Sukses

Jokowi Jadi Reshuffle Kabinet 2023 Hari Ini Rabu 1 Februari?

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi santer dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet pada hari ini, Rabu, 1 Februari 2023. 

Sekretaris Kabinet Pramono Anung akhirnya buka suara soal kabar reshuffle kabinet 2023 pada Rabu mendatang atau 1 Februari 2023. Diketahui, menurut hitungan kalender Jawa, Rabu Pon jatuh di tanggal tersebut.

Berdasarkan kebiasaan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, hari di mana perombakan kabinet diumumkan pada hari tersebut. Lantas, apa kegiatan Jokowi hari ini?

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengungkap kegiatan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Rabu 1 Februari 2023 di tengah isu reshuffle kabinet. Diketahui, tanggal tersebut bertepatan dengan Rabu Pon menurut kalender Jawa.

Berdasarkan kebiasaan Presiden Jokowi, reshuffle kabinet diumumkan pada hari Rabu, khususnya Rabu Pon.

"Pagi ada Mandiri Investment Forum, siangnya intern dan sorenya ke Bali," ujar Bey saat ditanya awak media di Istana Negara Jakarta, ditulis Rabu (1/2/2023).

Salah satu agenda adalah intern. Belum diketahui apa yang akan dilakukan Presiden dalam jadwalnya tersebut di tengah kian santernya isu reshuffle. Berdasarkan kebiasaan, Presiden sering memanggil sejumlah orang saat giat intern.

Sebelumnya, Jokowi juga sempat menyatakan terkait kabar reshuffle untuk ditunggu bersama. Hal itu disampaikan usai melakukan Kick Off ASEAN 2023 di kawasan Bundaran Hotel Indonesia pada Minggu 29 Januari 2023.

"Ya ditunggu saja," kata Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dipastikan Menko Airlangga

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyambangi Istana Kepresidenan. Kedatangannya ke Istana ini di tengah isu adanya reshuffle kabinet.

Dia pun mengatakan, soal perpolitikan di Tanah Air, tunggu hari Rabu. Berdasarkan kebiasaan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, reshuffle diumumkan pada hari Rabu, khususnya Rabu Pon.

"Tunggu hari Rabu," kata Airlangga kepada media, Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Saat diperjelas Rabu kapan yang dimaksud, Airlangga tidak merinci. Dia hanya menegaskan untuk menunggu sesuatu di hari Rabu. "Tungguin setiap hari Rabu," singkat dia.

Airlangga kemudian kembali ditanya apakah Presiden Jokowi memiliki agenda di Istana pada hari Rabu. Dia mengaku tidak tahu.

"Belum tahu," kata dia sambil masuk mobil meninggalkan Istana Negara Jakarta.

3 dari 4 halaman

NasDem soal Reshuffle Kabinet: Kami Sudah Siap

Ketua DPP Partai NasDem Effendy Choirie atau Gus Choi membenarkan memang ada kabar reshuffle kabinet di internal partainya. Meski demikian, dia mengungkapkan hal tersebut tak masalah.

"Bagi NasDem enggak ada masalah, di NasDem ya kabar itu kabar bukan kabar angin, memang kabar beneran," kata Gus Choi di kawasan Pakubuwono, Jakarta Selatan, Sabtu (7/1/2023).

Menurut dia, NasDem sudah siap jika kadernya dicopot dari kabinet. Gus Choi berkata, partainya sudah memikirkan untung dan ruginya.

"Kita sudah siap semua, kita diajak siap setiap mengambil keputusan, itu kita sudah memikirkan risikonya, keuntungannya, itu sudah, sudah dihitung plus minusnya jadi enggak masalah," ucapnya.

 

4 dari 4 halaman

Tak Sakit Hati

Lebih lanjut, NasDem tak merasa sakit hati bila menterinya dicopot. Namun, Gus Choi menilai cara itu kurang dewasa dalam berpolitik.

"Enggak perlu sakit hati, enggak perlu baper, biasa aja hanya meskipun biasa saja tetap ada catatan 'oh begini cara berpolitiknya' 'oh ini kurang dewasa' jadi tetap ada penilaian tapi kesiapan mah tetap harus ada," jelas dia.

Diketahui, tiga menteri NasDem yang berada di kabinet Indonesia Maju adalah Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.