Sukses

Perang dengan Rusia, Ukraina Minta Dana Sebesar Ini agar Negaranya Jalan

Ukraina mengungkapkan jumlah dana bantuan yang dibutuhkan untuk mendukung ekonomi negaranya ketika dilanda konflik dengan Rusia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan kepada para menteri keuangan dunia bahwa negaranya membutuhkan dana sebesar USD 7 miliar atau Rp 101,4 triliun setiap bulan hingga musim panas agar tetap berfungsi di tengah konflik dengan Rusia.

Hal itu ia sampaikan Volodymyr Zelensky sebuah pidato di Konferensi Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia melalui tautan video dari Kyiv.

Dikutip dari BBC, Senin (25/2/2022) Volodymyr Zelensky juga mengatakan "kita akan membutuhkan ratusan miliar dolar untuk membangun kembali semua ini nanti".

Semua negara "harus segera bersiap untuk memutuskan semua hubungan dengan Rusia," tambahnya.

"Kami menemukannya untuk bulan pertama dan kedua," kata direktur pelaksana organisasi IMF Kristalina Georgieva  kepada editor ekonomi BBC Faisal Islam, saat ditanya apakah IMF dapat segera memberikan dana yang dibutuhkan Ukraina.

"Kami percaya bahwa seiring waktu jumlah ini akan turun karena ekonomi Ukraina di bagian negara yang tidak berada di bawah pendudukan meningkat, dan karena pengiriman uang dari mereka yang sekarang bekerja di tempat lain mulai mengalir," beber dia. 

Sementara itu, Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal yang menghadiri konferensi dengan IMF-Bank Dunia secara langsung, mengatakan output ekonomi negara itu bisa turun hingga 50 persen, dengan kerugian langsung dan tidak langsung sejauh ini sebesar USD 560 miliar.

Angka itu bahkan lebih tinggi dari tiga kali ukuran produk domestik bruto (PDB) Ukraina, yang mencapai USD 155,5 miliar pada tahun 2020, menurut Bank Dunia.

"Jika kita tidak menghentikan perang ini bersama-sama, kerugian akan meningkat secara dramatis," ujar Shmyhal.

Ditambahkannya, Ukraina akan membutuhkan program rekonstruksi yang serupa dengan Rencana Marshall pasca-Perang Dunia Kedua yang membantu membangun kembali Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bank Dunia : Ukraina Hadapi Kerugian Infrastruktur USD 60 miliar

Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen mengatakan Rusia harus membayar sebagian biaya pembangunan kembali Ukraina setelah perang.

Pernyataan Yellen datang ketika beberapa negara telah meminta aset Rusia yang disita untuk digunakan untuk mendanai rekonstruksi Ukraina.

Namun, Yellen memperingatkan bahwa menggunakan cadangan bank sentral Rusia yang disita di AS untuk membangun kembali Ukraina akan menjadi "langkah signifikan" yang memerlukan diskusi dan kesepakatan dengan mitra internasional.

Presiden Bank Dunia David Malpass, sementara itu, mengatakan kerusakan bangunan dan infrastruktur Ukraina akibat konflik telah mencapai sekitar USD 60 miliar dan memperingatkan bahwa angka itu akan terus meningkat seiring perang berlanjut.

Malpass mengatakan perkiraan awal biaya kerusakan "sempit" tidak termasuk dampak ekonomi di Ukraina.

Selain itu, AS memberlakukan sanksi lebih lanjut terhadap kapal-kapal Rusia, sementara Inggris menargetkan barang-barang mewah termasuk kaviar, perak dan berlian dengan larangan impor dan tarif yang lebih tinggi.

Tetapi pemerintahan Biden mendukung kehati-hatian Jerman ketika Uni Eropa bertindak terlalu cepat dengan sanksi lebih lanjut terhadap sektor energi Rusia, dengan mengatakan langkah itu dapat merugikan Eropa daripada Rusia.

3 dari 4 halaman

Bank Dunia : Konflik Rusia-Ukraina Timbulkan Bencana Krisis Pangan

Presiden Bank Dunia, David Malpass mengatakan dunia sedang menghadapi "bencana manusia" dari krisis pangan yang timbul dari konflik Rusia-Ukraina.

Hal itu Malpass sampaikan dalam sebuah wawancara dengan editor ekonomi BBC, Faisal Islam.

Dilansir dari laman BBC, Malpass memperingatkan bahwa rekor kenaikan harga pangan akan mendorong ratusan juta orang ke dalam kemiskinan dan gizi yang lebih rendah, jika krisis Rusia-Ukraina terus berkepanjangan.

"Ini bencana manusia, artinya nutrisi turun. Tapi kemudian itu juga menjadi tantangan politik bagi pemerintah yang tidak bisa berbuat apa-apa, mereka tidak menyebabkannya dan mereka melihat harganya naik," ujar Malpass di sela-sela pertemuan IMF-Bank Dunia di Washington.

Ia mengungkapkan, Bank Dunia menghitung mungkin ada kenaikan besar hingga 37 persen dalam harga pangan, yang naik bagi masyarakat miskin yang akan makan lebih sedikit dan memiliki lebih sedikit uang untuk hal lain seperti sekolah.

Krisis lonjakan harga ini juga merupakan imbas dari penyebaran Covid-19, menurut Malpass.

"(lonjakan harga) itu mempengaruhi makanan dari semua jenis minyak, biji-bijian, dan kemudian masuk ke tanaman lain, tanaman jagung, karena harga mereka naik ketika gandum naik," bebernya.

Ada cukup makanan di dunia untuk memberi makan semua orang, kata Malpass, dan stok global besar menurut standar, tetapi harus ada proses berbagi atau penjualan yang membuat makanan bisa diakses untuk mereka yang membutuhkan.

Maka dari itu, ia menghimbau agar negara-negara di dunia mensubsidi produksi atau membatasi harga yang tinggi.

Selain itu, ia juga memperingatkan krisis yang timbul dari ketidakmampuan negara-negara berkembang untuk membayar utang pandemi yang besar, di tengah kenaikan harga pangan dan energi.

4 dari 4 halaman

IMF Pangkas Perkiraan Pertumbuhan Ekonomi Global Hingga Dua Tahun

Dana Moneter Internasional (IMF) memangkas perkiraan tentang pertumbuhan ekonomi global dalam dua tahun ke depan karena [konflik Rusia-Ukraina.

"Dampak ekonomi dari perang menyebar jauh dan luas," kata IMF dalam laporan outlook terbarunya, dikutip dari CNN.

IMF sekarang memperkirakan ekonomi dunia tumbuh 3,6 persen pada 2022 dan 2023. Angka baru ini menandai penurunan tajam dari pertumbuhan 6,1 persen pada 2021.

Prakiraan baru itu juga menandai penurunan peringkat masing-masing 0,8 dan 0,2 poin persentase, dari perkiraan Januari.

IMF juga memperkirakan ekonomi Ukraina menyusut 35 persen tahun ini, sementara upaya negara Barat untuk menekan Rusia memungkinkan ekonominya berkontraksi 8,5 persen.

Tetapi karena perang telah menyebabkan lonjakan harga energi dan komoditas lainnya, memperburuk masalah rantai pasokan dan memenuhi ekspektasi inflasi yang lebih persisten, IMF melihat dampaknya akan terlihat lebih luas.

"Perang akan sangat menghambat pemulihan global, memperlambat pertumbuhan dan meningkatkan inflasi lebih jauh," beber IMF, menekankan bahwa ekonomi dunia belum sepenuhnya pulih dari pandemi Covid-19 ketika konflik Rusia-Ukraina pecah pada akhir Februari. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.