Sukses

Pluang Tekankan Kerja Sama dan Dorong Inklusi Keuangan Digital di KTT Y20

Liputan6.com, Jakarta Pluang sebagai official partner Y20 mendukung upaya pertumbuhan literasi dan inklusi keuangan digital. Dukungan ini tumbuh sejalan dengan tingkat inklusi keuangan di Indonesia yang sudah mulai menunjukan pemerataan di berbagai daerah.

Pluang pun turut berpartisipasi pada Gelar Wicara Y20 Indonesia 2022 di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Senin lalu (18/7). Pada gelar wicara bertajuk “Managing Disruption of the Digital Transformation” Pluang hadir bersama dengan para pemangku kepentingan dan ahli di bidang transformasi digital. Harapannya, diskusi ini bisa menjadi referensi bagi para delegasi Y20 untuk merumuskan usulan kebijakan tata kelola digital yang akan direkomendasikan pada para pemimpin G20.

Pada kesempatan ini, para narasumber berbagi pandangan tentang kondisi ekonomi terkini pasca pandemi Covid-19 dan inisiatif membangun tata kelola ekonomi digital. Industri digital pun sedang diuji ketangguhannya untuk beradaptasi di tengah stagflasi yang berpotensi memperlambat pertumbuhan ekonomi.

“Di tengah winter season bagi industri digital, para startup dihadapkan dengan tantangan untuk mempertahankan efisiensi dan terus berinovasi. Studi IMF tahun 2021 menunjukkan bahwa inklusi keuangan digital dapat mendorong perkembangan ekonomi hingga 2,2%,” ujar Ronny Hutahayan, Chief of Special Projects Pluang.

“Untuk mewujudkan potensi ini dan mendorong inovasi digital, pemerintah dan swasta perlu berkolaborasi dalam tiga aspek yakni akses pada infrastruktur, literasi digital dan keuangan, serta perbaikan kualitas institusi,” tekannya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Perluas Edukasi Finansial

Kesadaran akan keuangan digital merupakan sub-tema dari isu prioritas transformasi digital pada KTT Y20 Indonesia 2022. Untuk meningkatkan kesadaran tersebut, Pluang konsisten berfokus pada misi mendemokratisasikan akses layanan keuangan dan wealth management dalam satu platform digital. Kemitraan dengan Y20 juga membantu Pluang memperluas cakupan program edukasi finansial. 

“Kami baru saja menandatangani nota kesepahaman dengan ILUNI UI, jaringan ikatan alumni universitas tertua di Indonesia dengan anggota komunitas sebanyak 500,000 alumni. Lewat kerja sama ini, Pluang menyasar para investor muda dan pemula agar ke depannya bisa menjadi investor yang bijak dan tangguh dengan memahami manfaat dan risiko layanan keuangan digital,” tutup Ronny.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.