Sukses

Case Study: Kerjasama Perusahaan Edukasi Finansial bersama Emtek Digital Menghasilkan 155% CTR Uplift

Melihat literasi keuangan di Indonesia yang masih dalam kategori rendah, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang finansial ini merasa bahwa kehadirannya merupakan hal yang tepat untuk dapat mengedukasi masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu belakangan, Indonesia sempat dihebohkan dengan maraknya berita penipuan oleh investasi bodong. Investasi yang menawarkan keuntungan tidak wajar, dan ternyata investasi itu tidak pernah ada, bahkan menyalahi aturan investasi resmi OJK dan lembaga lain, sehingga merugikan investor yang mengikutinya. Hal ini diakibatkan oleh literasi keuangan yang rendah. 

Hasil survei OJK pada tahun 2019 lalu menunjukkan bahwa literasi keuangan di Indonesia sebesar 38,03% sedangkan inklusi keuangan berada di angka 76,19%. Walaupun kedua angka tersebut meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, namun tanpa bisa dipungkiri bahwa literasi keuangan di Indonesia masih sangat rendah. Literasi keuangan dapat diukur menggunakan 4 (empat) indikator yakni pengetahuan dasar pengelolaan keuangan, pengelolaan kredit, pengelolaan tabungan dan investasi. 

Melihat literasi keuangan di Indonesia yang masih dalam kategori rendah, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang finansial ini merasa bahwa kehadirannya merupakan hal yang tepat untuk dapat mengedukasi masyarakat Indonesia.

Perusahaan ini merupakan sebuah wadah edukasi finansial untuk meningkatkan literasi finansial masyarakat Indonesia dengan misi untuk mencetak 10 juta investor di Indonesia. Dimana para penggunanya dapat mempelajari banyak hal, mulai dari personal finance hingga investasi hanya dalam 1 aplikasi dengan fitur komprehensif.

Platform ini juga memiliki tujuan untuk bantu upgrade perjalanan investasi para penggunanya menuju kebebasan finansial. Untuk menjangkau audiens yang lebih spesifik, platform tersebut bekerja sama dengan Emtek Digital.

Emtek Digital merupakan sebuah perusahaan media digital dengan jaringan publisher lokal yang memiliki pertumbuhan ekosistem media paling pesat di Indonesia dan memiliki keahlian dalam membantu brand menjangkau target audience melalui berbagai platform berbeda diantaranya KLY (situs), Vidio (Over The Top/OTT), dan Bukalapak (e-commerce).

Di dunia yang cepat berubah saat ini, Emtek Digital mengenalkan EMPower, sebuah kemampuan untuk menyampaikan pesan brand kepada segmentasi audiens yang sesuai dengan target market brand. 

Perusahaan bekerjasama dengan Emtek Digital untuk menayangkan campaign nya dalam format video yang berjalan selama satu bulan di Vidio (OTT) menggunakan inventory pre-roll. Kampanye ini ditargetkan kepada audiens yang lebih spesifik sesuai dengan target market yang diinginkan oleh perusahaan tersebut. 

Dengan menargetkan audiens kedalam kelompok pria yang memiliki ketertarikan terhadap news readers, business and finance readers, serta rentang usia 25-34 hingga 44+ tahun, kampanye ini berhasil menghasilkan 155% CTR uplift dibandingkan dengan rata-rata CTR di industri yang sama.

Hanya dalam waktu sebulan, kampanye ini berhasil memperoleh lebih dari 450 ribu completed views serta menjangkau lebih dari 180 ribu audiens yang mendorong mereka untuk mengunjungi official website perusahaan tersebut. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.