Sukses

Bandara Ngurah Rai Tak Operasi selama Nyepi, Mulai 22 Maret 2033 Pukul 06.00 WITA sampai 23 Maret

Liputan6.com, Jakarta- Hari Raya Nyepi yang merupakan hari raya pergantian Tahun Saka yang dirayakan umat Hindu setiap satu tahun sekali pada tahun ini jatuh pada 22 Maret 2023. Untuk memperingati Hari Raya Nyepi ini, PT Angkasa Pura I memastikan bandara Ngurah Rai tidak beroperasi atau tutup sementara. 

Humas Angkasa Pura I Bandara Lombok Arif Haryanto menjelaskan, dalam rangka Hari Raya Nyepi, Bandara Ngurah Rai Bali tidak melayani operasional penerbangan mulai 22 Maret pukul 06.00 WITA sampai 23 Maret pukul 06.00 WITA.

Sedangkan penerbangan di Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat, tetap beroperasi saat Hari Raya Nyepi pada 22-23 Maret 2023. "Bandara Lombok tetap beroperasi," kata Arif ddikutip dari Antara, Senin (20/3/2023). 

Dengan adanya penutupan Bandara Bali tersebut, rute penerbangan dari Lombok-Bali dan sebaliknya selama Nyepi ditutup. Sesuai dengan jadwal, ada enam penerbangan rute Lombok ke Bali dengan menggunakan lima pesawat maskapai Wings Air dan satu Citilink.

"Sepekan terakhir rata-rata ada 7.000 penumpang per hari tiba dan berangkat di Bandara Lombok menjelang Ramadhan 1444 Hijriah," katanya.

Pergerakan Penumpang 

Angka pergerakan penumpang di Bandara Internasional Lombok mengalami peningkatan sebesar 15,4 persen selama ajang balap motor World Superbike (WSBK) 2023 yang digelar di Sirkuit Mandalika, NTB, pada 3-5 Maret 2023.

"Jumlah penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Lombok selama pekan penyelenggaraan WSBK pada 1-6 Maret 2023 tercatat berjumlah 39.450 penumpang atau rata-rata 6.575 penumpang per hari," kata General Manager Angkasa Pura I Bandara Lombok Rahmat Adil Indrawan.

Angka ini meningkat 15,4 persen jika dibandingkan dengan pergerakan penumpang pada Februari 2023 yang rata-rata 5.700 penumpang per hari.

Sementara, jika dibandingkan dengan WSBK 2022 tercatat rata-rata 6.120 penumpang per hari atau terjadi peningkatan pergerakan penumpang sebesar delapan persen.

Sedangkan untuk pergerakan pesawat, terdapat peningkatan sebesar 6,5 persen pada periode WSBK 2023.

Pada 1-6 Maret 2023 tercatat ada 395 pergerakan pesawat atau rata-rata 66 pergerakan pesawat per hari. Sementara pada bulan Februari 2023 rata-rata hanya ada 62 pergerakan pesawat per hari.

2 dari 3 halaman

Jalan Tol Bali Mandara Tutup 32 Jam Mulai Selasa 21 Maret 2023 Puku 23.00 WITA

Jalan Tol Bali Mandara saat Hari Raya Nyepi tahun Saka 1945 selama 32 jam. Hal ini dipastikan oleh PT Jasamarga Bali Tol (JBT) selaku pengelola jalan tol Bali Mandara.

"Penutupan sementara Jalan Tol Bali Mandara akan dilakukan mulai Selasa (21/3) pada pukul 23.00 Wita, dan akan dibuka kembali pada hari Kamis (23/3) mulai pukul 07.00 Wita setelah Hari Raya Nyepi," ujar Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol I Ketut Adiputra Karang di Kota Denpasar, Bali, Kamis.

Ia mengatakan sama seperti dengan tahun-tahun sebelumnya, penutupan sementara jalan tol yang menghubungkan Kota Denpasar-Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai-kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung itu dilakukan dalam rangka menjaga keluhuran tradisi dan kebudayaan Bali.

Surat Menteri PUPR

Penutupan juga dilakukan berdasarkan Surat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat perihal Izin Penutupan Dalam Rangka Hari Raya Nyepi sertaMenindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Bali tentang Hari Libur Nasional, Cuti Bersama dan Dispensasi Hari Raya Suci Hindu di Bali Tahun 2023.

"Hal ini adalah salah satu bentuk kepedulian Perusahaan dalam menghargai dan menghormati kearifan lokal dari perayaan Hari Raya Nyepi yang menjadi hari raya besar keagamaan umat Hindu di Bali," kata dia.

3 dari 3 halaman

Situasi Darurat

Ketut Adiputra Karang mengatakan meskipun Jalan Tol Bali Mandara akan ditutup pada waktu yang telah ditetapkan, jalan tol masih tetap dapat dipergunakan dalam situasi darurat seperti mobil pemadam kebakaran dan ambulans.

Namun walaupun ada pengecualian itu, PT JBT mengimbau kepada para pengemudi kendaraan yang dikategorikan darurat tersebut untuk selalu di dampingi oleh pecalang atau instasi terkait sesuai dengan SOP yang sudah ditentukan.

"Selama Hari Raya Nyepi, juga akan tetap ada petugas tol yang berjaga apabila nantinya ada kendaraan darurat yang melintas. Semuanya akan dijalankan sesuai dengan prosedur dan tidak melanggar SOP maupun awig-awig yang telah ditetapkan," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.