Sukses

Daftar Lengkap UKM Penyedia Offical Merchandise G20 Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) telah menyediakan deretan UKM yang menjadi penyedia officla merchandise G20 Indonesia.

Sebelumnya, KemenkopUKM melalui SMESCO bersama kurator independent telah melakukan kurasi produk UKM untuk official merchandise G20 Indonesia.

“Kami dari KemenkopUKM tentu saja memaksimalkan event G20 ini, bagaimana sebanyak mungkin UMKM kita bisa berpatisipasi,” kata Staf Ahli Menteri Bid. Produktivitas dan Daya Saing, Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya, dalam Konferensi Pers #G20Updates, Kamis (6/10/2022).

Tercatat 1.204 UKM yang mendaftar melalui www.dataukm.semsco.go.id, kemudian diseleksi menjadi 20 UKM. Bagi UKM yang lolos, mereka melakukan presentasi produk secara online melalui zoom, barulah dipilih 20 UKM.

Dari 20 UKM yang terpilih menjadi penyedia official merchandise G20 Indonesia, kategorinya ada craft, fashion, makanan, kosmetik, dan wellness.

Berikut daftar UKM penyedia officla merchandise G20 Indonesia:

Fashion dan accessories

-          Pandora Mutuara (NTB)

-          Kallestory Eyewear (DIY)

-          Borobudur Silver (DIY)

-          Maharani Craft (Bali)

-          Batika (NTB)

-          Hape (Bali)

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

UKM Lain

Herbal dan wellness

-          Dehealth Supplies (Jawa Timur)

-          Fragrande Kreasi Alami (Jawa Barat)

-          Adem Juice dan Smoothies (Bali)

-          Tri Utami Jaya (NTB)

-          Yagi Natural Indonesia (Aceh)

-          Cocomama Komodo (NTT)

-          Samsara (Bali)

-          Rumah Atsiri (Jawa Tengah)

Craft

-          Faber Instrument Indonesia (Jawa Barat)

-          Pala Nusantara (Jawa Barat)

-          Wonnow Handcrafted (Jawa Timur)

-          Suryo Art (Jawa Tengah)

-          Hucravindo (Jawa Timur)

-          Furniwell Calistaprima (Jawa Tengah)

Bag and Stationeries

-          Lima Menara Sejahtera (Bali)

Food and Beverage

-          Lewi’s Organics (Banten)

Custome Packaging

-          Imagenation (Jawa Barat) 

3 dari 4 halaman

20 UKM Produksi Official Merchandise Presidensi G20 Indonesia

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menunjuk sekitar 20 UKM untuk menyediakan bingkisan resmi atau official merchandise Presidensi G20 Indonesia. Ini merupakan hasil kurasi yang dilakukan Kemenkop UKM.

20 UKM itu akan menyediakan 5 kategori produk. Yakni fesyen dan aksesori sebanyak 8 UKM, tas dan alat perkantoran sebanyak 2 UKM, kosmetik, herbal dan wellness sebanyak 5 UKM. Serta kerajinan sebanyak 4 UKM, dan custom packing sebanyak 1 UKM.

"Dalam mendukung perhelatan Presidensi G20 Indonesia, KemenKopUKM telah melakukan kurasi produk melalui kurator independen untuk official merchandise G20 Indonesia," kata Menteri Teten dalam konferensi pers di Gedung Smesco Indonesia, mengutip keterangan resmi, Selasa (26/7/2022).

Lebih lanjut, dia menambahkan 20 UKM terpilih ini merupakan hasil kurasi dari 1.204 UKM yang mendaftar. Proses kurasi pun dilakukan oleh kurator independen yang ahli dalam bidangnya masing-masing.

Menurut Menteri Teten, saat ini isu pengembangan UMKM menjadi hal yang sangat strategis baik dalam lingkup regional maupun internasional. Dalam forum G20 sendiri, UMKM menjadi salah satu crosscutting issue yang sangat strategis yang dibahas di berbagai working group, dan engagement group.

"Maka dari itu, Presidensi G20 Indonesia sendiri harus kita manfaatkan untuk promosi produk UKM artisan yang siap masuk pasar global," katanya.

Menteri Teten menegaskan bahwa dengan official merchandise ini, para delegasi yang datang untuk menghadiri Presidensi G20 Indonesia akan terus terkenang dengan produk UKM Indonesia.

Selain itu, dalam pelaksanaan pemasaran dan dukungan terhadap produk, KemenKopUKM juga akan berkolaborasi dengan pihak aggregator yang berperan sebagai offtaker dan konsolidator produk-produk UMKM terpilih hingga membantu pemasaran baik online maupun melalui kanal penjualan offline pada main event, side event, maupun acara road to G20 yang diadakan.

"Dengan inisiasi KemenKopUKM, pengadaan merchandise dan hospitality oleh panitia penyelenggara main dan side event Presidensi G20 Indonesia akan lebih mudah dan dapat terakomodasi satu pintu oleh KemenKopUKM. Hal tersebut menjadi momentum dan ikhtiar kami untuk terus memanfaatkan Presidensi G20 Indonesia bagi UMKM secara lebih konkret agar dapat dirasakan secara nyata untuk kepentingan nasional," ucap Menteri Teten.

4 dari 4 halaman

Tingkatkan Produk UMKM

Di tempat yang sama, Koordinator Tim Asistensi dan Kemitraan G20 Indonesia Wishnutama menyatakan bahwa dirinya mendukung pemanfaatan gelaran Presidensi G20 Indonesia untuk meningkatkan produk UMKM Indonesia.

"Sudah ada berbagai macam produk UMKM disiapkan untuk mendukung G20. Produk ini juga sudah dikurasi dan hasilnya luar biasa. Jadi kalau ada kemauan hasilnya akan terlihat dan sangat extraordinary. Momentum G20 ini jangan dibiarkan saja tapi untuk tingkatkan potensi UMKM," ujar Wishnutama.

Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata menambahkan, proses kurasi yang dilaksanakan untuk 20 UKM tersebut dilaksanakan dengan baik dan terbuka. Dia pun berharap dengan adanya 269 side event G20 dan main event pada November 2022, UMKM dapat mengambil bagian.

"Ada 200 lebih event yang diselenggarakan dalam G20 ini dan setiap saat memerlukan produk. Hal ini tentu akan lebih baik kalau mengambil dari UKM," kata Leo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.