Sukses

BRI Berhasil Salurkan Kredit Rp 1.075 Triliun di Kuartal I-2022

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI mencatat, total nilai penyaluran kredit menjadi Rp 1.075,93 triliun hingga kuartal I-2022.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI mencatat, total nilai penyaluran kredit menjadi Rp 1.075,93 triliun hingga kuartal I-2022. Angka tersebut tumbuh 7,43 persen secara year on year (yoy).

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, pencapaian laba BRI tak lepas dari pulihnya perekonomian nasional serta menggeliatnya aktivitas pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan core business BRI.

"Pertumbuhan tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan penyaluran kredit perbankan nasional di kuartal I 2022 sebesar 6,65 persen" ujarnya dalam Konferensi Pers Laporan Kinerja Kuartal I-2022, Senin (25/4).

Secara umum, portofolio kredit UMKM BRI tercatat tumbuh sebesar 9,24 persen yoy dari Rp 826,85 triliun di akhir Maret 2021 menjadi Rp 903,29 triliun di akhir Maret 2022. Hal ini menjadikan proporsi kredit UMKM dibandingkan total kredit BRI terus merangkak naik, menjadi sebesar 83,95 persen.

Sunarso merinci, penyaluran kredit kepada seluruh segmen UMKM tercatat tumbuh positif, dengan penopang utama yakni segmen mikro yang tumbuh 13,55 persen. Lalu, segmen konsumer tumbuh 4,56 persen dan segmen kecil dan menengah tumbuh 3,96 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

NPL Turun

Sunarso menambahkan, keberhasilan BRI dalam menyalurkan kredit diatas rata rata industri perbankan nasional diiringi dengan manajemen risiko yang baik. Hal tersebut tercermin dari rasio NPL BRI secara konsolidasian yang tercatat sebesar 3,09 persen pada akhir Maret 2022.

Angka ini tercatat menurun apabila dibandingkan dengan NPL pada periode yang sama tahun lalu yakni sebesar 3,30 persen. Selain itu, kualitas kredit yang membaik tersebut juga disebabkan oleh restrukturisasi kredit terdampak covid yang saat ini terus menurun secara gradual.

Hingga akhir kuartal I 2022 tercatat restrukturisasi kredit terdampak Covid sebesar Rp 144,27 triliun, atau telah turun sebesar Rp.103,75 triliun apabila dibandingkan dengan total akumulasi restrukturisasi yang mencapai Rp 248,02 triliun.

Dengan kinerja yang positif dan fundamental perseroan yang semakin sehat, serta strategic response yang tepat diiringi dengan manajemen risiko yang baik dalam menghadapi ketidakpastian kondisi perekonomian global, BRI optimistis kinerja di tahun ini akan dapat melampaui kinerja sebelum masa pandemi Covid-19.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

3 dari 4 halaman

BRI Hadirkan Beragam Promo Menarik di Ramadan Bless Festival Bazaar Sarinah

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berkolaborasi dengan PT Sarinah (Persero) Tbk menyelenggarakan Ramadan Bless Festival Bazaar. Acara yang berlangsung 15 April-15 Mei 2022 itu digelar dalam rangka memeriahkan Ramadan tahun ini. 

Tujuan acara tersebut tentunya merupakan dukungan perseroan untuk mendukung produk buatan lokal Indonesia. Berlokasi di Sarinah Mall, tema yang diangkat adalah Ramadan Fashion dan Kuliner Bulan Puasa serta menampilkan 40 UMKM terpilih.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengungkapkan, perseroan sangat bangga bisa turut berpartisipasi pada Kegiatan Ramadan Bless Festival dalam mendukung produk buatan Indonesia.

"Ini merupakan dukungan BRI terhadap campaign Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), suatu gerakan nasional untuk mendukung produksi dalam negeri," ungkapnya.

Adapun kegiatan Ramadan Bless Festival Bazaar tersebut berlangsung selama satu bulan, mulai 15 April sampai 15 Mei 2022 di Lantai 1 Sarinah Mall. Menariknya, BRI juga memberikan promo spesial bagi para pengguna Kartu Debit BRI, Kredit BRI, dan BRImo yang berbelanja di Bazaar. Pembeli akan mendapatkan voucer belanja Sarinah Rp50 ribu

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Tak hanya itu, bagi para pelanggan yang mengunduh Sarinah App dan melakukan register Sarinah Club, akan langsung mendapatkan 25.000 poin yang dapat dibelanjakan di Bazaar secara langsung.

Sebagai informasi, selama Ramadan ini, BRI telah berkolaborasi dengan Sarinah untuk mendukung produk lokal melalui beberapa kegiatan, seperti Trunk Show di Premium Designer Sarinah dan kegiatan charity melalui Yayasan Merdi Sihombing.

Donasi berupa santunan dana diberikan kepada masyarakat, khususnya di beberapa pulau terluar yang sangat membutuhkan fasilitas sanitasi dan air bersih. Selain itu, BRI juga mendukung acara Jakarta Content Week Sarinah, dalam rangka membangkitkan gairah masyarakat di industri kreatif.

Tujuannya agar Indonesia mampu menjadi local heroes yang sukses, baik secara nasional maupun internasional. Dengan demikian, upaya tersebut dapat memberikan nilai tambah kepada para pengrajin dan UMKM lokal.

Handayani pun berharap, melalui kegiatan Ramadan Bless Festival Bazaar, masyarakat dapat lebih bersemangat untuk menggunakan produk buatan lokal sehingga ikut memajukan industri kreatif Indonesia.

"BRI berkomitmen akan terus mendukung dan mempromosikan produk buatan dalam negeri agar semakin dikenal di mancanegara. Ini juga selaras dengan nilai yang terus dibawa perseroan yakni Memberi Makna Untuk Indonesia," jelas Handayani. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.