Sukses

Cara Menyusun Rencana Bisnis yang Baik Agar Jualan #NaikKeLaz!

Liputan6.com, Jakarta Buat kamu yang mau bisnis sukses dan #NaikKeLaz, kamu perlu memiliki rencana bisnis ya! Rencana bisnis adalah hal penting yang harus kamu perhatikan ketika memulai bisnis. Kamu harus buat langkah-langkah, tujuan, dan target yang mau dicapai dalam bisnis tersebut.

Rencana bisnis itu harus berdasar pertimbangan yang tepat, nggak boleh asal! Karena kalau nggak tepat, bisnis yang kamu jalani bisa kacau dan malah stuck di situ aja, bukannya #NaikKeLaz. Rencana bisnis ini bisa bantu kamu juga lho ketika sedang dalam keadaan yang tidak baik-baik saja.

Nah, buat kamu yang mau menyusun rencana bisnis agar jualan #NaikKeLaz, berikut ini adalah beberapa tips yang harus diperhatikan agar rencana bisnismu baik dan tepat!

1. Susun Sumber Dana

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah sumber dana. Kamu harus menyiapkan rencana sumber dana yang masuk akal dan realistis untuk bisnis yang kamu jalankan. Kamu harus memastikan susunan sumber dana yang dibuat jelas dan terperinci dengan baik.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir salah hitung dan penggelapan uang lho. Selain itu, kalau kamu ingin mencari investor, hal ini dapat menarik perhatian mereka karena sumber dana bisnis kamu itu jelas terperinci.

2. Susun Rencana Realistis

Bermimpi itu boleh, bahkan setinggi-tinggi langit. Tapi, kamu harus ingat kalau ini dunia bisnis, bukan dunia mimpi ya! Kamu harus bisa susun rencana yang realistis, sehingga memungkinkan untuk mencapai goals yang sudah ditentukan.

Dengan menyusun rencana yang realistis, kamu bisa menjalankan bisnis sesuai dengan rencana tersebut. Jangan sampai karena kamu terlalu berambisi, kamu malah nggak fokus dengan langkah-langkah bisnis yang tepat.

3. Susun Target Pasar

Langkah ini juga penting untuk kamu masukkan ke dalam rencana bisnis. Dengan kamu menyusun target pasar, kamu bisa semakin mengenal selera konsumen yang dijadikan target.

Kalau kamu hanya sekadar ikut-ikutan tren semata, itu merupakan langkah yang buruk! Apalagi jika kamu tidak menyusun target pasar dan hanya menggunakan feeling semata. Oleh karena itu, biar jualan kamu #NaikKeLaz, alangkah baiknya menyusun target pasar yang ingin kamu tuju.

4. Susun Sumber Daya Manusia

Tentunya, kamu nggak akan bisa menjalankan bisnis hanya seorang diri saja. Kamu perlu orang di sekitar yang bisa membantumu. Eits, tapi nggak hanya asal bantu, melainkan dapat mendukung proses bisnismu.

Oleh karena itu, kamu harus menyusun sumber daya manusia yang sesuai dengan kualifikasi untuk bisa menjalankan bisnis yang kamu jalankan. Untuk menentukan sumber daya manusia, kamu tentunya harus menyusun standar kualifikasi yang harus dipenuhi oleh calon karyawan bisnismu nantinya.

2 dari 2 halaman

5. Susun Pengembangan Usaha

Setelah karyawan sudah kamu dapatkan dan langkah-langkah sebelumnya sudah diterapkan, maka langkah selanjutnya adalah membuat rencana untuk mengembangkan usaha agar bisa #NaikKeLaz. Untuk mengembangkan usaha, solusinya adalah taruh produk kamu di marketplace, salah satunya Lazada. 

Lazada merupakan marketplace yang ramah akan seller baru dan seller yang sudah berpengalaman. Lazada kamu akan memberikan kemudahan mendaftar menjadi seller, karena di sini kamu sudah bisa mulai berjualan hanya dalam 1 menit saja! 

Selain itu, karena Lazada merupakan portal belanja terbesar di Asia Tenggara, produk kamu dapat dilihat oleh lebih banyak calon pembeli lho. Ada juga sistem rating pembeli yang bisa buat kamu berkembang dan #NaikKeLaz. Keuntungan kamu juga semakin berlipat, karena di Lazada, seller nggak akan dibebani oleh komisi, penalti dan ongkos kirim. Nggak boleh dilupakan juga, Lazada memiliki banyak Mega Promosi di sepanjang tahun, termasuk Festival Ulang Tahun dan yang selalu ditunggu oleh pembeli, yaitu HARBOLNAS.

Dengan fitur unggulan Lazada, kamu bisa meningkatkan penjualan. Karena seller selalu mendapatkan informasi terbaru di Lazada melalui Lazada University. Portal khusus untuk seller, di mana Lazada menyiapkan tutorial, video, dan webinar tentang berbagai topik untuk meningkatkan penjualan seller. Kemampuan seller buat berinteraksi langsung dengan pembeli lewat fitur “Chat Now”, juga dapat menambah kepercayaan pembeli atas toko kamu lho!

So, dengan Lazada, rencana bisnis yang sudah kamu susun akan semakin berkembang bukan? Tunggu apa lagi? Saatnya daftar jadi seller di Lazada sekarang juga karena #MulaiDiLazBisaNaikKeLaz.

 

(*)