Sukses

Konsep Rumah Pintar Kini Makin Diminati Konsumen Properti

Saat ini tengah berkembang rumah dengan penerapan teknologi canggih yang dapat dioperasikan dengan mudah.

 

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi saat ini berjalan begitu massif, sehingga semua sisi kehidupan tentunya tidak terlepas dari yang namanya teknologi.

Bahkan dari mulai bangun tidur hingga tidur kembali, kemudian dari berangkat hingga pulang kerja dan rebahan hingga menonton hiburan. Semua aktivitas tersebut mampu ditunjang oleh teknologi yang memadai. 

Bahkan saat ini tengah berkembang rumah dengan penerapan teknologi canggih yang dapat dioperasikan dengan mudah. Selain itu, rumah yang berteknologi itu sekaligus didesain hemat energi dan juga ramah ekologi. 

“Yarra Cluster at Anwa Residence Puri yang merupakan perumahan dengan konsep Modern Tropical Lifestyle, telah menerapkan rumah pintar atau dikenal dengan smarthome yang memanfaatkan kecanggihan teknologi. Di mana kita bisa mengendalikan hanya dengan smartphone yang kita miliki, jadi tidak perlu khawatir lagi lampu rumah sudah dimatikan atau dinyalan. Kita bisa control itu semua melalui genggaman tangan saja," ucap Direktur Utama PT Kartunindo Perkasa Abadi, Kenny Glorious Andwa dikutip Selasa (15/11/2022).

Tidak hanya hadir dengan smarthome system saja, Yarra Cluster pun telah dilengkapi dengan Smart Door Lock, Smart Lamp, CCTV, & Panic Button. Untuk keamanan cluster menggunakan One gate system dan juga fasilitas lain seperti taman dapat dimanfaatkan oleh penghuni Yarra Cluster. 

Keunggulan dari Yarra Cluster by Anwa Residence Puri tidak hanya hadir dengan teknologi canggihnya saja, tetapi lokasi yang dihadirkan pun sangat strategis. Yarra Cluster at Anwa Residence Puri dikelilingi oleh pusat perbelanjaan, pusat kesehatan, pusat bisnis, dan juga pusat pendidikan. 

“Lokasi kami bisa dibilang sangat strategis hanya 11 menit dari pintu tol Meruya Selatan, 11 menit ke IPEKA. Jika ingin ke pusat perbelanjaan Mall Puri hanya 15 menit berkendara, lalu kita juga dekat dengan RSPI Puri Indah, dan 30 menit ke Bandara International Soekarno Hatta," ujarnya.

Dengan banyaknya keunggulan dari Yarra Cluster by Anwa Residence Puri, tentunya ini bisa menjadi properti ideal bagi para milenial atau masyarakat. Jika ingin memiliki rumah mewah 3 lantai di Jakarta Barat Yarra Cluster by Anwa Residence Puri, memiliki program terbaru yaitu hanya membayar 100 jutaan sudah bisa memiliki satu rumah. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

DP Nol Persen KPR Diperpanjang, Pengembang Properti Harus Mampu Baca Pasar

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk memperpanjang kebijakan pelonggaran rasio loan to value (LTV) dan financing to value (FTV) untuk kredit pemilikan rumah (KPR) serta pembiayaan properti hingga 31 Desember 2023. Kebijakan ini memungkinkan masyarakat membeli properti menggunakan KPR dengan fasilitas down payment (DP) atau uang muka 0 persen.

Country Manager Rumah.com Marine Novita menjelaskan, sebagai salah satu stakeholder industri properti, Rumah.com menyambut baik keputusan Bank Indonesia yang memperpanjang kebijakan DP Nol Persen hingga akhir 2023.

Perpanjangan ini diharapkan bisa mempertahankan tren positif sektor properti yang sudah cukup membaik selama setahun terakhir ini.

Stimulus Pemerintah berupa DP 0 Persen yang diluncurkan tahun lalu terbukti memberi pengaruh signifikan terhadap perputaran ekonomi di sektor properti. Apalagi industri properti merupakan sektor strategis yang melibatkan 174 sektor lainnya dan 350 jenis industri terkait skala kecil.

"Tren kenaikan suku bunga acuan bank sentral, termasuk BI-Day Reverese Repo Rate yang kembali dinaikkan oleh Bank Indonesia di bulan Oktober ini hingga sekarang berada di level 4,75 persen perlu diikuti insentif lanjutan dari Pemerintah. Sehingga stimulus DP 0 Persen bagi masyarakat harus tetap diberikan demi mempertahankan geliat positif sektor properti di tanah air," jelasnya dalam keterangan tertulis, Senin (31/10/2022).

Marine melanjutkan, perpanjangan kebijakan stimulus DP 0 Persen untuk sektor properti perlu dimaksimalkan manfaatnya terutama bagi para pencari rumah.

Oleh karena itu para pengembang harus memperhatikan beberapa aspek penting yang menjadi perhatian para pencari rumah sebagaimana terlihat dari hasil survei Rumah.com Consumer Sentiment Study H2 2022.

3 dari 3 halaman

Makin Peduli Lingkungan

Beberapa aspek penting yang diperhatikan para pencari rumah di Indonesia diantaranya adalah mereka makin peduli dengan lingkungan sekitar hunian sekaligus memikirkan aspek kesehatan pasca pandemi dimana sebanyak 83 persen responden survei menyatakan bersedia membayar lebih untuk properti yang memiliki fitur ramah lingkungan dan kesehatan.

Hasil survei Rumah.com Consumer Sentiment Study H2 2022 juga mengungkap bahwa hampir seluruh responden khawatir dengan perubahan iklim yang mempengaruhi properti mereka seperti dinyatakan oleh 97 persen responden. Mayoritas responden menyebutkan bencana alam seperti banjir, gempa bumi, kebakaran dan tanah longsor sebagai perhatian utama mereka ketika membeli hunian.

Rumah.com Consumer Sentiment Study adalah survei berkala dilakukan dua kali dalam setahun oleh Rumah.com sebagai portal properti terdepan di Indonesia bekerjasama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura untuk mengetahui dinamika pasar properti tanah air.

Survei kali ini berdasarkan 1000 responden dari seluruh Indonesia yang berlangsung pada bulan Juni hingga Juli 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.