Sukses

Peran GP Ansor Bantu Ekonomi Masyarakat Bawah Dipuji Erick Thohir

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi peran Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang tetap menjaga dan membantu kegiatan ekonomi masyarakat bawah ketika pandemi Covid-19.

Menteri BUMN mengatakan saat pandemi merebak, peran GP Ansor yang tetap menjaga dan membantu kegiatan ekonomi di level terbawah masyarakat dan juga swasta yang menguasai 57 persen perekonomian Indonesia merupakan cermin sikap kebersamaan yang harus terus dijaga, baik di saat kondisi krisis maupun ketika situasi tengah stabil.

"Momentum hari ini menandakan tidak selamanya, semua tergantung ke pemerintah atau BUMN. Sikap bersatu dan saling gotong royong yang tumbuh dari semua kalangan selama COVID jauh lebih penting, dan hari ini kita bisa melihat hasilnya. Ini karena peran dari seluruh masyarakat," ujar Erick Thohir dikutip dari Antara, Sabtu (21/5/2022).

Erick juga memuji dan mengapresiasi kiprah GP Ansor dalam mendukung stabilitas pertumbuhan Indonesia selama pandemi COVID-19 yang selama dua tahun melanda tanah air dan juga dunia .

Momentum keberhasilan Indonesia dalam penerapan kebijakan pembatasan masyarakat dan tetap menjaga pergerakan ekonomi agar tetap berdenyut tak lepas dari semangat gotong royong yang dilakukan seluruh lapisan masyarakat.

"Saya tahu benar apa yang dilakukan Gerakan Pemuda Ansor ketika bersama-sama rakyat, alim ulama, tokoh masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah pusat, dan BUMN saling gotong royong dalam menghadapi pandemi COVID-19," ucapnya.

"Respon cepat dan sikap pemerintah pusat yang giat menerapkan beberapa kebijakan sosial dan ekonomi direspon positif oleh seluruh masyarakat sehingga kita bisa melewati pandemi ini dengan predikat berhasil," kata Erick Thohir.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Dukung Kebijakan Pemerintah

Oleh karena itu, Erick yang juga merupakan anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) berharap GP Ansor juga mendukung kebijakan pemerintah atas situasi positif yang kini tengah dinikmati Indonesia yang dinilai berhasil mengelola situasi pandemi secara baik.

"Meskipun endemi diperkirakan akan terjadi tiga bulan lagi, namun saya lihat masyarakat sudah lebih percaya diri. Ini harus didukung pemerintah, salah satunya seperti kegiatan mudik lebaran," tuturnya.

"Kami tak hanya membebaskan mudik masyarakat, namun kami juga menyiapkan hal-hal detil agar mudik berjalan lancar serta tetap menjaga prokes dan masker, meskipun tidak perlu lagi menjaga jarak. Jangan lagi ditakuti-takuti. Justru kita harus dorong pertumbuhan dan masyarakat bersosialisasi, namun tetap waspada dan tetap saling gotong royong," tutup Menteri BUMN Erick Thohir.

 

3 dari 4 halaman

Waspada Penipuan atas Nama BUMN, Erick Thohir Bongkar Ciri-cirinya

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, menghimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan BUMN.

“Contohnya, atas nama Dani Akib yang mengaku sebagai pegawai BUMN modusnya dengan mengedit foto bersama Menteri BUMN bersama Wakil Menteri BUMN,” kata Erick dalam keterangannya, Sabtu (21/5/2022).

Kata Erick, pelaku menawarkan proyek dengan membuat surat dari BUMN palsu. Kemudian, korbannya memberikan sejumlah uang kepada Dani Akib agar mendapatkan proyek tersebut. Namun, kini Dani Akib sudah diamankan oleh Polres Kota Depok.

Tak hanya itu saja, modus penipuan mengatasnamakan BUMN juga marak. Salah satunya, penipuan dengan modus rekrutmen. Diketahui, beberapa waktu lalu BUMN membuka lowongan dalam jumlah besar lewat Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

Berikut beberapa ciri penipuan yang dilakukan dengan modus rekrutmen diantaranya;

Pertama, penggunaan surat dengan logo pada kop surat. Seluruh informasi proses rekrutmen yang diselenggarakan Kementerian BUMN, FHCI dan BUMN, termasuk program Rekrutmen Bersama BUMN 2022, hanya diunggah dan tersedia melalui kanal-kanal resmi seperti situs dan media sosial Kementerian BUMN, BUMN-BUMN terkait, dan FHCI.

"Hasil pengumuman yang beredar dalam bentuk surat yang menggunakan logo pada kop surat adalah penipuan," seperti tertulis.

4 dari 4 halaman

Ciri Selanjutnya

Kedua, tanda tangan yang mengatasnamakan manajer/direksi BUMN Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dapat menggunakan nama dan membubuhkan tanda tangan mengatasnamakan manajer/direksi BUMN.

"Karena itu, pastikan cek kembali kebenaran informasi terkait rekrutmen BUMN yang diperoleh dalam bentuk apapun dengan mengunjungi kanal resmi perusahaan yang bersangkutan," tulisnya.

Ketiga, pelamar diminta membayar sejumlah biaya. Seluruh tahapan proses rekrutmen yang dilakukan BUMN bebas biaya. Jika pelamar dihubungi dan diminta melakukan transfer dana, hal ini dipastikan penipuan.

"Jika masyarakat menemukan atau mengalami salah satu hal di atas, jangan ragu untuk melaporkan kepada Panitia Rekrutmen BUMN melalui kanal-kanal resmi Kementerian BUMN, FHCI, dan BUMN-BUMN terkait," seperti dikutip.

“Waspadalah terhadap orang yang mengatasnamakan BUMN,” tegas Erick.