Sukses

18,16 Juta Orang Terbang Lewat Bandara Soekarno Hatta selama Semester I 2022

Liputan6.com, Jakarta - Meski vaksinasi Covid-19 dosis tiga atau booster menjadi syarat perjalanan pesawat dalam negeri, ternyata tak menyurutkan masyarakat yang ingin melancong dengan pesawat.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi mengatakan, saat ini pergerakan penumpang masih di angka 125.000 orang per hari.

"Kalau kemarin sebelum diterapkan kan masih libur sekolah ya, ada 135.000 pergerakan penumpang, saat ini karena sudah tidak dalam liburan, jadi penurunannya tidak signifikan," ujar Agus saat paparan kuliah umum di depan puluhan Mahasiswa Universitas Brawijaya, Rabu (27/7/2022).

Makanya, mayoritas penumpang pesawat saat ini telah mendapatkan vaksin booster. Sehingga, tidak perlu lagi menyertakan surat antigen 1x24 jam atau PCR test 3x24 jam.

"Apalagi kalau yang belum booster kita arahkan untuk melakukan vaksin di sentra vaksinasi yang ada di Terminal 1, 2, dan 3," ungkapnya.

Agus juga mengungkapkan, saat ini pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta terus meningkat, setelah sebelumnya turun drastis akibat pandemik Covid-19. Terbukti, dalam periode satu semester atau dari Januari hingga Juni 2022, tercatat ada lebih dari 18 juta pergerakan penumpang.

"Dalam satu semester ini atau periode Januari hingga Juni 2022, ada 18,16 juta pergerakan penumpang, sehingga rata-rata perhari ada 100.346 pergerakan penumpang," kata Agus.

Jumlah tersebut dengan rincian, penumpang Internasional 12 persen yakni 2.246.185 dan Penumpang domestik 88 persen atau 15.916.525 orang. Adapun, tujuan populer untuk penumpang, yakni Denpasar, Kualanamu, Surabaya, Makassar, dan Pontianak.

"Untuk internasional, Singapura, Jeddah, Kuala Lumpur, Doha, dan Dubai," ungkapnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ajak Mahasiswa Diskusi Kebandarudaraan

Sementara, pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura II, juga sempat memberikan kuliah umum dan diskusi mengenai industri kebandar-udaraan.

Dalam kuliah umum tersebut, mahasiswa dari Universitas Brawijaya juga sempat belajar mengenai kebandarudaraan, salah satunya mengunjungi Airport Operation Control Center (AOCC). Para mahasiswa tersebut melihat berbagai aktifitas penerbangan, mulai dari proses landing-takeoff pesawat, hingga proses pengangkutan kargo penumpang, yang semua dapat terlihat jelas di layar besar dalam kuliah umum tersebut.

"Kita ingin menunjukkan kepada para mahasiswa mengenai proses kebandarudaraan ini, apalagi melalui AOCC, semuanya jelas prosesnya terekam jelas dan dipantau," tuturnya. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Lokasi Vaksin Booster di Bandara Soetta

Masyarakat wajib menerima vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau vaksin booster untuk bisa menumpang pesawat. Pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), bebenah untuk mempersiapkan segala fasilitas penunjangnya.

Senior Manager of Branch Communication and Legal PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Soetta, M Holik Muardi mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soetta telah melaksanakan vaksinasi lanjutan atau booster.

"Kami dari manajemen Bandara Soekarno-Hatta tetap mendukung kebijakan dari pemerintah. Mulai hari ini, kami sudah menyiapkan dan melaksanakan vaksinasi booster untuk penumpang," kata Holik.

 

4 dari 4 halaman

5 Lokasi

Di Bandara Soetta sendiri, saat ini terdapat 5 lokasi vaksinasi booster yang melayani calon penumpang pesawat maupun masyarakat umum. Sentra vaksinasi booster buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Yakni di Terminal 1, tepatnya di tangga Curbside Terminal 1A Keberangkatan. Terminal 2 di area Kedatangan Terminal 2D, Terminal 3 terdapat 2 lokasi vaksinasi booster yakni di area Kedatangan Terminal 3 Domestik (eks lounge umrah) dan terakhir berada di Customer Service Garuda Indonesia.

Selain itu, calon penumpang yang ingin mendapatkan vaksinasi booster di Bandara Soetta diimbau tiba 4 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Lalu, pengguna jasa Bandara Soetta juga dapat mendapatkan vaksin dosis ketiga atau booster di Mapolresta Bandara Soetta.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS