Sukses

Ujian SKD Sekolah Kedinasan 2022 Dikabarkan Mundur, Catat Tanggalnya!

Merujuk jadwal ujian SKD Sekolah Kedinasan 2022 yang tercantum pada laman dikdin.bkn.go.id, berlangsung pada bulan Mei hingga Juni 2022.

Liputan6.com, Jakarta Setelah mendaftarkan diri, pelamar Sekolah Kedinasan 2022 yang lulus pada tahap administrasi akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Lantas, kira-kira kapan pelaksanaan ujian SKD Sekolah Kedinasan berlangsung?

Merujuk jadwal yang tercantum pada laman dikdin.bkn.go.id, ujian SKD direncanakan berlangsung pada bulan Mei ini hingga Juni 2022. Namun, tidak tertulis tanggal pasti kapan ujian SKD akan dilaksanakan.

Akan tetapi, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN Mohammad Ridwan memberi bocoran melalui akun Twitter pribadinya bahwa SKD Sekolah Kedinasan 2022 kemungkinan dimulai pada 7 Juni 2022 mendatang.

“SKD Sekolah Kedinasan 2022 yang sedianya akan dimulai 31 Mei, diundur menjadi 7 Juni. Diawali oleh STIN dan IPDN,” tuturnya dikutip dari salah satu unggahan tweet @abiridwan2173, Senin (30/5/2022).

Jadi, pelamar Sekolah Kedinasan masih punya waktu untuk mempersiapkan diri sebelum menghadapi ujian SKD tersebut.

Melalui tweet-nya Ridwan pun mengingatkan kepada pelamar Sekolah Kedinasan untuk mengecek akun SSCASN masing-masing. Hal ini dilakukan tentu agar pelamar bisa mengetahui informasi lebih lanjut terkait segala proses seleksi yang sedang berlangsung.

“Cek berkala akun SSCASN dan web/medsos sekdin yang kalian lamar agar tidak tertinggal info. Kode billing kadaluarsa? Segera hubungi sekdin masing-masing,” jelas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran Soal SKD

Mengenai soal SKD, apa saja materi yang bisa dipelajari?

Sebelumnya, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2022 telah menerima naskah soal SKD Sekolah Kedinasan sejak 18 Mei 2022 lalu. Soal tersebut disusun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Nantinya pelamar akan mengerjakan soal SKD yang terdiri dari tiga subtes, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TKW).

Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Alex Denni berharap bahwa soal seleksi yang disusun dengan sangat baik tersebut nantinya bisa menyaring calon ASN yang merupakan bahan baku pengembangan human capital.

“Kami berharap rekan-rekan di Panselnas tetap semakin solid dan membuat bisnis proses ini bukan hanya traceable, tetapi juga memungkinkan untuk kita melakukan continuous improvement dari waktu ke waktu,” tuturnya dikutip dari keterangan pada laman menpan.go.id.

 

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

3 dari 4 halaman

Bocoran Soal SKD CPNS Sekolah Kedinasan 2022

Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2022 telah menerima naskah soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk CPNS Seleksi Penerimaan CPNS Jalur Sekolah Kedinasan Tahun Anggaran 2022.

Naskah soal SKD Sekolah Kedinasan 2022 tersebut diterima secara simbolis mewakili Panselnas oleh Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Alex Denni, dari Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti.

Alex Denni menuturkan, Panselnas selalu intens menjaga komunikasi untuk mengawal kelancaran dan keamanan seluruh rangkaian proses pelaksanaan seleksi Sekolah Kedinasan Tahun 2022.

"Kita harus solid menjaga dan memastikan ASN atau CPNS kita sejak awal sudah di-treat sebagai profesional. Sehingga tidak ada ruang untuk kecurangan," ujar Alex dalam keterangan tertulis, Kamis (19/5/2022).

Soal SKD yang telah disusun akan digunakan dalam seleksi pada 8 instansi yang membuka pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2022. Soal terdiri dari tiga subtes, yaitu tes karakteristik pribadi (TKP), tes intelegensia umum (TIU), dan tes wawasan kebangsaan (TWK).

Diharapkan Alex, soal seleksi yang sudah disusun dengan sangat baik tersebut nantinya bisa menyaring CPNS yang merupakan bahan baku pengembangan human capital.

Tidak lupa, ia juga menyampaikan apresiasinya pada Kemendikbudristek selaku Tim Penyusun Naskah yang telah mengoordinasikan penyusunan naskah soal SKD CPNS untuk penerimaan mahasiswa/praja/taruna sekolah kedinasan dengan baik.

"Kami berharap rekan-rekan di Panselnas tetap semakin solid dan membuat bisnis proses ini bukan hanya traceable. Tetapi juga memungkinkan untuk kita melakukan continuous improvement dari waktu ke waktu," ungkapnya.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Disiapkan dengan Hati-Hati

Penyusunan soal seleksi sekolah kedinasan tahun 2022 disiapkan dengan penuh kehati-hatian dan melibatkan berbagai pihak dari lembaga pendidikan tinggi.

"Dan tentunya seluruh proses penyusunan soal mengikuti kaidah-kaidah yang sudah ada, mulai dari kisi-kisi yang sudah dibuat bersama dengan memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan sebelumnya," terang Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti.

Senada dengan Alex, Suharti berharap melalui penyusunan soal seleksi sekolah kedinasan bisa mendapat bibit unggul PNS yang kompeten dan memiliki komitmen ekstra.

"Dengan adanya tambahan ASN yang kita seleksi dengan amat baik ini semoga dapat berkontribusi signifikan dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.