Sukses

Harga Minyak Dunia Hari Ini Mengucur Turun Akibat Bisik-bisik Ekspor Minyak Iran

Sebesar ini harga minyak dunia dijual hari ini.

Liputan6.com, New York - Harga minyak merosot sekitar USD 2 per barel dalam perdagangan yang bergejolak karena investor bersiap untuk kemungkinan kembalinya ekspor minyak Iran ke pasar global.

Harga minyak hari ini juga dipengaruhi kekhawatiran bahwa kenaikan suku bunga AS akan melemahkan permintaan bahan bakar.

Melansir laman CNBC, Jumat (26/8/2022), harga minyak mentah Brent menetap di posisi USD 99,34 per barel, turun USD 1,88, atau 1,9 persen.

Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate AS menetap di posisi USD 92,52 per barel, turun USD 2,37, atau 2,5 persen.

Pembicaraan antara Uni Eropa, Amerika Serikat dan Iran yang meninjau tanggapan AS terhadap teks nuklir Uni Eropa untuk kebangkitan pakta 2015, untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 terus berlanjut.

Iran mengatakan telah menerima tanggapan dari Amerika Serikat perihal teks "final" Uni Eropa untuk menghidupkan kembali perjanjian.

“Tidak ada yang ingin terjun ke sini dan berkomitmen pada kondisi saat ini ketika Anda bisa disergap oleh berita utama Iran pada saat tertentu,” kata Bob Yawger, direktur energi berjangka di Mizuho, ​​mengutip volume perdagangan yang tipis selama sesi tersebut.

Investor juga menunggu pernyataan Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell di Simposium Kebijakan Ekonomi Fed Kansas City di Jackson Hole, Wyoming yang dijadwalkan dirilis pada hari Jumat ini.

"(Pasar) sedikit khawatir tentang apa yang akan dikatakan Jerome Powell besok tentang kenaikan suku bunga," kata Phil Flynn, seorang analis di grup Price Futures di Chicago.

Powell diperkirakan akan merangkum posisi The Fed dalam perjuangannya mengendalikan inflasi, termasuk informasi tentang kenaikan jalur suku bunga dalam jangka panjang dan pendek.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permintaan AS Turun

Melemahnya permintaan bensin AS menimbulkan kekhawatiran tentang perlambatan aktivitas ekonomi dan mendorong harga lebih rendah.

Secara keseluruhan permintaan AS untuk bensin turun dalam periode terakhir minggu lalu. Permintaan meninggalkan rata-rata empat minggu produk bensin harian yang dipasok 7 persen di bawah periode tahun sebelumnya, menurut data terbaru yang dirilis oleh Administrasi Informasi Energi.

Membatasi penurunan harga minyak di awal sesi adalah komentar Menteri Energi Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman yang membantu mendorong harga minyak ke level tertinggi tiga minggu, ketika ia menandai kemungkinan bahwa OPEC+ dapat memangkas produksi.

"Ini mungkin (membuat) peluang pergerakan kembali di bawah $90 dalam waktu dekat sulit didapat kecuali kesepakatan nuklir disepakati dan selera OPEC+ untuk pemotongan diuji," kata Analis Oanda Craig Erlam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.