Sukses

Daftar 10 Perhiasan Kerajaan Termahal, Ada Milik Mendiang Ratu Elizabeth

Dari berlian Noor-ol-Ain Permaisuri Farah dan tiara pernikahan Boucheron Putri Eugenie, hingga choker zamrud Delhi Durbar Kate Middleton, banyak permata paling berharga berada di tangan kerajaan.

Liputan6.com, Jakarta Selama berabad-abad, wanita kerajaan telah memukau banyak orang dengan perhiasan yang dikenakan pada acara-acara khusus. Barang-barang mewah seperti itu tidak hanya kaya secara historis, tetapi juga bernilai tinggi. Faktanya, beberapa perhiasan termahal di dunia ada di tangan keluarga kerajaanya, menurut ahli perhiasan dari Jewellery Box.

Dari berlian Noor-ol-Ain Permaisuri Farah dan tiara pernikahan Boucheron Putri Eugenie, hingga choker zamrud Delhi Durbar Kate Middleton, banyak permata paling berharga berada di tangan kerajaan.

Selain itu, tentu masih ada lagi. Melansir South China Morning Post, Selasa (28/2/2023), berikut ini 10 perhiasan kerajaan termahal yang pernah ada.

10. Tiara Permaisuri Farah dari Iran Harry Winston Noor-ol-Ain – USD 10,6 juta

Permaisuri Farah dari Iran mengenakan tiara Noor-ol-Ain ketika ia menikah dengan Mohammad Reza Shah Pahlavi, Shah terakhir Iran, pada 1959 silam. Yang berarti "cahaya mata", tiara itu dibuat oleh Harry Winston menggunakan Noor 60 karat -ol-Ain berlian, salah satu permata merah muda paling langka dan terbesar di dunia. Selain itu, juga memiliki 324 berlian merah muda, kuning, dan tidak berwarna lainnya, dengan platinum.

Permaisuri Persia mengenakan tiara secara teratur untuk acara kerajaan selama sisa tahun suaminya di atas takhta. Setelah revolusi 1979, perhiasan itu menjadi milik negara dan dilaporkan dipajang di National Jewels Museum di ruang bawah tanah Bank Sentral Iran.

9. Mutiara Cartier La Peregrina Ratu Mary I – USD 11,8 juta

Mutiara La Peregrina, yang berarti "The Pilgrim" atau "The Wanderer", telah dikenal di seluruh dunia sejak ditemukan di Teluk Panama pada abad ke-16. Itu pertama kali milik Ratu Mary I dari Inggris sebagai hadiah dari calon suaminya Raja Philip II dari Spanyol.

Setelah kematiannya, permata itu dikembalikan ke Spanyol dan dikenakan oleh beberapa ratu sebelum mendarat di tangan tokoh sejarah seperti saudara laki-laki Napoleon Bonaparte, Joseph, yang memerintah Spanyol pada awal abad ke-19, dan kemudian Elizabeth Taylor sebagai hadiah lelang dari suaminya.

Bintang Hollywood itu meminta Cartier untuk mendesain ulang menjadi kalung mutiara, berlian, dan rubi. Setelah kematiannya, lukisan itu dijual di rumah lelang pada 2011 dengan rekor USD 11,8 juta.

8. Tiara Berlian Garrard Ratu Sonja dari Norwegia – USD 12 juta

Di antara tiara yang dimiliki Ratu Sonja dari Norwegia, potongan yang awalnya diwarisi dari Ratu Maud adalah yang paling menarik karena merupakan replika.

Perhiasan itu pertama kali diberikan kepada Putri Maud dari Wales pada 1896 ketika dia menikah dengan Pangeran Carl dari Denmark yang kemudian menjadi Raja Norwegia sebagai Haakon VII. Dibuat oleh Garrard, karya tiga tingkat ini menampilkan alas dengan bandeau berlian, bagian tengah dengan gulungan daun berlian, dan bagian atas dengan tiga belas kancing berlian berbentuk buah pir.

Namun sayangnya, pada 1995 perhiasan itu dicuri dalam perjalanan ke Garrard untuk penilaian dan pemeliharaan. Pada akhirnya Garrard pun membuat replika untuk menggantikan aslinya yang dicuri. Nilainya diperkirakan sekitar USD 12 juta hari ini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

7. Tiara Kokoshnik Boucheron zamrud Putri Eugenie – USD 12 juta

Pada pernikahannya pada 2018, Putri Eugenie memamerkan harta berusia 100 tahun dari keluarga kerajaan Inggris yaitu tiara Kokoshnik zamrud Greville.

Perhiasan itu dibuat pada 1919 oleh pembuat perhiasan mewah Prancis Boucheron untuk sosialita Inggris Dame Margaret Greville, yang kemudian memberikannya kepada ibu suri. Menyerupai hiasan kepala "Kokoshnik" Rusia kuno, tiara itu terbuat dari berlian pavé berpotongan mawar yang dilapisi platinum dengan enam zamrud di kedua sisinya, menurut situs web keluarga kerajaan.

Ratu Elizabeth mewarisi tiara setelah kematian ibunya pada 2002 dan menambahkannya ke koleksi tiara kerajaannya, tetapi tidak pernah memakainya di depan umum.

6. Garrard 'Swan Lake' Suite Putri Diana - USD 12,1 juta

Kalung Swan Lake dinamai sesuai nama Putri Diana, yang mengenakannya ke balet di Royal Albert Hall London pada 1997 tak lama sebelum kematiannya yang tragis. Itu menjadi bagian paling berharga dalam koleksi perhiasannya yang luas.

Perhiasan itu dibuat oleh Garrard, kemudian Crown Jeweller, dengan 178 berlian dan lima mutiara. Sepasang anting-anting juga dibuat untuk melengkapi suite tersebut, tetapi Diana tidak memiliki kesempatan untuk memakainya.

Swan Lake Suite kemudian dijual di rumah lelang New York Guernsey kepada pasangan Ukraina seharga USD 632.000 pada 2010. Baru-baru ini, pasangan yang sama telah menawar USD 12,1 juta untuk karya tersebut.

5. Tiara Putri Katharina Henckel von Donnersmarck – USD 12,7 juta

Tiara tersebut dipesan pada 1900-an, kemungkinan dari Chaumet, oleh Pangeran Jerman Guido Henckel von Donnersmarck (1830-1916) untuk istri keduanya, bangsawan Rusia Katharina Slepzow.

Perhiasan ini menampilkan 11 zamrud berbentuk buah pir besar hingga sekitar 500 karat secara bersamaan. Basisnya memiliki serangkaian berlian besar yang dipotong bantal yang diletakkan di atas deretan pohon salam berlian yang dibuat dari perak dan emas. Itu dijual di Sotheby untuk pertama kalinya pada 1979 dan kemudian pada tahun 2011 dengan rekor tawaran lelang tiara seharga USD 12,7 juta.

 

3 dari 4 halaman

4. Choker zamrud Delhi Durbar milik Kate Middleton – USD 20 juta

Princess of Wales yang mengembalikan kalung zamrud kerajaan Delhi Durbar yang ikonik menjadi sorotan di Earthshot Prize tahun lalu. Karya tersebut, yang awalnya menampilkan 16 zamrud, merupakan hadiah untuk Ratu Mary pada tahun 1911 dari Maharani Patiala.

Sang ratu meminta Garrard untuk merombaknya menjadi 14 zamrud dan berlian berpotongan cemerlang yang dipasang di atas platinum. Kemudian, itu diberikan kepada Putri Diana sebagai hadiah pernikahan dari Ratu Elizabeth dan dia memakainya beberapa kali. Perhiasan itu diyakini bernilai sekitar USD 20 juta hari ini menurut Regal Fille.

3. Bros berlian Cartier Williamson Ratu Elizabeth – USD 30,5 juta

Mendiang Ratu dianugerahi berlian merah muda pada 1947 sebagai hadiah pernikahan dari ahli geologi John Thoburn Williamson, seorang pemilik tambang di Tanzania tempat berlian itu ditemukan. Batu 54,5 karat dipotong menjadi 23,6 karat saat ini dan dirancang dalam bros berbentuk bunga jonquil oleh Cartier dengan tambahan 203 berlian putih dalam set platinum.

Selesai pada tahun penobatan ratu tepatnya 1953, potongan itu dikenakan olehnya pada acara-acara penting, seperti potret keluarga, pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana pada 1981 dan Pangeran Edward dan Sophie pada 1999, serta pada pertemuan dengan mantan Presiden. Obama pada 2009.

 

4 dari 4 halaman

2. Bros Keripik Nenek Ratu Elizabeth – USD 61 juta

Bros berharga lainnya dari mendiang Ratu adalah "Keripik Nenek" (Granny’s Chips). Julukan tersebut menunjukkan kasih sayang sang ratu kepada neneknya, Queen Mary, yang memberinya dua berlian saat dia naik tahta. Dua berlian yang ada di bros memiliki berat sekitar 150 karat.

Sementara itu, dua berlian Cullinan yang sangat besar – III dan IV – adalah bagian dari potongan koleksi dari berlian yang ditemukan di Cullinan, Afrika Selatan dan merupakan hadiah dari pemerintah Afrika Selatan kepada Ratu Mary. Beratnya 3106 karat, itu adalah berlian terbesar yang pernah ditemukan pada awal abad ke-20.

1. Kalung Cartier Nizam dari Hyderabad milik Kate Middleton – USD 80 juta

Potongan kerajaan yang paling berharga dikenal sebagai kalung Nizam of Hyderabad. Itu adalah hadiah pernikahan untuk ratu (saat itu Putri Elizabeth) dari Nizam of Hyderabad pada 1947.

Dibuat oleh Cartier pada 1930, kalung itu ditata dengan 38 berlian berpotongan cemerlang, 13 berlian berpotongan zamrud, dan tetesan berbentuk buah pir di tengahnya. The Duchess of Cambridge telah mengenakan aksesori mewah sejak menjadi anggota kerajaan, terutama di Portrait Gala pada tahun 2014, menurut media Inggris .

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.