Sukses

Penting! Cara Kerek Kepercayaan Diri di Dunia Kerja Biar Sukses Berkarier

Sikap percaya diri memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari termasuk di dunia kerja

Liputan6.com, Jakarta Rasa khawatir dan minder barangkali pernah dialami sebagian orang saat akan masuk ke dunia kerja. Perubahan aktivitas dari yang sebelumnya menempuh pendidikan dan berkumpul dengan teman kemudian harus bergelut dengan dunia kerja bisa membuat orang tidak percaya diri.

Padahal sikap percaya diri memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari termasuk di dunia kerja. Sebab, sikap percaya diri akan membantu memasuki dunia kerja yang memiliki persaingan yang ketat.

Meski pun terkadang sikap percaya diri bisa menurun saat melakukan sebuah kesalahan, atau tidak dapat melakukan tugas dari atasan dengan baik.

Tapi perlu diketahui, rasa kepercayaan diri bisa meningkat atau menurun bisa ditentukan oleh cara merespons kritik, kemampuan belajar, serta keputusan yang  diambil sehari-hari.

Tapi jangan khawatir, simak cara mengatasi kepercayaan sedang menurun di tempat kerja, dikutip dari laman KitaLulus:

Sebagai informasi, percaya diri adalah keyakinan atas kemampuan diri sendiri, sehingga dalam melakukan suatu tindakan dapat melakukannya dengan baik dan tidak terlalu sering mengalami cemas. Walau bukan suatu hal yang bisa mengukur skill, contoh sikap percaya diri sangat penting. 

Percaya diri membuatmu mengeluarkan energi positif ke sekitar. Hal ini berbeda dengan orang yang rendah diri biasanya justru menyalurkan negative vibe kepada sekitarnya. 

Selain itu, orang yang percaya diri dapat berkembang lebih baik karena dapat mengembangkan beragam potensi yang mereka miliki. Sehingga orang yang percaya diri bisa lebih unggul daripada yang tidak percaya diri, meski belum tentu kemampuan yang dimiliki lebih baik. 

Sikap percaya diri juga membantu untuk berani mengambil risiko yang dapat meningkatkan kualitas hidupmu. Sebaliknya, ketika merasa tidak percaya diri, biasanya cenderung takut untuk bergerak mengambil risiko. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Pentingnya Punya Sikap Percaya Diri

Sikap percaya diri bisa menjadi bekal untuk meraih kesuksesan di dunia kerja. Ini jadi satu nilai yang membedakan seorang pekerja dengan pekerja lain yang memiliki skill tapi tidak rasa percaya diri.

Oleh karenanya, sikap percaya diri begitu penting. Ada sejumlah yang bisa diperhatikan dari orang-orang yang memiliki percaya diri, apa saja?

1. Menumbuhkan Motivasi

Orang yang percaya diri memiliki motivasi yang kuat, sehingga mereka akan terus memperjuangkan tujuan atau target mereka dengan sungguh-sungguh.

Terkadang, sebuah tujuan gagal dicapai bukanlah karena ketidakmampuan, tapi karena kurangnya motivasi. 

2. Membuat Orang Berpikir Positif

Orang yang percaya diri selalu mampu berpikir positif, bahkan disaat gagal sekalipun. Gagal tidak membuat mereka menyalahkan diri sendiri dan menyerah karena mereka yakin akan kemampuan yang mereka miliki. 

3. Membangun Hubungan Sosial yang Baik

Orang percaya diri dapat berinteraksi dengan orang sekitarnya dengan baik. Mereka dapat meyakinkan orang lain terhadap kemampuan yang dimilikinya. Karena mampu membangun hubungan sosial yang baik, mereka lebih diakui dibanding dengan orang yang tidak percaya diri.

3 dari 4 halaman

Contoh Sikap Percaya Diri

Masih banyak orang yang salah sangka karena menganggap sikap percaya diri itu adalah suatu kesombongan atau keegoisan yang ditunjukkan untuk dipamerkan kepada orang lain.

Hal ini salah, sebab kepercayaan diri adalah bentuk dari keyakinan dari kemampuan yang dimiliki. 

Sikap percaya diri bukanlah suatu hal yang diturunkan dari langit begitu saja, namun perlu melatih dan membangunnya. Ada beberapa contoh sikap percaya diri yang bisa ditunjukkan di tempat kerja.

1. Utarakan Isi Pikiranmu

Contoh sikap percaya diri pertama adalah berani untuk menyampaikan apa isi pikiranmu. Kamu berani untuk mengutarakan pendapat dalam rapat, meski pasti awalnya sulit tapi lama-lama kamu terbiasa. Dengan berbicara, kamu bisa melihat bagaimana reaksi dari atasan dan rekan kerja terhadap pendapat dan idemu.

Begitu juga ketika kamu tidak paham tentang apa yang disampaikan dalam rapat atau juga ketika mendapatkan tugas, kamu tidak segan untuk bertanya agar semuanya menjadi jelas.

2. Tidak Ragu dan Yakin pada Diri Sendiri

Dibandingkan ketidakmampuan, keraguan lebih sering membuat seseorang berhenti melakukan sesuatu. Seseorang yang percaya diri tidak pernah ragu dengan langkah atau keputusan yang telah ia ambil. Ia selalu yakin bahwa dirinya bisa dan mampu melakukan hal tersebut. 

3. Selalu Melakukan Kebaikan

Contoh sikap percaya diri lainnya adalah tidak malu untuk melakukan kebaikan. Karena ia merasa apa yang ia lakukan benar, barulah ketika ia melakukan kesalahan, ia merasa malu dan berusaha memperbaiki kesalahannya.

4. Tenang di Situasi Sulit Sekalipun

Kesulitan yang dihadapi di tempat kerja biasanya gugup ketika diminta presentasi atau menunjukkan pengetahuannya. Saat kamu memiliki rasa percaya diri, kamu bisa mengendalikan situasi tersebut dengan tenang dan melakukannya sebaik-baiknya dengan persiapan yang matang. 

5. Tidak Putus Asa saat Gagal Sekalipun

Dalam dunia kerja, ada kalanya kita mengalami kegagalan, entah itu tidak mampu memenuhi target penjualan atau juga gagal lainnya. Hal yang membedakan adalah bagaimana cara kita menyikapinya. 

Orang yang percaya diri melihat kegagalan bukan sebagai hal yang menghentikannya. Ia tidak akan putus asa dan langsung menyusun strategi kembali untuk memperbaiki kegagalan tersebut.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Cara Memotivasi Diri Biar Makin Pede

Rasa kurang percaya diri bisa berdampak pada pekerjaan yang kamu lakukan sehari-hari. Oleh karena itu, jika sedang merasa rasa percaya diri menurun, cobalah lakukan beberapa cara berikut ini untuk meningkatkannya:

1. Identifikasi dan Memanfaatkan Kekuatan

Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri adalah mengenali kekuatan yang kamu miliki dan menemukan cara untuk mengintegrasikan kekuatan tersebut dengan tugas yang kamu lakukan setiap hari. 

Ketika kamu mengenali apa yang menjadi kekuatanmu, kamu menjadi lebih berenergi dan percaya diri.

2. Identifikasi Kelemahan

Tidak hanya mengenali apa yang jadi kekuatanmu, tapi coba identifikasi juga sisi kelemahanmu. Tentu ini berguna untuk menghilangkan atau menguranginya. 

Kamu tidak harus fokus kepada kekurangan ini, tapi kamu mencari cara agar dapat mengurangi sis kelemahan ini karena bisa jadi kelemahan inilah yang membuat kamu jadi tidak percaya diri.

3. Hilangkan Kebiasaan Meremehkan Diri

Cobalah katakan yang baik-baik tentang dirimu sendiri. Tidak ada seorangpun yang bisa menjadi berhasil dengan selalu meremehkan dan menyalahkan diri sendiri. Hindari juga selalu berpikir negatif tentang dirimu. Cobalah pikirkan hal positif tentang diri sendiri. 

4. Beri Tahu saat Telah Selesai Menyelesaikan Tugas

Dilansir dari Inc, cara yang tepat untuk meningkatkan rasa percaya diri di tempat kerja adalah dengan memberi tahu atasamu bahwa kamu telah menyelesaikan tugas. Sebagai contoh, setelah menyelesaikan tugas harian mu, segera beritahu atasamu bahwa tugas tersebut telah selesai dikerjakan. 

Dengan begitu, kamu telah menunjukan bahwa kamu adalah individu yang bertanggung jawab atas pekerjaan. Melalui cara ini, rasa percaya diri bisa perlahan tumbuh di dalam dirimu. 

5. Pelajari Skill Baru

Dalam dunia kerja, menguasai berbagai skill penunjang sangatlah penting. Tidak hanya sebagai penunjang untuk meningkatkan produktivitas mu, tapi pelajari skill yang belum kamu kuasai juga bisa meningkatkan rasa percaya diri. 

Apalagi sekarang sangat banyak tempat mengasah skill di internet yang bisa kamu manfaatkan, mulai dari desain grafis, bahasa Inggris, sampai Microsoft Excel juga ada. 

6.  Tantang Diri Sendiri

Mencapai hal yang sebelumnya kamu pikir sulit dilakukan bisa meningkatkan kepercayaan diri. Seorang ahli pelatih karier, Deborah Brown-Volkman, menyarankan cobalah untuk mencari tugas atau proyek yang memungkinkan kamu bisa menguras kekuatan dan menantang diri. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini