jumlah orang terkaya di negara yang dipimpin oleh Xi Jinping turun untuk tahun kedua berturut-turut.

Jumlah miliarder yang masuk daftar Forbes tersebut kini hanya tersisa 495 orang, turun dari 539 orang tahun lalu dan mencetak rekor tertinggi sebanyak 626 orang pada 2021.

Hal itu karena dampak dari pandemi dan ketegangan geopolitik menurunkan harga saham dan merusak pertumbuhan ekonomi di ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Namun, China memiliki miliarder terbanyak kedua secara global. Negara ini berada di belakang Amerika Serikat yang memiliki 735 miliarder tahun ini.

Dilansir dari Forbes, Sabtu (8/4/2023), total miliarder China tidak termasuk pemegang paspor dari Hong Kong dan Makau. Secara keseluruhan, China memiliki 562 orang pada daftar 2023, turun dari 607 pada 2022 dan 698 pada 2021.

Salah satu alasan utama menurunnya jumlah miliarder China akibat terguncang oleh harga saham. Kekayaan agregat miliarder China sebesar USD 1,67 triliun tahun ini, turun dari USD 1,96 triliun tahun lalu dan USD 2,5 triliun pada daftar 2021.

Sementara 76 orang Tionghoa dari daftar tahun lalu turun, 16 pendatang baru dan 14 anggota yang kembali – anggota yang masuk daftar di masa lalu, turun dan sekarang telah kembali ke peringkat – melakukan pemotongan USD 1 miliar.

Secara kolektif, sepuluh miliarder Cina teratas bernilai USD 311 miliar, turun dari USD 322 miliar pada 2022 dan USD 447 miliar pada 2021. Orang terkaya China sekarang menyumbang 13,6 persen dari total kekayaan peringkat miliarder dunia, yang berjumlah 2.640 orang senilai USD 12,2 triliun secara kolektif.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini daftar miliarder China 2023 versi Forbes:

  1. Zhong Shan Shan
  2. Zhang Yiming
  3. Ma Huateng
  4. Colin Zheng Huang
  5. William Lei Ding
  6. Jack Ma
  7. He Xiangjian
  8. Wang Wei
  9. Li Shufu
  10. Wang Wenyin

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berikut Rincian Nama Berserta Harta Miliarder China:

10. Wang Wenyin

Kekayaan Bersih: USD 19 Miliar

Sumber Kekayaan: Logam non-besi

Asal: Shenzen

Wang menjadi pendiri Amer International Group yang dimiliki secara pribadi, salah satu pemasok logam non-besi terbesar di dunia. Dia memiliki sekitar 75 persen dari bisnis yang berkantor pusat di Shenzhen. Perusahaan memiliki lebih dari 30.000 karyawan dan pendapatan sekitar USD 112 miliar pada 2021, menurut Fortune.

9. Li Shufu

Kekayaan Bersih: USD 19 Miliar

Sumber Kekayaan: Mobil

Asal: Hangzhou

Li Shufu atau juga dikenal sebagai Eric Li merupakan pengusaha terkaya Cina di industri otomotif. Dia memimpin Zhejiang Geely Holding, yang memegang saham langsung dan tidak langsung di produsen mobil yang mencakup Volvo, Daimler, Geely Automotive, dan Polestar. Kekayaannya turun USD 4,7 miliar selama 12 bulan terakhir. Hal itu karena saham Geely Automotive jatuh. Pembelian mobil di China meningkat pada 2022, tetapi dengan laju yang lebih lambat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

8. Wang Wei

Kekayaan Bersih: USD 21,2 Miliar

Sumber Kekayaan: Pengiriman paket

Asal: Shenzen

Wang mendirikan dan memimpin perusahaan pengiriman paket SF Holdings. Bisnis yang berkantor pusat di Shenzhen ini menempati peringkat sebagai penyedia layanan logistik ekspres terintegrasi terbesar di Cina dan terbesar keempat di dunia berdasarkan pendapatan. Kekayaan Wang turun dari USD 24,3 miliar pada tahun lalu karena kejatuhan Covid yang merugikan bisnis dan saham perusahaannya yang terdaftar di Bursa Efek Shenzhen.

7. He Xiangjian

Kekayaan Bersih: USD 23,4 Miliar

Sumber Kekayaan: Peralatan rumah tangga

Asal: Foshan

Miliarder peralatan rumah tangga He Xiangjian merupakan salah satu pendiri Grup Midea yang terdaftar di Shenzhen, tapi dia mengundurkan diri sebagai ketua pada 2012. Saham Midea jatuh pada tahun lalu di tengah pertumbuhan yang lebih lambat di China. Alhasil kejadian itu menurunkan kekayaannya dari USD 28,3 miliar setahun yang lalu. Midea menjual oven dan kulkasnya di AS dan Eropa, ingin mengimbangi penjualan yang lebih lemah di Cina.

6. Jack Ma

Kekayaan Bersih: USD 23,5 Miliar

Sumber Kekayaan: E-commerce

Asal: Hangzhou

Pernah menjadi orang terkaya di Cina, salah satu pendiri dan mantan ketua Alibaba dan ikon kesuksesan sektor swasta daratan ini membuat gebrakan di bulan Maret dengan kembali ke Cina setelah beberapa bulan di luar negeri. Dia terdiam di tengah pergeseran kebijakan pemerintah terhadap perusahaan internet, listing di luar negeri, dan akumulasi kekayaan. Ma masih memiliki sekitar 3,8 persen dari Alibaba, yang mengumumkan pada akhir Maret akan membagi dirinya menjadi enam perusahaan.

 

3 dari 3 halaman

5. William Lei Ding

Kekayaan Bersih: USD 26,7 Miliar

Sumber Kekayaan: Game online

Asal: Hangzhou

Ding menjadi CEO NetEase yang terdaftar di Nasdaq dan Hong Kong, salah satu bisnis game online terbesar di Cina. Saham dan kekayaannya naik dalam beberapa bulan terakhir setelah Cina melonggarkan pembatasan impor game asing setelah tindakan keras selama dua tahun.

4. Colin Zheng Huang

Kekayaan Bersih: USD 30,2 Miliar

Sumber Kekayaan: E-commerce

Asal: Shanghai

Huang menjadi pendiri PDD Holdings, perusahaan e-commerce Cina yang berganti nama dari Pinduoduo pada bulan Februari. Saham PDD yang diperdagangkan di Nasdaq meningkat lebih dari dua kali lipat selama setahun terakhir, dibantu oleh peluncuran Temu pada September 2022, situs belanja murah di AS yang bersaing dengan Shein, dipimpin oleh sesama miliarder China Chris Xu. Huang, yang memiliki hampir 28 persen PDD Holdings mengundurkan diri sebagai ketua perusahaan pada Maret 2021.

3. Ma Huateng

Kekayaan Bersih: USD 35,3 Miliar

Sumber Kekayaan: Media internet

Asal: Shenzen

Ma yang juga dikenal sebagai Pony Ma merupakan CEO raksasa media web Tencent dan memiliki 7,4 persen saham. Saham perusahaan yang diperdagangkan di Hong Kong turun hampir 10 persen pada tahun lalu di tengah pertumbuhan yang lebih lambat dan pengetatan aturan Partai Komunis terhadap bisnis Internet. Salah satu investasi paling sukses Tencent ada di perusahaan AS Epic Games, pembuat game yang sangat populer Fortnite; itu mengakuisisi 40 persen perusahaan pada 2013 seharga USD 300 juta, saham sekarang bernilai lebih dari USD 6,8 miliar.

2. Zhang Yiming

Kekayaan Bersih: USD 45 Miliar

Sumber Kekayaan: Media internet

Asal: Beijing

Zhang menjadi pendiri ByteDance yang mengoperasikan aplikasi media sosial video pendek TikTok. TikTok menempati peringkat sebagai salah satu unicorn paling berharga di dunia, meskipun valuasinya telah terpukul dalam setahun terakhir di tengah spekulasi bahwa perusahaan dilarang di pasar AS. Namun, Zhang mengundurkan diri sebagai ketua ByteDance pada November 2021. Setelah mengundurkan diri sebagai CEO pada Mei tahun itu, dia dilaporkan mendapat tekanan dari pemerintah Cina. Zhan memiliki 20 persen saham dari ByteDance.

1. Zhong Shan Shan

Kekayaan Bersih: USD 68 Miliar

Sumber Kekayaan : Minuman, Obat-obatan

Asal: Hangzhou

Zhong menjadi bos produsen air kemasan dan minuman teh Nongfu Spring. Dia memegang posisi puncak sebagai orang terkaya di China, yang dimenangkannya pada 2021 setelah IPO perusahaan pada September 2020 di Hong Kong. Kenaikan saham produsen minuman Nongfu Spring mengimbangi penurunan saham pemasok tes Covid Beijing Wantai Biological Pharmacy, pembuat alat uji Covid-19, yang dia pimpin. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.