Sukses

Tim Cook Kunjungi Apple Developer Academy di Jakarta, Bertemu Pengembang Muda Berbakat dan Aplikasi Inspiratif

CEO Apple, Tim Cook, bertemu dengan para developer muda berbakat di Apple Developer Academy Jakarta. Dia melihat aplikasi mereka yang inspiratif, termasuk PetaNetra dan WonderJake.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Cook, CEO Apple mengakhiri agendanya hari ini pada Rabu, 17 April 2024, dengan mengunjungi Apple Developer Academy di Jakarta.

Dalam kunjungannya di akademi pengembang, Tim Cook sempat berinteraksi dengan para developer yang sedang belajar.

Sontak ruangan yang sedang ramai dengan obrolan tentang pembuatan aplikasi pun langsung berubah menjadi bersorak-sorai menyambut kehadiran bos Apple itu.

Dia pun langsung merangsek masuk ke dalam kerumunan peserta akademi, dan terlihat mengobrol santai dengan mereka.

Selain itu, tak sedikit pula beberapa pelajar di akademi tersebut "curi kesempatan" untuk ber-selfie dengan orang nomor satu di Apple tersebut.

Tim Cook menyempatkan diri untuk mengenal lebih jauh tentang aplikasi apa saja yang dibuat, dan bertanya tentang mimpi mereka setelah lulus dari Apple Developer Academy.

"Aplikasi apa yang sedang kalian buat, dan apa mimpi kalian setelah menjalani seluruh program atau lulus dari akademi," tanya CEO Apple Tim Cook.

Salah satu pelajar mengatakan, mereka memiliki mimpi bila nanti lulus dari Apple Developer Academy ini ingin merintis bekerja sebagai product manager.

Selain bertemu dengan para developer, bos Apple ini juga bertemu para alumni dan pengembangan aplikasi yang sudah merilis karya mereka di App Store.

Salah satunya adalah tim pengembangan aplikasi PetaNetra, yakni Jessi Febria, Graciela Gabrielle Angeline, dan Yafonia Hutabarat.

PetaNetra sendiri adalah aplikasi navigasi dalam ruangan pertama di Indonesia yang membantu pengguna tunanetra, dan yang memiliki penglihatan kurang baik agar dapat bepergian secara mandiri.

Aplikasi ini menggunakan jalur augmented reality untuk menyarankan rute paling aman dan paling cepat, dengan mempertimbangkan hal-hal seperti dinding, pola lantai, dan objek lainnya.

Tim Cook pun beberapa kali memuji aplikasi buatan ketiga sahabat tersebut, dan mengatakan PetaNetra dapat membantu banyak pengguna di masa mendatang.

Selain PetaNetra, bos Apple ini juga berbincang-bincang dengan pengembang aplikasi sukses asal Indonesia lainnya. Secara keseluruhan, Tim memuji pencapaian dari masing-masing pengembang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menkominfo Ungkap Presiden Jokowi Ajak Apple Investasi Smart City di IKN

Tim Cook bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas sejumlah hal terkait rencana investasi. (Handout/Istana Kepresidenan/AFP)

CEO Apple Tim Cook telah melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta. Dalam pertemuan itu, ada beberapa agenda yang dibicarakan.

Salah satunya, menurut Menteri Kominfo (Komunikasi dan Informatika) Budi Arie Setiadi, presiden menawarkan peluang investasi pada Apple untuk pengembangan smart city di Ibu Kota Nusantara sekaligus manufaktur produk perangkat telekomunikasi.

"Presiden tadi menyampaikan kepada Apple bagaimana bisa berpartisipasi dalam pengembangan smart city di IKN," tuturnya dalam siaran pers yang diterima, Rabu (17/4/2024).

Menurut Menkominfo, Apple optimistis berinvestasi di Indonesia karena melihat peluang yang besar, termasuk pembangunan IKN. Ia pun menuturkan, nantinya akan ada pembicaraan yang lebih detail.

"Kementerian Kominfo akan mendukung penuh dan mengawal aspek standarisasi perangkat telekomunikasi," ujarnya melanjutkan. Selain itu, Menkominfo juga menyatakan komitmen CEO Apple berinvestasi agar menjadikan Indonesia sebagai bagian dari global supply chain.

3 dari 4 halaman

Presiden Jokowi Dorong Apple kembangkan Manufaktur di Tanah Air

Bertemu Presiden Jokowi, Tim Cook dikabarkan membahas rencana investasi di Indonesia. (Handout/Istana Kepresidenan/AFP)

Dijelaskan lebih lanjut, Budi Arie berharap pertemuan tersebut akan dapat meningkatkan optimisme Indonesia. Menurutnya, Indonesia dan Asia kini menjadi salah satu pasar produk perangkat telekomunikasi.

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi mendorong Apple bisa mengembangkan manufaktur produk telekomunikasi di Tanah Air.

"Bagaimana kemungkinan manufacturing Apple di Indonesia, karena saat ini kawasan ASEAN menjadi pasar yang besar bagi Apple dengan 65 juta penduduknya. Dan, Indonesia berkontribusi sampai 45% pasar untuk kawasan ASEAN," ucap Menkominfo.

Ia juga menuturkan, Apple telah menjadi bagian dalam pengembangan talenta digital nasional. Saat ini, Apple telah membangun tiga Apple Developer Academy di Batam, Tangerang, Surabaya, dan kemudian menyusul di Bali.

4 dari 4 halaman

Apple Investasikan Rp 1,6 Triliun untuk Program Apple Developer Academy di Indonesia

Sebelumnya, pada Rabu (17/4/2024) pagi, CEO Apple Timothy Donald Cook atau Tim Cook bertandang ke Istana Kepresidenan. (Handout/Istana Kepresidenan/AFP)

Di sisi lain, Apple menggelontorkan investasi sebesar Rp 1,6 triliun di Indonesia. Investasi tersebut bukan dalam bentuk pabrik atau Apple Store, melainkan untuk melatih para pengembang iOS di Indonesia.

Program pelatihan yang dimaksud bernama Apple Developer Academy. Terbaru, dalam lawatan ke Indonesia, CEO Apple Tim Cook, meresmikan Apple Developer Academy Indonesia di Bali.

 Sekadar informasi, ini bukan pertama kalinya Apple membuka akademi pelatihan untuk para pengembang. Perusahaan ini pertama kali membuka Apple Developer Academy di Indonesia pada 2018 yang bertempat di Jakarta.

Selanjutnya, Apple juga membuka akademi yang sama di Surabaya dan Batam. Melalui program Apple Developer Academy, Apple bakal melatih pengembang, pelajar, dan pengusaha dalam mengembangkan aplikasi untuk iOS.

Program Apple Developer Academy yang sudah ada di Surabaya, Batam, dan Jakarta sendiri telah diikuti oleh lebih dari 2.000 calon pengembang.

Diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, untuk program Apple Developer Academy di Indonesia, investasi Apple Rp 1,6 triliun.

"Rp 1,2 triliun untuk tiga akademi (Apple Developer Academy di Jakarta, Surabaya, dan Batam). Kalau ditambah satu lagi di Bali, jari Rp 1,6 triliun," kata Menkominfo Budi Arie dalam konferensi pers di kantor Kominfo usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu dengan Bos Apple Tim Cook.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini