Sukses

Srikandi BUMN Pupuk Indonesia dan Liza Thohir Beri Bantuan Korban Gempa Cianjur

Liputan6.com, Jakarta Srikandi BUMN PT Pupuk Indonesia (Persero) mendampingi Ibu Menteri BUMN Liza Thohir membagikan bantuan kepada korban bencana gempa di Cianjur, Jawa Barat (Jabar). Kegiatan ini menunjukkan kehadiran BUMN kepada masyarakat Cianjur khususnya yang terdampak bencana gempa.

Penyerahan bantuan diberikan langsung oleh Ibu Menteri BUMN Liza Thohir k-3 titik posko BUMN melalui Satgas Bencana Gempa BUMN yang diketuai Jasa Marga. Turut mendampingi Direktur SDM, TK & Manajemen Risiko Pupuk Indonesia yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Srikandi BUMN, Tina T. Kemala Intan dan Yuni Setyaningrum perwakilan Srikandi Pupuk Indonesia yang sekaligus sebagai Direktur Keuangan dan Umum PT Pupuk Kujang Cikampek.

Dalam kegiatan pemberian bantuan, Liza Thohir mengunjungi posko BUMN yang terletak di Desa Mekarsari. Di sana, dirinya menemui para warga penghuni posko serta meninjau fasilitas kesehatan dan rumah ramah anak yang dijadikan pusat trauma healing bagi anak-anak terdampak bencana gempa di Cianjur, Jawa Barat.

"Anak-anak korban gempa ini jadi kelompok paling rentan di pasca bencana, semoga dengan adanya Posko Pemulihan Trauma Healing ini bisa mengurangi trauma dan dapat mengembalikan senyum mereka," ucap Liza Thohir dalam keterangannya, Rabu (7/12/2022).

Beragam bantuan disalurkan ke 3 posko utama berupa makanan, minuman, pakaian baru, perlengkapan kebutuhan sanitasi, dapur umum, dan juga obat-obatan.

Adapun, bantuan ini berasal dari beberapa BUMN seperti PT Pertamina, Bank Mandiri, Pupuk Indonesia, PT PP, Bio Farma, Jasa Marga, PLN, Angkasa Pura II, Bank BNI, Bank BRI, MIND ID, Perum Bulog, serta HIN. Adapula bantuan yang berasal dari Srikandi BUMN, Forum Human Capital Indonesia (FHCI), dan BUMN Muda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Bentuk Kepedulian BUMN

Pada kesempatan yang sama, Direktur SDM, TK & Manajemen Risiko Pupuk Indonesia, Tina T. Kemala Intan mengatakan bahwa kehadiran Ibu Menteri Liza Thohir sebagai bentuk kepedulian BUMN kepada masyarakat Cianjur.

Bantuan yang terus disalurkan ini dikoordinasi oleh Tim Satgas Bencana BUMN terdiri dari gabungan 31 BUMN yang terlibat dalam penanganan bencana gempa Cianjur.

“Tidak hanya bantuan pangan, pakaian, air bersih dan obat-obatan, kami juga memastikan kondisi korban pasca gempa juga tetap termonitor dengan baik. Ada dapur umum yang menyediakan makanan siap saji dan juga tenaga kesehatan yang siaga di posko pengungsian.” jelas Tina.

Saat ini tercatat sudah lebih dari 700 relawan dari 75 BUMN yang terus siaga dalam penanganan bencana gempa di Cianjur. Dan sampai hari ini BUMN sudah membantu pemulihan 57 dari 169 desa terdampak gempa Cianjur.

3 dari 3 halaman

Srikandi BUMN Puji Posko Kesehatan Pertamina Pulihkan Warga Terdampak Gempa

Kabupaten Cianjur pada Senin (5/12) lalu memperoleh kunjungan istimewa, dari para Srikandi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdiri dari Elizabeth Tjandra (Lisa) Thohir, istri dari Menteri BUMN Erick Thohir.

Elizabeth Tjandra ditemani para wanita yang menduduki jajaran direktur BUMN diantaranya Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Sumber Daya Manusia Pupuk Indonesia Tina T. Kemala intan, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar, Direktur Operasi Jasa Marga Fitri Wiyanti, dan Direktur Strategi Bisnis dan Pemasaran PT Hotel Indonesia Natour (HIN) Christine Hutabarat.

Bertolak dari kediamannya di Jakarta pagi dini hari, para Srikandi tiba sekitar pukul 10.00 di Cianjur dan langsung berkunjung ke beberapa posko milik BUMN. Salah satunya, posko PT Pertamina (Persero) di wilayah Mekarsari, Kp. Panembong Kaler, Cianjur.

Posko Pertamina menyediakan berbagai layanan untuk masyarakat Cianjur, dalam rangka pemulihan serta penguatan fisik dan mental paska terkena gempa Cianjur 5,6 SR pada 2 pekan lalu.

Pada posko Pertamina tersebut tersedia Dapur Umum yang menyediakan makanan sehari-hari untuk 150 kepala keluarga, posko trauma healing yang menyediakan berbagai aktivitas menyenangkan untuk anak-anak, serta posko layanan kesehatan yang dijalankan oleh anak usaha perseroan, PT Pertamina Bina Medika Indonesia Healthcare Corporation (Pertamedika IHC).

Di sela kunjungan tersebut, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengingatkan tim medis untuk tetap menjaga kesehatan sehingga mampu melayani masyarakat dengan maksimal.

Direktur Medis Pertamedika IHC dr. Asep Saepul Rohmat, Sp.PD, KGEH, FINASIM menyambut baik kunjungan Srikandi BUMN ini, sebagai semangat untuk tim kesehatan.

Dalam penjelasannya, dr. Asep mengungkapkan tim Pertamedika IHC dan beberapa perusahaan BUMN yang tergabung dalam cluster kesehatan saat ini telah melayani 820 warga, sejak pertama kali tim medis beroperasi pada Selasa (22/11).

Dia menjelaskan, angka kesakitan meningkat sejak 3 hari terakhir, sehingga kunjungan warga ke posko kesehatan menjadi 120 orang per hari dari sebelumnya di kisaran 50 orang. Keluhan terbanyak adalah batuk pilek karena masyarakat masih tinggal dalam tenda pengungsi di tengah cuaca yang masih sering hujan.

"Selain memberi pengobatan di posko, tim medis IHC juga berkunjung ke tenda dan rumah warga untuk memeriksa kesehatan," jelas dr Asep.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS