Sukses

DPR Ingin Rekind Diselamatkan, Apa Alasannya?

Dukungan mengenai penyelamatan PT Rekayasa Industri (Rekind) terus muncul.

Liputan6.com, Jakarta Dukungan mengenai penyelamatan PT Rekayasa Industri (Rekind) terus muncul. Kini datang dari Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Harris Turino.

Dukungan itu, dikatakannya punya alasan kuat, karena dirinya melihat peran Rekind yang sangat strategis bagi kepentingan bangsa.

Peran strategis yang dimaksud pria yang juga pengajar di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian ini adalah kemampuan Rekind untuk membuka peluang besar bagi Indonesia untuk menjadi eksportir green energy melalui hidrogen dan amoniak.

Apalagi, oleh dunia saat ini, hidrogen dan amoniak diyakini menjadi sumber energi bersih masa depan yang ramah lingkungan. Dua jenis bahan kimia alami itu juga merupakan peralihan energi dari bahan bakar fosil seperti batubara, minyak, dan gas bumi ke energi bersih yang ramah lingkungan.

“Indonesia punya peluang yang luar biasa sebagai ekportir green energy, karena teknologinya kita kuasai. Kita tahu, Rekind merupakan satu-satunya perusahaan Engineering, Procurement dan Construction (EPC) milik BUMN yang punya kemampuan dalam memproduksi hidrogen dan amoniak. Dengan menguasai ini, maka kita bisa berpartisipasi dalam green energy dunia. Itulah mengapa saya memperujangkan Rekind harus diselamatkan, bukan semata untuk kepentingan Rekind, tapi juga untuk kepentingan Indonesia,” ungkap Harris Turino, Sabtu (18/3/2023).

Menurut Dosen Tetap Pasca Sarjana IPMI International Business School ini, kalau bicara kesiapan, tentu Rekind sangat siap untuk membuka peluang tersebut.

Engineer-nya ada dan teknologinya pun dikuasai. Bahkan, perusahaan milik negara yang berdiri sejak 12 Agustus 1981 tersebut sudah mengerjakan beberapa proyek terkait hidrogen dan amoniak, seperti halnya Pusri 2B yang dikerjakan kumpulan anak-anak bangsa melalui Rekind.

“Walaupun tetap kita bekerja sama dengan pihak-pihak lain dari luar, tapi sebagai lead contractornya kita selaku bangsa mengandalkan Rekind,” kata pria kelahiran Tegal, Jawa Tengah tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prestasi Rekind

Apalagi, lanjutnya, Rekind merupakan satu-satunya perusahaan EPC di Indonesia saat ini. Rekind adalah satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar ranking ENR Top 250 International Contractors of The World dan Top 250 Global Contractors of The World yang diterbitkan oleh majalah Engineering News Record (ENR) di 22 Agustus 2016.

Di Amerika Serikat, ENR Magazine secara luas dianggap sebagai salah satu publikasi industri konstruksi yang paling otoritatif dan dianggap oleh banyak orang sebagai "kitab suci" industri konstruksi. Rekind juga dianugerahi penghargaan ASEAN Engineering Award 2018 dari ASEAN Federation of Engineering Organizations (AFEO), untuk Kategori Perusahaan. Penghargaan ini merupakan pengakuan bergengsi yang diberikan AFEO atas prestasi dan inovasi Rekind untuk proyek rekayasa di kawasan ASEAN.

Ini merupakan pengakuan internasional dan tidak main-main. Apalagi, harus dipahami Indonesia memang sangat membutuhkan satu perusahaan EPC yang mampu bersaing dengan para raksasa EPC dunia.”Sehingga sebagai sumber centre of excellent, BUMN Indonesia punya peran yang luar biasa,” sergah Harris Turino, sekaligus Dosen Program Doktoral di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Rekind adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang konstruksi, teknik dan pengadaan barang untuk melayani pabrik industri skala besar,

    Rekind

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • Pupuk Indonesia adalah perusahaan BUMN yang bergerak dalam pembuatan pupuk.

    pupuk indonesia