Sukses

Dampingi Jokowi, Erick Thohir Bagi-Bagi Bansos Sambil Cek Pasar Jelang Lebaran

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir mendampingi Presiden Joko Widodo berbagi bantuan sosial di Kabupaten Sumenep. Nama Erick pun bersahutan dipanggil warga sekitar.

Momen ini tertangkap kamera dan diunggah di akun Instagram pribadi Erick @erickthohir. Video singkat itu memperlihatkan sejumlah menteri lainnya yang juga mendampingi Jokowi.

"Mendampingi Presiden @jokowi memberikan bantuan sosial di Pasar Bangkal Baru, Kabupaten Sumenep. Sekaligus tegur sapa dengan para pedagang, melihat kondisi pasar menjelang Lebaran," tulis Erick, dikutip Kamis (21/4/2022).

Sejumlah menteri yang terlihat juga mendampingi yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sosial Tri Rismaharini, serta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa.

Video yang diunggah Erick dibuka dengan kamera yang menunjukkan wajahnya. Seraya ia menginformasikan sedang mendampingi Jokowi.

Kemudian, terlihat sejumlah warga yang sedang duduk berbaris rapi. Jokowi juga terlihat berinteraksi dengan sejumlah warga.

Cuplikan berganti ke arah sejumlah warga lainnya yang menyaksikan di sekitar lokasi. Disini, nama Erick dipanggil-panggil warga.

"Erick thohir, Erick Thohir, Pak Erick, Pak Erick," ucap warga saling sahut.

Momen selanjutnya, memperlihatkan Erick berfoto dengan beberapa warga secara bergantian. Diketahui, interaksi ini sering dilakukan olehnya di berbagai kesempatan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bagikan BLT

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung Kampung Nelayan Bulak di Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Jokowi disambut oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono saat tiba di lokasi.

Selain meninjau langsung aktivitas para nelayan, Presiden Jokowi juga berdialog bersama anggota forum nelayan setempat. Dalam dialog tersebut, para perwakilan nelayan antara lain menyampaikan permintaan mereka terkait dengan pemecah gelombang.

"Mereka minta untuk dibuatkan pemecah ombak dan nanti akan saya kirim segera tim dari PU ke sini," ujar Jokowi, Rabu (20/42022).

Pada kesempatan tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada para nelayan.

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Sementara itu Ketua RW 2 Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Surabaya, Sami Hadi Santoso mengaku senang telah menerima bantuan dari Presiden Jokowi. Menurutnya, BLT, sembako dan peralatan yang diberikan kepada 12 perwakilan orang nelayan.

"Bantuan ini sangat membantu masyarakat nelayan di kampung Bulak ini. Total ada 205 orang nelayan, tadi perwakilan secara simbolis ada 12 orang," kata Hadi.

Dengan adanya bantuan ini, ia bersama para nelayan lainnya merasa terbantu, terlebih pada saat menjelang lebaran Hari Raya Idul Fitri. "Barang-barang kan saat ini mulai naik, dengan bantuan ini alhamdulillah bisa mengurangi beban kami," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Erick Thohir Siapkan 40 Ribu Sembako

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyiapkan 40 ribu paket sembako untuk pasar murah di Jabodetabek. Total ada sekitar 7 titik yang mendapat pasokan sembako tersebut.

Titik tersebut meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Bekasi, Depok, Tangerang dan Tangerang Selatan.

Pasar Murah BUMN menjual paket sembako murah berisi 1 liter minyak goreng, beras 5 kg, dan 1 kg gula senilai Rp 65.000. Paket sembako murah yang dijual diharapkan menjadi solusi masyarakat memasuki bulan Ramadhan di tengah harga kebutuhan pokok yang meningkat.

Staf Khusus Erick Thohir, Arya Sinulingga mengatakan pasar murah yang digelar tersebut sebagai bentuk kepedulian Menteri Erick kepada masyarakat.

"Di bulan Ramadhan ini kami ingin berbagi terutama ke masyarakat yang sudah mendukung kami selama ini. Semoga Pasar Murah yang diadakan ini dapat meringankan beban masyarakat," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (20/4/2022).

Arya mengaku senang melihat antusiasme warga yang mengantri membeli sembako murah sejak pagi. Terbukti sebanyak 1.000 paket sembako murah habis terjual hanya dalam waktu 3 jam saja.

 

4 dari 4 halaman

Kolaborasi 19 BUMN

Informasi, kegiatan Pasar Murah ini juga merupakan sinergi sebanyak 19 Perusahaan BUMN melalui BUMN penyedia paket yaitu ID Food.

Kegiatan Pasar Murah BUMN merupakan rangkaian kegiatan Gerakan Bersih (Memberi dan Mengasihi) bersama Menteri BUMN. Antara lain Safari Ramadhan bersama Millenial BUMN, bantuan Masjid, dan kegiatan keagamaan di lingkungan Kementerian BUMN.

Salah satu pembeli paket pasar murah Kementerian BUMN, Uje mengatakan sembako yang dijual membantu meringankan beban masyarakat.

"Saya yang ojol ini terbantu sekali dengan harga sembako yang murah. Semoga makin banyak lagi warga yang bisa terbantu lewat Pasar Murah ini" kata Uje.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • Erick Thohir kini menjabat sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju.
    Erick Thohir
  • Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.
    Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.
    Bansos
  • BLT adalah program bantuan pemerintah yang berjenis pemberian uang tunai atau beragam bantuan lainnya kepada masyarakat miskin.
    blt