Sukses

Sucofindo Luncurkan Layanan Konsultansi ESG, Dukung Mitigasi Penurunan Emisi Karbon

PT Sucofindo mendukung implementasi program Pemerintah dalam merealisasikan penurunan emisi karbon untuk kelestarian lingkungan. Mitigasi ini dapat dilakukan melalui dukungan PT SUCOFINDO dalam layanan konsultansi Environmental, Social and Governance (ESG).

 

Liputan6.com, Jakarta PT Sucofindo mendukung implementasi program Pemerintah dalam merealisasikan penurunan emisi karbon untuk kelestarian lingkungan. Mitigasi ini dapat dilakukan melalui dukungan PT Sucofindo dalam layanan konsultansi Environmental, Social and Governance (ESG).

“Layanan konsultansi ESG PT Sucofindo mampu membantu perusahaan dan entitas dalam pembuatan roadmap dan pelatihan terkait ESG, guna peningkatan awareness dan implementasi kegiatan perusahaan yang berkelanjutan dengan orientasi pada People, Planet, and Profit,” ujar Direktur Utama PT Sucofindo Jobi Triananda dikutip Jumat (24/3/2023)

Hal ini sejalan dengan  implementasi mitigasi gas rumah kaca sesuai dengan  Perpres 61 Tahun 2011 Pasal 1 Ayat 7, mengenai usaha pengendalian untuk mengurangi risiko akibat perubahan iklim melalui kegiatan yang dapat menurunkan emisi/meningkatkan penyerapan Gas Rumah Kaca (GRK) dari berbagai sumber emisi.

Jobi Triananda menambahkan dalam upaya bisnis perusahaan yang menerapkan sustaianability, mampu menjawab tantangan global yang bertumpu pada isu sosial dan lingkungan.

“Konsultansi roadmap ESG diperlukan oleh para pemangku kebijakan guna persiapan, penilaian bagaimana mengelola risiko serta peluang terkait isu keberlanjutan terhadap tiga elemen kunci, yakni lingkungan, dampak sosial dan juga struktur tata kelola,” terang Jobi Triananda.

Penerapan sistem berkelanjutan menurut Jobi Triananda membawa sederet manfaat. Salah satunya ialah signifikan terhadap kesuksesan jangka panjang kegiatan perusahaan.

“Kesuksesan tersebut meliputi reputasi perusahaan, pengurangan risiko, manajemen peluang, serta budaya dan nilai internal perusahaan. Oleh karena itu, roadmap ESG selayaknya diterapkan di semua proses bisnis suatu entitas. Hal ini sebagai upaya bersama untuk mengurangi emisi GRK dengan cepat, mencapai netralitas karbon, dan emisi nol bersih,” ujar Jobi Triananda.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sistem Berkelanjutan

Sejalan dengan Jobi Triananda, Kepala Strategic Business Unit (SBU) Sertifikasi dan Ecoframework (SERCO) PT SUCOFINDO, Budi Utomo menuturkan implementasi sistem berkelanjutan yang memerhatikan lingkungan, sosial dan tatakelola ESG perlu diterapkan di setiap proses bisnis dalam suatu entitas dan diharapkan akan mendukung penilaian berbasis ESG.

“Karena ESG merupakan kerangka yang digunakan oleh stakeholder untuk menilai bagaimana perusahaan mengelola risiko dan peluang terkait isu keberlanjutan,” kata Budi.

Dalam komitmen untuk kelestarian lingkungan, selain layanan konsultansi ESG, Budi mengatakan bahwa PT SUCOFINDO juga menyajikan layanan jasa monitoring dan audit untuk membantu Nature Base Solutions (NBS)

“(Yaitu) Layanan monitoring lingkungan dengan teknologi mutakhir dengan menggunakan pemindaian cepat. Nantinya, monitoring tersebut mampu memberikan gambaran akurat mengenai kondisi real lapangan proyek dengan light detection and ranging, seperti untuk pemantauan lingkungan di hutan atau area kerja,” kata Budi. 

 

3 dari 3 halaman

Layanan Audit

Sedangkan untuk layanan audit, Budi menambahkan bahwa PT SUCOFINDO memiliki layanan audit berbasis ISO 17029, ISO 14065:2020 dan ISO 14064-Series.

“Layanan ini meliputi validasi dan/atau verifikasi informasi lingkungan hidup terkait perencanaan dan/atau kinerja keberhasilan kegiatan rehabilitasi dan/atau konservasi hutan dan mangrove,” kata Budi.

Ke depannya, Budi menambahkan bahwa PT SUCOFINDO sebagai Lembaga Pengujian, Inspeksi dan Sertifikasi terus berkomitmen dalam layanan hijau menunjang kelestarian lingkungan dan sistem berkelanjutan.

“Kami pun menyambut kolaborasi berbagai pihak baik di Indonesia maupun internasional dalam upaya mempromosikan proyek NBS (Nature Based Solutions), serta mengembangkan ekonomi hijau di Indonesia,” kata Budi.

PT SUCOFINDO juga mampu melayani jasa Verifikasi dan Validasi (VV) terhadap statement emisi Gas Rumah Kaca (GRK). “SUCOFINDO dapat memastikan statement GRK, pengelolaan sampah, air dan informasi lingkungan lain, yang dikeluarkan oleh suatu entitas untuk kepercayaan pihak eksternal,” kata Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.