Sukses

Edukasi jadi Modal Utama Sebelum Memulai Investasi

Pemahaman mengenai saham sebelum memulai berinvestasi juga akan membuat pemula memahami investasi baik secara fundamental maupun teknikal.

 

Liputan6.com, Jakarta Setelah melewati masa pandemi dalam dua tahun terakhir, banyak masyarakat yang berlomba untuk mencari penghasilan tambahan agar dapat meningkatkan perekonomian yang sempat menurun.

Salah satu cara yang kini tengah banyak digandrungi adalah melalui investasi saham. Sekarang ini, investasi saham seolah menjadi suatu tren yang dilakukan oleh masyarakat dari berbagai kalangan dan tingkatan usia.

Hal ini dikarenakan akses untuk berinvestasi saham yang mudah serta fleksibel dengan layanan platform investasi dari berbagai perusahan sekuritas yang bisa dilakukan banyak orang.

Namun, perlu diketahui bahwa berinvestasi tidak bisa dilakukan dengan tanpa adanya edukasi dan pemahaman dasar. Disamping itu perlu strategi dan antisipasi resiko yang tepat agar investasi memiliki resiko yang terukur.

Hal ini mengingat berinvestasi saham memiliki risiko yang tinggi sehingga harus memiliki rencana dan pengetahuan yang matang dalam berinvestasi saham. Oleh karena itu, edukasi saham menjadi satu hal yang sangat penting sebelum memulai investasi saham agar para investor saham dapat meminimalisir risiko kerugian yang akan terjadi.

Pemahaman mengenai saham sebelum memulai berinvestasi juga akan membuat pemula memahami investasi saham baik secara fundamental maupun teknikal.

“Sebelum memulai terjun di pasar modal, pahami konsep dasar, tanya sama diri sendiri, apa tujuan anda di pasar modal?” kata CEO PanenSAHAM Sekuritas Indonesia Anthony.

Edukasi mengenai dunia investasi saham ini dapat dimulai dari pengetahuan dasar dalam berinvestasi, yakni menentukan waktu kapan harus membeli dan menjual saham (Buy and Sell), dasar analisa teknikal. Seringkali hal ini diabaikan oleh para investor pemula sehingga tidak memperoleh keuntungan yang diinginkan namun malah memperoleh kerugian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minimalisir Kerugian

Padahal, pengetahuan tersebut merupakan salah satu strategi yang penting untuk dapat meminimalisir kerugian dalam investasi saham nantinya. Selain itu, edukasi juga sangatlah penting untuk dilakukan agar para pemula bisa mendapatkan insight serta sudut pandang yang baru dalam dunia investasi saham.

Dengan edukasi saham, para pemula akan mengetahui langkah demi langkah yang harus dilakukan dan mempersiapkan diri untuk kedepannya baik secara modal maupun psikologis.Meskipun edukasi saham sangat perlu, banyak investor pemula yang tidak mengetahui dimana dan dengan siapa dirinya dapat memperoleh edukasi mengenai saham.

Mengetahui hal tersebut, Anthony bersama PanenSAHAM yang berkomitmen melakukan edukasi saham gratis keliling di seluruh Indonesia kembali menggencarkan edukasi di Jogja pada 19 November 2022 dan Semarang pada 20 November 2022 bertema “Strategi Memulai Saham untuk Pemula”.

Edukasi ini dihadiri total lebih dari 200 peserta tak terkecuali para pelajar dan mahasiswa, selain pemula para investor yang sudah expert juga turut hadir untuk belajar mengenal kalkulator pintar dalam menganalisa saham pilihan yaitu Aplikasi Monika PanenSAHAM.Anthony memaparkan bahwa membeli prospek perusahaan bagi pemula dalam memilih saham sangatlah penting.

 

3 dari 4 halaman

Gara-Gara Investasi Bodong, Masyarakat Rugi Rp 123,45 Triliun

Satgas Waspada Investasi mencatat kerugian masyarakat terhadap investasi bodong mencapai Rp123,45 triliun. Nilai tersebut merupakan akumulasi sejak 2018-2022.

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L Tobing menyampaikan, modus umum yang digunakan pelaku investasi ilegal untuk menjerat korban yaitu memberi iming-iming keuntungan besar dalam waktu singkat.

"Ciri-ciri investasi ilegal menjanjikan keuntungan tidak wajar dalam waktu cepat," ujar Tobing di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), Senin (21/11/2022).

Tobing juga menuturkan, masyarakat seakan-akan lupa terhadap bahaya investasi ilegal karena mendapatkan janji bonus besar dari perekrutan anggota baru "member get member", terlebih lagi jika pelaku investasi ilegal mencatut atau memanfaatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, public figur, untuk menarik minat berinvestasi.

Kerugian masyarakat dari investasi ilegal juga dipicu atas iming-iming klaim keuntungan tanpa risiko.

Dia mendorong masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaan dan literasi tentang investasi. Sebab, investasi ilegal tidak memiliki legalitas yang jelas seperti tidak memiliki izin usaha. Atau, imbuh dia, perusahaan tersebut memiliki izin kelembagaan akan tetapi tidak memikiki izin usaha.

Atau, memiliki izin kelembagaan dan izin usaha namun melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan izinnya.

4 dari 4 halaman

Kasus Mahasiswa IPB

Penyampaian Tobing terhadap investasi ilegal dipicu oleh kasus ratusan mahasiswa IPB terjerat utang melalui pinjaman online untuk berinvestasi, yang kemudian dikonfirmasi bahwa investasi tersebut adalah investasi bodong.

Kasus tersebut dibenarkan oleh Rektor IPB University, Arif Satria. Ia memastikan 116 mahasiswanya menjadi korban penipuan pinjaman online dari sekitar 300 orang dari berbagai perguruan tinggi. Pihaknya pun telah memanggil para korban.

Menurut Arif, dari hasil pertemuan itu, diketahui tidak ada transaksi bersifat individual dari para mahasiswa IPB University. Pihaknya pun berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menyelesaikan masalah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.