Sukses

Tips Biar Hidup Lebih Tenang di Usia Produktif dan Merdeka Finansial

Liputan6.com, Jakarta Berada di usia produktif dan memiliki penghasilan yang tercukupi menjadi dua hal yang selalu berjalan beriringan. Selama kamu masih berada di usia produktif, nggak jarang orangtuamu menyarankan untuk berhemat dengan cara menabung agar hidupmu lebih tenang dan merdeka finansial.

Salah satu alasan mengapa kamu harus merdeka finansial ialah agar kamu bisa hidup dengan berkecukupan dan bisa terbebas dari cemas tanpa memikirkan cicilan atau hutang. Maka dari itu, agar bisa merdeka secara finansial, yuk lakukan beberapa hal berikut ini:

Buat Skala Prioritas

Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana bisa merdeka finansial jika masih punya cicilan. Satu hal yang mesti dipahami bahwa sebenarnya nggak semua utang bersifat jahat. Jika memang cicilanmu bernilai seperti cicilan rumah, ini nggak masalah.

Namun jika sifatnya konsumtif, hanya sebatas ingin membeli barang mahal, cobalah untuk mulai menekan pengeluaran ini dengan membuat skala prioritas. Caranya dengan memperkirakan mana saja yang merupakan kebutuhan utamamu dan mana yang hanya keinginan semata. Jika sudah ditentukan, pastikan untuk selalu mendahulukan kebutuhanmu ya.

Jadi Side Hustler

Jika kamu memiliki skill atau keterampilan di suatu bidang, cobalah menjajal untuk memanfaatkan hal tersebut & mencari penghasilan tambahan. Tujuannya adalah agar kamu bisa mengubah waktu luangmu menjadi kesempatan untuk menambah pemasukan. Punya sumber penghasilan lain tentunya bisa buat kamu makin tenang dalam hal finansial bukan?

Satu yang harus diingat, ambilah side hustle yang sesuai dengan kemampuanmu agar pekerjaan utamamu tidak terganggu atau terbengkalai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Investasi

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, mempunyai penghasilan sampingan dapat membantumu untuk merdeka secara finansial. Selain side hustle, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara berinvestasi.

Terlebih saat ini sudah banyak instrumen investasi yang kamu jadikan pilihan, mulai dari reksadana, emas, saham & yang lainnya. Dengan berinvestasi, kamu jadi bisa merencanakan keuangan di masa depan sekaligus mengetahui tujuan finansial yang bisa kamu capai.

Bijak Belanja

Hidupmu juga bisa lebih tenang jika kamu menghindari perilaku konsumtif. Maka dari itu, meski kamu memiliki penghasilan yang terbilang mencukupi, ada baiknya kamu tetap bijak dalam berbelanja.

Mulai sekarang, cobalah untuk 'menebus' satu per satu wishlist di keranjang belanja yang memang dianggap perlu. Jika keperluan atau kebutuhanmu sudah terpenuhi semua, sisakan uang sebagian untuk kamu simpan sebelum memakai sebagian lagi untuk beli barang yang kamu mau.

Oh ya, ketika berbelanja jangan lupa untuk bertransaksi dengan cara yang aman agar kamu tidak merugi jika terjadi kendala atau masalah. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan DANA, yang dilindungi oleh DANA Protection.

Dengan memakai DANA, rasa cemas saat bertransaksi bisa terpendam karena DANA memberikan Garansi 100% Uang Kembali sesuai syarat & ketentuan yang berlaku. Selain itu, DANA juga dilindungi oleh sistem keamanan berlapis dan dinamis. Tentunya berkat keunggulan tersebut, kamu sebagai pengguna DANA jadi gak perlu takut uang hilang & finansial pun tetap aman.

Selain itu, agar perjalananmu menuju kemerdekaan finansial lancar, kamu juga bisa menggali pengetahuan finansialmu lebih dalam lagi. Caranya pun gampang, kamu bisa cek & follow akun Instagram @dana.finteach. Di akun ini, banyak tips dan info menarik seputar finansial yang bisa kamu ambil untuk semakin melek keuangan lho.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk download dan pakai aplikasi DANA sekarang juga biar transaksimu #BebasDrama!

 

(*)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS