Sukses

Pembangunan Sirkuit MXGP Samota Rampung 90 persen

Progres pembangunan Sirkuit Motorcross Grand Prix (MXGP) di Samota, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah mencapai 90 persen.

Liputan6.com, Jakarta Progres pembangunan Sirkuit Motorcross Grand Prix (MXGP) di Samota, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah mencapai 90 persen.

"Saat ini Sirkuit MXGP Samota sudah mencapai 90 persen," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) NTB, Ridwansyah pada rapat persiapan Motorcross Grand Prix Samota 2022 di Mataram, NTB dikutip dari Antara, Kamis (9/6/2022).

Ia menyebutkan progres pembangunan track atau sirkuit pada skybox mencapai 60 persen, tribun VIP mencapai 50 persen, paddock mencapai 60 persen, bike wash mencapai 80 persen dan pit line mencapai 60 persen.

"Kami perkirakan sirkuit ini akan selesai pada tanggal 15 Juni, setelah sirkuitnya jadi akan dilakukan mobilisasi peralatan," terangnya.

Komandan Lapangan Motorcross Grand Prix Indonesia ini menambahkan selain progres dari infrastruktur pendukung, untuk fasilitas lain seperti air bersih sudah mencapai 98 persen, listrik mencapai 80 persen, jalan mencapai 80 persen, toilet mencapai 20 persen dan parkir mencapai 20 persen.

"Penerangan jalan umum jembatan Samota dan venue dalam proses pemasangan," katanya.

Untuk progres jalan alternatif, di antaranya Penyaring - Labu Sawo mencapai 50 persen, Bukit Permai - Simpang Boak mencapai 15 persen, Kebayan - Bukit Permai mencapai 35 persen dan Klapis mencapai 15 persen.

Sirkuit Motorcross Grand Prix Samota memiliki sembilan jumpingan dengan panjang lintasan 1,8 kilometer. Jumlah peserta yang akan berlaga 34 crosser, terdiri 24 tim dari 20 negara.

Perhelatan Motorcross Grand Prix Samota sangat dinanti, karena landscape dan background pemandangannya lautan yang biru dan indah, dengan latar belakang Gunung Tambora, Pulau Moyo dan Teluk Saleh.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengerjaan Sirkuit Samota Dikebut, Ajang International MXGP Siap Digelar Juni 2022

Pemerintah Nusa Tenggara Barat bersiap menyambut gelaran International Moto Cross Grand Prix (MXGP) yang bakal dihelat di Sirkuit Samota, Sumbawa, pada 24-26 Juni 2022.

Berbagai persiapan tengah dikebut, mulai dari pengerjaan trek sirkuit hingga aspek pendukung lainnya, seperti fasilitas kesehatan, atraksi, landasan heli dan paddock bagi para pembalap.

 Official Track Management MXGP Samota Noval Adi mengatakan, hingga Rabu 8 juni 2022 kemarin, proses pengerjaan trek sirkuit sudah mencapai 80 persen. Diperkirakan, trek sirkuit sepanjang 1,8 kilometer itu akan rampung beberapa hari lagi.

Sementara untuk fasilitas pendukung sudah dikerjakan, seluruhnya akan dikebut dan diperkirakan selesai pada 17 Juni, atau seminggu sebelum gelaran International Moto Cross Grand Prix (MXGP) dimulai.

"Sekitar dua atau tiga hari seluruh area trek sudah 100 persen. Setelah itu baru dikebut untuk pengerjaan fasilitas pendukungnya," kata Noval, Rabu (8/6/2022.

 

3 dari 3 halaman

Pantauan Lapangan

Pantauan di lapangan, puluhan alat berat masih berada di lokasi sirkuit untuk proses percepatan pembuatan da penataan trek. Pengerjaan tersebut diawasi langsung tim Infront sebagai Organisasi Penyelenggara MXGP International.

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan, nantinya sirkuit Samota akan menjadi sirkuit indah karena perpaduan antara bukit dan laut.

"Kalau sudah jadi, sirkuit MXGP ini sangat Indah. Jadi di NTB ini ada dua sirkuit dan dua-duanya indah. Sirkuit Mandalika dan Sirkuit MXGP Samota," kata Zulkieflimansyah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.