Sukses

Miliarder Wanita Australia Berseteru dengan Tim Olahraga Gara-gara Komentar Rasis Ayahnya

Para ahli mengatakan perselisihan tersebut jadi hal yang lumrah karena atlet dan penggemar mengambil sikap yang lebih kuat tentang sumber uang sponsor.

Liputan6.com, Jakarta Wanita terkaya Australia Gina Rinehart memberikan bantuan finansial kepada Netball Australia. Namun sayangnya, hal itu justru memicu perdebatan tentang sponsorship dan masalah sosial politik di bidang olahraga.

Keputusan mengejutkan Rinehart untuk menarik 14 juta dolar Australia (USD 8,9 juta) atau sekitar Rp 138,8 miliar kesepakatan sponsorship untuk Diamonds, tim bola net nasional Australia, membuat para pemain kaget dan berdampak pada Netball Australia, sebuag badan olahraga yang sedang terlilit utang.

Namun, hal ini bukanlah hal baru. Para ahli mengatakan perselisihan tersebut jadi hal yang lumrah karena atlet dan penggemar mengambil sikap yang lebih kuat tentang sumber uang sponsor.

Pekan lalu, penggemar papan atas Fremantle Dockers AFL mendesak manajemen untuk memutuskan hubungan dengan sponsor jangka panjang, perusahaan bahan bakar fosil Woodside, atas emisi karbonnya.

Sementara itu, kapten kriket penguji Australia Pat Cummins dilaporkan mengangkat masalah dengan kesepakatan Cricket Australia dengan Alinta Energy, untuk alasan yang sama.

Di sisi lain, anggota Diamonds sendiri keberatan difokuskan pada komentar rasis yang dibuat hampir 40 tahun yang lalu oleh ayah Rinehart, Lang Hancock, pendiri perusahaannya Hancock Prospecting.

Sebagai informasi, Rinehart menjadi salah satu pendukung produktif tim olahraga Australia dan biasanya mendapat pujian atas kesepakatan sponsornya.

Tahun lalu, perenang Olimpiade Cate Campbell dilaporkan mengatakan bahwa Rinehart telah “menyelamatkan olahraga renang”.

Akan tetapi, Kevin Argus selaku dosen pemasaran dari RMIT University mengatakan bahwa keputusan Rinehart pada hari Sabtu untuk menarik dana dari Netball Australia adalah "kesempatan yang hilang" untuk "merangkul suasana nasional”.

"Di Australia, kami telah menyaksikan banyak perusahaan besar yang kuat mendapat manfaat besar dari asosiasi positif dengan olahraga dan menarik dukungan dana mereka segera setelah masalah muncul dengan atlet," katanya seperti dilansir CNN, Senin (31/10/2022).

Atlet Diamonds mengangkat kekhawatiran tentang terlihat mendukung warisan diskriminasi Aborigin. Beberapa telah menyatakan keprihatinan tentang lingkungan.

"Ini adalah masalah utama hari ini yang tidak akan hilang," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kata-kata terkenal kembali menghantui pemain

Di tengah kontroversi wanita Noongar Donnell Wallam, seorang bintang yang sedang naik daun yang akan memulai debutnya minggu ini sebagai pemain netball Pribumi ketiga yang mewakili Australia.

Wallam dilaporkan telah menyatakan keberatan tentang penggunaan logo Hancock karena komentar ayah Rinehart terkait orang-orang Bangsa Pertama Australia.

Selama wawancara yang disiarkan televisi pada tahun 1984, Hancock mengatakan dia akan "mengobati air sehingga mereka steril dan berkembang biak sendiri".

Kata-katanya adalah pengingat kelam dari sikap rasis terhadap masyarakat Pribumi. Meskipun Rinehart mempromosikan dukungannya yang lama terhadap komunitas Aborigin melalui royalti pertambangan dan amal, dia tidak pernah secara terbuka mengutuk pernyataan ayahnya.

Ketika rekan satu tim Wallam telah berkumpul di sekelilingnya dan tim berlari ke lapangan untuk bermain melawan Selandia Baru di Piala Konstelasi minggu lalu, mereka mengenakan seragam lama tanpa logo Hancock.

Dalam pernyataan pada hari Sabtu, Rinehart dan Hancock Prospecting mengatakan tidak ada persyaratan bagi Diamonds untuk memakai logo selama pertandingan Selandia Baru dan mereka tidak menolak untuk memakainya.

Pernyataan itu mengatakan perusahaan pertambangan milik Hancock, Roy Hill, juga akan menarik dukungannya dari Netball WA, badan bola net negara bagian, karena kedua perusahaan "tidak ingin menambah masalah perpecahan Netball".

Baik Netball Australia dan Netball WA akan ditawari pendanaan selama empat bulan sementara mereka menemukan mitra baru, tambah pernyataan itu.

Secara terpisah, Rinehart dan Hancock tampaknya mengecam para pemain dengan mengatakan bahwa mereka menganggap "tidak perlu bagi organisasi olahraga untuk digunakan sebagai kendaraan untuk tujuan sosial atau politik".

“Ada cara yang lebih tepat sasaran dan tulus untuk memajukan tujuan sosial atau politik tanpa sinyal kebajikan atau untuk publisitas diri,” tulis pernyataan itu.

Pada hari Senin, Kathryn Harby-Williams, CEO Asosiasi Pemain Netball Australia mengatakan kepada Australian Broadcasting Corporation bahwa Wallam telah meminta pengecualian untuk tidak memakai logo dan ditolak.

Pada akhirnya, Donnell menemukan tekanan terlalu banyak dan memutuskan bahwa dia akan memakai logo tersebut. Tapi sudah terlambat.

 

3 dari 4 halaman

Menyeimbangkan masalah sosial dan pendanaan

Netball Australia tidak merahasiakan kesulitan keuangannya. Meskipun menjadi olahraga beregu paling populer di Australia dengan 1,2 juta pemain, itu membuat kerugian tahun lalu sebesar 4,4 juta dolar Australia (USD 2,8 juta).

CEO Netball Australia Kelly Ryan mengatakan kepada Nine News bahwa hilangnya sponsor Hancock adalah hal yang “mengecewakan”, tetapi “keseimbangan yang kuat” perlu dicapai antara masalah sosial dan pendanaan.

“Ada peran yang sangat penting yang dimainkan oleh organisasi olahraga dari akar rumput hingga elit untuk menciptakan lingkungan yang aman untuk melakukan percakapan sosial yang sangat kuat,” kata Ryan.

“Tetapi juga perlu ada keseimbangan dalam hal realitas komersial itu juga,” lanjutnya.

Dalam sebuah pernyataan, para pemain mengatakan mereka “kecewa” dengan keputusan Hancock untuk menarik sponsor dan berterima kasih kepada sponsor lain atas dukungan mereka yang berkelanjutan.

Pernyataan itu menambahkan, “Laporan protes atas nama para pemain, dengan alasan lingkungan, dan perpecahan dalam kelompok bermain tidak benar. Masalah tunggal yang menjadi perhatian para pemain adalah salah satu dukungan untuk satu-satunya anggota tim Pribumi kami.”

Vickie Saunders, pendiri The Brand Builders, mengatakan keberatan Wallam untuk mengenakan logo Hancock sangat pribadi, dan bukan masalah pemain yang menggunakan profil publik mereka untuk mempromosikan tujuan politik.

“Budayanya yang berusia 60.000 tahun akan memberi tahu Anda bahwa itu penting. 200 tahun kelangsungan hidupnya, dan sesama penduduk asli akan memberi tahu Anda bahwa itu penting,” kata Saunders.

“Dia memiliki alasan yang sangat pribadi untuk tidak ingin memakai logo yang mewakili seseorang yang mengatakan bahwa orang-orangnya harus disterilkan atau dibesarkan,” katanya. “Ini bukan masalah baru baginya. Ini hidupnya,” sambungnya.

Mensponsori olahraga Australia

Hancock Prospecting didirikan pada tahun 1955 dan mempertahankan minat dalam eksplorasi bijih besi, batu bara, dan mineral, serta daging sapi dan susu.

Selain itu, perusahaan juga mendanai layanan untuk komunitas Aborigin terpencil dan pedesaan, termasuk program kesehatan dan pendidikan, dan Rinehart adalah wajah yang dikenal di kalangan olahraga elit.

Miliarder itu mensponsori Swimming WA, Swimming Queensland, Volleyball Australia, Rowing Australia, dan Artistic Swimming Australia, dan baru-baru ini membuat kesepakatan untuk mensponsori Tim Olimpiade Australia hingga 2026.

Minggu ini, sebagai tanggapan atas perdebatan seputar Diamonds, banyak dari badan olahraga tersebut merilis pernyataan yang memuji dedikasi Rinehart pada olahraga.

“Komitmen tanpa pamrih Nyonya Rinehart terhadap olahraga wanita layak mendapatkan penghargaan dari negara olahraga besar kita,” kata Presiden Bola Voli Australia Craig Carracher.

Sementara itu, CEO Swimming Queensland Kevin Hasemann mengatakan dia menemukan "karakterisasi negatif di beberapa tempat sponsor baru Mrs Rinehart dari olahraga lain disesalkan."

Surat kabar Australia juga menimbang dengan editorial yang mengatakan tidak ada ruang untuk “membatalkan budaya” – “mengorbankan Nyonya Rinehart karena komentar yang dibuat beberapa dekade lalu oleh ayahnya, Lang Hancock, adalah jembatan yang terlalu jauh.”

Kesepakatan sponsor Netball Australia itu akan bernilai 3,5 juta dolar Australia (USD 2,2 juta) per tahun selama empat tahun – jumlah yang hampir dapat diabaikan untuk perusahaan yang membukukan laba 7,3 miliar dolar Australia ($ 4,6 miliar) pada tahun 2021 di belakang besi yang melonjak. harga bijih.

Kim Toffoletti sebagai seorang profesor sosiologi di Universitas Deakin Melbourne, mengatakan untuk olahraga yang kurang mapan, sulit untuk menolak tawaran sponsor apa pun.

“Penghidupan mereka dipertaruhkan … sangat sulit untuk menolak uang sebanyak itu karena itu membuat olahraga Anda tetap bertahan,” kata Toffoletti.

“Saya tidak melihatnya sebagai kegagalan olahraga tetapi mungkin sebuah sistem di mana olahraga tertentu dihargai secara ekonomi dan budaya di atas yang lain, yang berarti ada banyak yang gagal,” imbuhnya.

 

4 dari 4 halaman

Keinginan Pemain

Bintang olahraga yang sedang naik daun saat ini adalah anggota generasi Z yang lahir pada akhir 1990-an hingga sekitar 2010. Jadi, sikapnya mungkin berbeda dari para eksekutif yang menjalankan badan olahraga mapan dan merek ternama.

Para ahli mengatakan, sponsor tidak bisa mengharapkan atlet muda untuk menyelaraskan diri dengan nilai-nilai mereka.

“Beberapa dari olahraga ini memiliki model bisnis yang sangat kuno, yang mungkin dibangun sekitar 30-40 tahun yang lalu di era yang berbeda,” Andrew pakar pemasaran Australian National University Hughes.

“Tapi sekarang kami memberi banyak nilai pada apa yang diperjuangkan merek, apa yang mereka wakili. Saya pikir kita melihat itu tercermin dalam cara berpikir para atlet itu sendiri,” imbuhnya.

Saunders dari The Brand Builders mengatakan para atlet menyadari bahwa melindungi merek pribadi mereka lebih penting daripada mengikuti nilai-nilai sponsor mereka.

“Merek Anda sebenarnya adalah aset Anda yang paling berharga karena setelah pertandingan, atau setelah karier Anda, itulah hal yang dapat Anda bawa ke dalam pekerjaan atau peluang lain dalam hidup,” katanya.

Itu sangat penting bagi pemain yang tidak menghasilkan banyak uang yang perlu mencari sumber pendapatan lain ketika karir olahraga mereka berakhir, tambah Saunders.

Kevin Argus dari RMIT University mengatakan tanggapan Rinehart terhadap perdebatan menunjukkan “pengambilan keputusan reaktif” yang kontraproduktif bagi perusahaan yang ingin memenangkan dukungan publik.

Dia mengatakan pilihan yang lebih baik adalah untuk terlibat dengan para pemain, sebagai mentor di tempat kerja, untuk lebih memahami nilai-nilai mereka dan bagaimana mereka dapat bekerja sama untuk kepentingan kedua belah pihak.

“Keluar dari sponsor ketika atlet berperilaku sebagai manusia yang berfungsi normal menunjukkan pengambilan keputusan yang reaktif dan menyoroti perlunya kepemimpinan yang lebih berani dan transformatif,” katanya.

“Bila dilakukan dengan baik, sponsorship olahraga adalah transformasi merek untuk olahraga dan sponsor.”

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.