Sukses

Bahlil Janji Investor IKN Tak akan Rugi

Menteri Bahlil mengumpamakan IKN seperti perempuan yang berasal dari kampung yang memiliki paras cantik.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Investasi/Kepala BPKM Bahlil Lahadalia, menjamin investor yang melakukan investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nisantara tidak akan rugi. Menurutnya, IKN Nusantara merupaka permata yang belum digosok sehingga pesonanya belum terlihat. Jika nanti dipoles maka sudah pasti semua akan melirik.

"Saya yakinkan bahwa kalian tidak rugi melakukan investasi di sana (IKN). Untuk IKN, biarlah pemerintah yang mengurus izin-izinnya semua, yang penting kalian datang saja. Udah ini barang, barang bagus," kata Bahlil dalam acara Mandiri Investment Forum di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (2/2/2023).

Menariknya, Bahlil mengumpamakan IKN Nusantara seperti perempuan yang berasal dari kampung yang memiliki paras cantik. Maksudnya, Pemerintah akan membuat IKN menjadi wilayah yang berkembang dan canggih.

"IKN ini seperti wanita kampung yang cantik. IKN ini saya analogikan adalah wanita cantik dari kampung yang pintar, smart, anggun, cuma belum dipoles aja, belum dibawa ke salon," ujarnya.

Bahlil menegaskan dihadapan investor, IKN merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk berinvestasi, dan diyakini dapat memberikan imbal hasil yang sepadan nantinya.

"Saya sebagai orang kampung menjamin barang ini, barang bagus. Ini barang bagus. Saya dari latar belakang pengusaha nggak mungkin memberikan pepesan kosong untuk pengusaha," tegasnya.

Adapun, kata Bahlil, Pemerintah sudah menyiapkan berbagai insentif untuk mempermudah investor berinvestasi di Indonesia, salah satunya melalui tax holiday.

"Menyangkut IKN, bahwa tax holiday atau insentif lainnya di IKN lebih besar dan lebih baik dibandingkan di daerah lain di Indonesia. Kita perlakukan lex specialis untuk IKN. Ini semua dalam rangka merangsang agar IKN itu ketika orang melakukan investasi, IRR-nya bisa cepat, break even point-nya bisa pasti berapa lama," pungkas Bahlil Lahadalia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

RPP IKN Beres, Siap Muluskan Jalan Investor ke Ibu Kota Nusantara

Sebelumnya, Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia menyebut Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara sudah selesai. Rancangan regulasi ini akan mengatur tentang kemudahan berusaha di ibu kota baru ini sudah ditandatangani dan tinggal menunggu dipublikasikan.

“RPP IKN tentang kemudahan berusaha ini sudah selesai, sudah diteken dan itu ada di kita karena prakarsanya dari Kementerian Investasi,” kata Bahlil di kantor Kementerian Investasi, Jakarta Pusat, dikutip Rabu (25/1).

Bahlil mengaku selama penyusunan RPP muncul berbagai perdebatan. Namun dengan rampungnya beleid ini berbagai perdebatan telah mendapatkan solusinya.

“Perdebatan-perdebatan juga sudah selesai,” kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Menguntungkan Semua Pihak

Bahkan Bahlil mengklaim beleid ini telah menjadi yang paling menguntungkan bagi semua pihak. Baik itu bagi pengusaha, pemerintah hingga pemerintah IKN Nusantara.

“Ini RPP yang win-win bagi dunia usaha, pemerintah dan IKN karena bagus sekali,” kata dia.

Saat dikonfirmasi terkait waktu publikasi RPP, Bahlil enggan memberikan keterangan. Alasannya, Kementerian Investasi hanya membuat RPP sedangkan publikasi menjadi kewenangan Sekretariat Negara (Setneg).

“Kalau di-publish ini kan urusan lain, itu urusan Setneg,” pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.