Sukses

Jadi Jenis Investasi Terbesar dalam Hidup, Berikut 6 Tips Dalam Membeli Rumah

Mengingat uang yang diperlukan untuk membeli rumah idaman tak sedikit, penting bagi kita untuk memilih rumah yang tepat sesuai dengan keinginan dan prospek tempat tinggal di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta Harga rumah yang mahal dan cenderung terus naik membuat rumah menjadi salah satu investasi terbesar dalam hidup seseorang. Mengingat uang yang diperlukan untuk membeli rumah idaman tak sedikit, penting bagi kita untuk memilih rumah yang tepat sesuai dengan keinginan dan prospek tempat tinggal di masa depan.

Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah, seperti lokasi, ukuran, harga, keamanan, dan kualitas bangunan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memilih dan membeli rumah yang tepat: 

Tentukan anggaran yang tepat  

Sebelum mulai pencarian rumah, tentukan anggaran yang sesuai dengan kemampuan Anda. Perhatikan juga biaya-biaya lain seperti pajak, biaya notaris, biaya pinjaman, biaya perbaikan, dan biaya pemeliharaan yang mungkin akan dikeluarkan nantinya. 

Lokasi yang strategis  

Pilih lokasi yang strategis sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda memiliki anak kecil, pilihlah lokasi yang dekat dengan sekolah, tempat bermain, dan pusat perbelanjaan. Jika Anda bekerja di pusat kota, pilihlah lokasi yang dekat dengan tempat kerja Anda atau memiliki akses transportasi yang mudah. 

Pastikan juga lokasi yang dipilih memiliki akses ke berbagai fasilitas transportasi publik. Dengan begitu mobilitas Anda dapat lebih mudah karena didukung fasilitas transportasi publik seperti halte, stasiun atau beberapa fasilitas transportasi lainnya untuk bepergian.

Ukuran rumah

Pertimbangkan ukuran rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Jangan memilih rumah yang terlalu besar atau terlalu kecil, pilihlah dengan mempertimbangkan jumlah anggota keluarga, gaya hidup, dan rencana masa depan Anda ketika memilih ukuran rumah.

Perhatikan juga jumlah kamar tidur dan kamar mandi yang tersedia, serta apakah ada ruang keluarga atau ruang kerja yang cukup. 

Kondisi bangunan  

Perhatikan kondisi bangunan rumah secara keseluruhan, termasuk struktur, atap, dinding, kamar mandi, dan dapur. Pastikan rumah dalam kondisi yang baik dan tidak memerlukan perbaikan besar-besaran yang mahal. Kamu juga dapat meminta blueprint rumah, sertifikat bangunan dari pemilik rumah atau agen properti untuk memastikan bahwa rumah tersebut memenuhi standar bangunan yang berlaku. 

Keamanan dan lingkungan sekitar  

Pastikan bahwa rumah yang Anda pilih berada di lingkungan yang aman dan nyaman. Cari informasi tentang tingkat kejahatan di daerah tersebut dan pastikan bahwa lingkungan tersebut ramah dan menyenangkan untuk dihuni. 

Memanfaatkan Property Expo

Kehadiran property expo menjadi kesempatan berharga untuk dapat menemukan rumah idaman. Di sini, Anda akan lebih mudah mendapatkan informasi proyek hunian, developer dan paling menarik adalah tersedia promo-promo khusus yang menguntungkan.  Pastikan meluangkan waktu untuk melakukan riset, mengunjungi pameran dan survei langsung ke lokasi yang diinginkan. 

Selanjutnya, jangan lewatkan KPR BRI Property Expo yang tersedia secara online dan offline. KPR BRI Property Expo merupakan event property expo BRI yang berkolaborasi dengan rekanan developer terpilih. Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan nasabah BRI maupun calon nasabah dalam proses memilih dan membeli rumah melalui KPR BRI.

Pameran dan acara offline KPR BRI Property Expo di 23 Paskal Bandung, Jawa Barat, berlangsung pada tanggal 10-12 Maret 2023. Adapun secara online dapat diakses melalui situs web kprbripropertyexpo.homespot.id, hingga 16 Maret 2023

Nikmati beragam penawaran spesial KPR BRI seperti Suku bunga spesial mulai dari 1,27% tetap 1 tahun.

Selain itu tersedia bebas biaya administrasi, provisi dan appraisal serta jangka waktu kredit hingga 20 tahun. KPR BRI Property Expo berkolaborasi dengan lebih dari 1.300 proyek perumahan. Beragam pilihan properti mulai dari komersial, subsidi, green housing concept, dan properti lelang. 

Informasi lebih lanjut kunjungi https://kprbripropertyexpo.homespot.id

Memilih rumah yang tepat memang tidak mudah, tapi dengan melakukan persiapan yang matang dan mempertimbangkan faktor-faktor yang penting, Anda bisa mendapatkan rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

 

 (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini